Mewarisi tekad adalah salah satu hal yang dibahas dalam cerita One Piece, selain cerita tentang bajak laut, pertemanan, dan petualangan mencari harta karun terbesar. Mewarisi tekad erat kaitannya dengan melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh generasi sebelumnya, atau menuntaskan apa yang sebelumnya gagal atau tidak bisa dilakukan.

Luffy sendiri sering kali disebut sebagai sosok yang mewarisi sosok Roger dan Joy Boy. Hal ini dikarenakan adalah kesamaan dalam diri mereka bertiga, yang membuat para fans berpendapat bahwa Luffy memang adalah “reinkarnasi” dari sosok Roger dan Joy Boy. Sama halnya juga dengan sosok Zoro yang disebut-sebut merupakan penerus dari Rayleigh. Hal ini dilihat dari bagaimana peran dan karakter mereka dalam ceritanya.

Dan salah satu teori menyebutkan bahwa Nami kemungkinan akan mewarisi sesuatu dari sosok Big Mom. Bukan sifatnya, namun kekuatannya. Nami kemungkinan akan menjadi penerus dari sosok Big Mom dan dia akan memiliki kekuatannya, yaitu Soru Soru no Mi, yang mana buah iblis ini juga didapatkan oleh Big Mom secara tidak sengaja setelah dia memakan ibu angkatnya, Mother Caramel.
Mengapa Nami membutuhkan buah iblis, khususnya Soru Sori no Mi? kita harus melihat fakta bahwa Nami adalah salah satu anggota kru Topi Jerami terlemah. Nami memang bisa menghadapi musuh dengan menggunakan serangan petir dan anginnya. Tapi, serangan tersebut hanya bisa mengalahkan musuh pada level bawah, atau mungkin pasukan yang bisa dibilang tidak terlalu kuat.

Nami memang mengalahkan Khalifa dan Miss Double Finger, tapi kemenangan Nami tersebut bukan karena Nami lebih kuat. Melainkan karena keduanya terlalu meremehkan sosok Nami. Pasca time-skip, Nami – dan juga berbagai kru Topi Jerami – belum pernah menghadapi pertarungan 1 lawan 1 yang membuatnya harus menggerahkan semua kekuatannya. Satu-satunya pertarungan yang mungkin mendekati level ini adalah ketika menghadapi Charlotte Brulee.

Jadi, jika Nami harus berhadapan dengan sosok Catarina Devon atau Lafitte, rasanya Nami tidak akan memiliki kesempatan untuk menang. Lalu, bagaimana Nami menjadi lebih kuat? Pertama adalah Haki, tapi mempelajari Haki butuh waktu dan latihan. Nami tidak memiliki kemampuan Haki dari lahir, sehingga mau tidak mau dia harus melatih Hakinya. Dan Oda sepertinya tidak akan mungkin menghadirkan sebuah time-skip khusus untuk Nami.

Cara kedua dan yang paling “cepat” adalah buah iblis. Nami bisa saja memakan buah iblis Yuki Yuki no Mi milik Monet atau buah iblis lainnya yang berkaitan dengan cuaca. Meskipun terdengar realistis dan masuk akal, Oda Sensei kemungkinan juga tidak akan mengambil jalan ini. Hal ini dikarenakan Monet sepertinya masih memiliki peran di ceritanya dan buah iblis yang berkaitan dengan cuaca lainnya masih belum diperkenalkan di cerita.

Tidak ada waktu lagi untuk mengembangkan lagi karakternya agar menjadi lebih kuat. Jikapun Nami menemukan buah iblis, Nami sepertinya lebih senang untuk menjualnya dan mendapatkan uang dibandingkan harus kehilangan kemampuan berenang. Cara yang paling memungkinkan bagi Nami untuk mendapatkan kekuatan buah iblis adalah selain memaksanya untuk memakan buah iblis, cara lainnya adalah mewarisi kekuatan seseorang.

Tapi, ketika berbicara mengenai Soru Soru no Mi, Nami kemungkinan akan mewariisi buah iblis tersebut atau secara tidak sengaja mendapatkannya dari orang lain ketika Big Mom sudah tewas. Apakah kemudian  Soru Soru no Mi akan membuat Nami menjadi overpowered? Jawabannya adalah tidak. Semua kekuatan yang dimiliki oleh Big Mom, bahkan dimiliki sejak dia masih kecil, bukan diakibatkan oleh buah iblis Soru Soru melainkan kekuatannya sendiri.

