Eiichiro Oda, kreator dari seri One Piece, adalah sosok yang unik dan spesial. Oda Sensei selain sering memberikan kejutan di ceritanya, terkadang juga menyelipkan berbagai hal menarik di berbagai detail.  Misalnya terkait nama teknik, seperti Asura, yang dimiliki oleh Zoro. Nama ‘Asura’ sendiri merupakan salah satu dewa atau sosok mitologi dalam ajaran agama Hindu.

Intinya, Oda Sensei memang dikenal sering memasukan unsur budaya, agama, atau hal lainnya ke dalam cerita atau karakternya. Dan salah seorang fan mencoba memberikan spekulasinya mengenai adanya koneksi dari pakaian yang dikenakan oleh Luffy dan Zoro di arc Wanokuni. Luffy sendiri mengenakan pakaian tradisional Jepang yang biasa dipakai di zaman dulu.

Luffy mengenakan pakaian berwarna merah, warna yang sama baju yang biasa Luffy pakai. Terdapat sebuah simbol atau emblem yang sengaja dijahit di pakaian Luffy tersebut. Simbolnya sendiri berupa bulatan besar, yang dikelilingi oleh bulatan-bulatan kecil. Menurut spekulasinya, ada kemungkinan bahwa simbol tersebut erat kaitannya dengan simbol kerajaan Alabasta.
Lambang wilayah Alabasta sendiri memang sangat mirip dengan simbol di baju Luffy, dimana memiliki bulatan besar dan dikelilingi oleh delapan lingkaran kecil. Dalam teorinya, mungkin Alabasta sejak dahulu adalah sebuah kerajaan besar yang sangat berpengaruh di seluruh dunia. Dan salah satu wilayah yang dulu sempat memiliki koneksi dengan Alabasta adalah Wano.

Bisa jadi keluarga Kozuki kenal dengan keluarga Nefertari, dan sebagai bentuk penghormatan terhadap kerajaan Alabasta, Wano membuat simbol yang sama dengan Alabasta. Lagipula, Alabasta memiliki senjata Pluton yang merupakan salah satu dari tiga senjata kuno, yang bisa menghancurkan seluruh dunia. Sehingga dengan senjata itu Alabasta memiliki pengaruh besar terhadap dunia.

Lalu, bagaimana dengan simbol di baju Zoro? Teorinya menyebutkan bahwa simbol tersebut kemungkinan adalah milik keluarga Shimotsuki. Seperti yang kita ketahui, klan Shimotsuki adalah salah satu klan yang berpengaruh di wilayah Wano selain klan Kozuki. Mereka dulu tinggal di wilayah Ringo. Namun, kini klan Shimotsuki terpecah dan sebagian dari mereka membangun klan Shimotsuki di wilayah lain, salah satunya di kampung halaman Zoro.

Banyak yang menganggap bahwa Zoro memiliki koneksi dengan Wano, dan seperti yang dijelaskan oleh Oda Sensei dalam kolom SBS Mengenai klan Shimotsuki, hal ini mungkin ada benarnya meskipun belum ada konfirmasi resmi. Wano memang adalah salah satu arc yang menarik dimana banyak sekali hal terjadi dan juga misteri. Mungkin di chapter yang akan datang kita akan mendapatkan penjelasan mengenai berbagai simbol itu,

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.