Kathleen Kennedy, Presiden dari Lucasfilm mengumumkan bahwa Din Djarin dari serial Mandalorian, Ahsoka dan Rangers of the New Republic akan melakukan crossover di masa depan. Sayangnya, belum ada lagi detail yang terungkap tentang crossover tersebut pada saat ini, tetapi hal ini menjadi bukti bahwa Lucasfilm tidak main-main membangun cerita yang saling terkait melalui Disney +.

Belum ada pula kejelasan apakah crossover tersebut menjadi serial baru, atau “menumpang” di masing-masing series layaknya crossover di Arrowverse. Namun melihat perkembangan cerita saat ini, tampaknya crossover tersebut baru akan terjadi beberapa tahun mendatang. Pasalnya, Ashoka Tano sendiri baru saja diperkenalkan di series Mandalorian, selain itu, baik Din Djarin dan Ashoka masih belum menemukan titik tujuan yang sama untuk membentuk sebuah crossover.

Disamping itu, series Rangers of the New Republic juga masih belum mengumumkan detail mengenai ceritanya. Meskipun kemungkinan besar adalah tentang beberapa karakter dari pasukan tersebut, yang juga menampilkan sosok Gina Carano yang memerankan Cara Dune di series Mandalorian. Karakter ini seperti yang kita tahu, mulai bergabung dengan Rangers di season kedua Mandalorian dan kemungkinanĀ  series Rangers of the New Republic menjadi panggung untuk Cara Dune.

Karena ketiga karakter tersebut memulai debutnya di Mandalorian, sepertinya memang tidak akan sulit untuk menemukan titik tujuan yang sama bagi seluruh karakter. Hanya saja memang membutuhkan waktu untuk membangun kisah masing-masing terlebih dahulu.

Terutama saat ini adalah Ahsoka, yang mengungkapkan bahwa dia tengah mencari Grand Admiral Thrawn. Kisah ini mungkin akan menjadi premis utama di series Ashoka Tano, hingga jika bisa berasumsi, Ashoka akan memperkenalkan kita pada New Republic. Selain itu Din Djarin di Mandalorian kini tengah mencari solusi untuk The Child alias Grogu, sekaligus mencari cara melawan bengisnya Moff Gideon.

Apa pun itu, nampaknya series Star Wars di Disney+ patut kita tunggu. Apalagi deretan series tersebut akan melibatkan Jon Favreau dan Dave Filoni. Dengan pengalaman membantu terbentuknya Marvel Cinematic Universe, masuk akal jika mereka menjadi alasan kita antusias untuk menunggu kisah galaxy far far away di layar kecil.

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.