Sama halnya seperti Kaido, Big Mom juga memiliki kekuatan fisik dan daya tahan yang sangat luar biasa. Sejauh ini, Big Mom tidak pernah diperlihatkan terluka atau bahkan mengeluarkan darah sedikitpun. Satu-satunya “kekalahan” Big Mom adalah ketika foto dari Mother Caramel yang hancur, yang mengakibatkan Big Mom marah dan tidak sadarkan diri. Tapi, ketika dalam kondisi normal Big Mom adalah sosok musuh yang sulit ditaklukan.

Luffy pernah menyerangnya dengan King Kong Gun, namun Big Mom berhasil menahannya dengan sangat mudah. Itu salah satu bukti kekuatannya. Tanpa buah iblis pun Big Mom sudah sangat kuat. Soru Soru no Mi hanya membuat Big Mom semakin menjadi kuat. Jika kemudian Soru Soru no Mi berada di tangan orang lain, misalnya Nami, maka buah tersebut tidak akan membuat mereka overpowered meskipun akan menambah kekuatan mereka.

Buah iblis ini mirip seperti Mero Mero no Mi milik Hancock, dimana buah iblisnya bekerja pada mental musuh. Jika musuhnya memang memiliki nafsu yang besar, maka dia akan berubah menjadi batu. Tapi, jika mereka tidak memiliki nafsu tersebut, seperti halnya Luffy, maka efeknya tidak akan terasa. Hal ini juga dipraktikan oleh Jinbei dengan buah iblis Soru Soru, dimana hanya mereka yang takut dan terintimidasi oleh sosok Big Mom yang bisa terpengaruh oleh efek Soru Soru.

Jika mereka tidak takut, seperti halnya Jinbe, maka kemampuan buah iblisnya tidak akan berguna. Pertanyaannya kemudian, apakah Nami bisa menghadirkan rasa takut terhadap musuhnya? Nami mungkin menakutkan, tapi hal itu hanya untuk tujuan komedi saja. Dalam pertarungan menghadapi musuh, yang ada malah sebaliknya dimana Nami yang takut terhadap musuh. Dengan memiliki Soru Soru, dia dipaksa untuk membuat musuh takut, misalnya dengan memanipulasi pikirannya, namun buah iblisnya tidak membuat dia overpowered.

Meskipun belum ada bukti jelas, namun Oda sepertinya sudah memiliki petunjuk tentang Nami yang akan memiliki kekuatan Soru Sori. Misalnya adalah Nami yang bisa mengendalikan salah satu anak buah Big Mom Zeus. Dia juga pernah menyuruh anak buah Big Mom, Homies, lainnya menyerang Brulee dan Cracker. Nami memang menggunakan Vivre Card milik Big Mom untuk melakukannya, tapi ini tetap bisa menjadi petunjuk.

Petunjuk lainnya adalah Big Mom merupakan karakter yang memiliki kekuatan berdasarkan cuaca. Dan kita tahu bahwa Nami adalah juga karakter yang memiliki kekuatan berdasarkan cuaca. Jadi, kita sudah tahu jawabannya. Selain dalam pertarungan satu lawan satu, nilai plus lainnya ketika Nami memiliki Soru Soru adalah dia bisa membalikan situasi di kala Luffy terjebak.

Hal ini pernah terjadi ketika Roger harus menghadapi armada milik Shiki. Roger hanya sendirian sedangkan Shiki memiliki ratusan anak buah. Roger terkepung, namun Roger berhasil “menang” saat itu. Hal tersebut dikarenakan adanya arus ombak yang justru menguntungkan Roger, dan membuat Shiki kehilangan sebagian besar armadanya.

Situasi ini juga bisa berlaku kepada Nami. Dalam situasi tertentu, Nami mungkin akan memanfaatkan Homies yang dia miliki untuk ikut bertarung melawannya atau membantu kru Topi Jerami yang sedang dalam kondisi terdesak. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana perkembangan Nami di masa yang akan datang. Apakah dia akan mampu memiliki Soru Soru no Mi atau kekuatan buah iblis lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.