Disney dan Marvel Studios dikabarkan akan memulai proses syuting Black Panther 2 pada Juli 2021 mendatang, dan filmnya sendiri direncanakan bakal rilis di tahun 2022. Kabar terbaru baru-baru ini menyatakan jika pihak studio tidak akan mengubah peran T’Challa, yang diperankan oleh Chadwick Boseman untuk sekuel keduanya nanti.

Meski begitu, sosok superhero Black Panther sepertinya akan tetap ada di film selanjutnya. Mengingat perannya cukup vital dalam waralaba MCU, kemungkinan mantel Black Panther akan diwariskan ke orang terdekat dari T’Challa itu sendiri, dan itu adalah adiknya yang bernama Shuri.

Selain dirinya memang cerdas, bisa jadi selama berada di Wakanda, di sela-sela waktunya ia berlatih bela diri bersama T’Challa atau Okoye. Asumsi tersebut mungkin saja bisa terjadi jika melihat keterlibatannya dalam perang di Infinity Wars dan Endgame. Bahkan, saat film pertamanya pun Shuri terlibat pertempuran ketika Erik Killmonger menyerang Wakanda.

Shuri menjadi Black Panther akan menjadi suatu hal yang menarik, terlebih lagi dalam versi komiknya pun ia sempat mengambil alih peran superhero Wakanda tersebut. Tapi, dunia komik Marvel dan MCU tentunya memiliki perbedaan yang sangat besar. Apakah Letitia Wright yang berperan sebagai Shuri bakal menjadi Black Panther di MCU, dan bagaimana hal itu bisa terjadi dalam Black Panther 2 nantinya?

Shuri Menjadi Black Panther Versi Komik

Perjalanan Shuri untuk menjadi sosok superhero tersebut terjadi di komik Black Panther karya penulis Reginald Hudlin dari tahun 2005 hingga sekitar 2009. Dalam komik buatannya itu, Hudlin juga mengisahkan jika T’Challa menikahi Storm dari X-Men, dan menjadikannya sebagai Ratu Wakanda.

Kemudian, ketika Klaw menginvasi Wakanda dengan sekelompok mercs, Shuri menggunakan Ebony Blade dari Black Knight untuk membunuh penjahat lainnya bernama Radioactive Man. Shuri trauma dengan pembunuhan pertamanya, jadi T’Challa berjanji untuk melatihnya jika ada waktu yang dia butuhkan untuk memimpin Wakanda.

Pada volume Black Panther terakhir karya Hudlin di tahun 2009, Namor mencoba merekrut T’Challa/Black Panther ke Cabal, sebuah kelompok yang terdiri dari supervillain, dan antihero yang dipimpin oleh Doctor Doom. Ketika T’Challa menolak, Doctor Doom menyerangnya, dan membuat sang Raja Wakanda terjatuh kalah dalam keadaan koma.

Storm mengambil alih kepemimpinan Wakanda, tetapi menolak menjadi Black Panther. Dia mendesak Shuri untuk bertemu dengan Zuri, dan menjalani ritual Black Panther. Tapi Dewa Panther menolak untuk memberikan Shuri kekuatan Black Panther. Dewa tersebut lalu berkata kepada Shuri, “Mantel Panther bukanlah tentang hak, dan Ini tentang pengorbanan, tentang menempatkan kebaikan yang lebih besar di atas mengejar kemuliaan. Tapi Anda melihatnya sebagai piala untuk dimenangkan atau dikalahkan.”

Sementara itu, Morlun datang ke Wakanda untuk menghancurkan negara tersebut. Shuri kemudian mencuri kostum Black Panther, dan menggunakannya untuk membela Wakanda tanpa pamrih. Setelah Shuri mengalahkan Morlun, T’Challa bangkit dari komanya, dan Dewa Panther secara resmi memberi Shuri kekuatan Black Panther. Untuk beberapa waktu, Shuri menjadi penguasa Wakanda ketika T’Challa pergi ke Kota New York untuk membantu Daredevil.

Kisah Komik Shuri Dapat Berpengaruh di Film?

Ada dua perbedaan karakter Shuri dalam kisah Reginald Hudlin, dan apa yang sudah diceritakan di Marvel Cinematic Universe (MCU). Visi Hudlin tentang Shuri adalah seorang putri ambisius yang haus akan kekuatan dan kekuasaan. Di MCU, shuri merupakan seorang jenius teknologi yang pada dasarnya menyamai kepintaran Tony Stark, dan mungkin melebihi Bruce Banner. Meskipun mereka memiliki nama dan latar belakang yang sama, keduanya memiliki motivasi yang berbeda secara fundamental.

Beberapa karakter dalam kisah Hudlin memang belum muncul di MCU karena sebelumnya terkendala perjanjian hak cipta. Tapi ketika Disney mengakusisi Fox, salah satu diantara mereka mungkin saja bisa muncul di sekuel Black Panther nantinya. Meski begitu, jika Black Panther 2 menonjolkan Shuri sebagai protagonisnya dan ingin mereferensikan ke komiknya, maka film tersebut bisa mempertimbangkan untuk melibatkan Doctor Doom (penjahat Fantastic Four) atau Morlun (penjahat Spider-Man) sebagai villain utamanya.

Black Panther Versi Shuri di MCU

MCU telah memperkenalkan jika Shuri adalah seorang perempuan dengan kecerdasan tingkat jenius. Hal itu tentunya sangat berbanding terbalik dengan penggambaran Shuri yang dibuat oleh Hudlin. MCU dapat menggunakan kecerdasannya itu dengan meminta Shuri untuk menemukan cara agar bisa mewarisi warisan Black Panter.

Kekuatan Black Panther sendiri  sebetulnya berasal dari ramuan herbal yang diracik dari tetumbuhan yang termutasi oleh logam vibranium. Karena Killmonger telah membakar semua tanaman tersebut, maka Shuri dapat menggunakan kecerdasannya untuk menghasilkan “ramuan” buatan untuk kekuatan Black Panther. Bisa jadi, Shuri di laboratorium Wakanda yang dikelilingi oleh vibranium dapat membuat formulanya sendiri untuk menjadi Black Panther yang baru.