Marvel Studios beberapa hari kebelakang sedang gencar mempromosikan WandaVision dengan merilis berbagai macam poster yang menggoda para penggemar. Sekarang, baru-baru ini Marvel Studios pun telah merilis trailer baru untuk serial ini dengan memperlihatkan jelas kembalinya Mind Stone, sekaligus diperlihatkan juga sekilas kehancuran dari batu tersebut untuk kedua kalinya yang disaksikan oleh Wanda sendiri.

Dengan begitu banyak hal yang terjadi di trailer baru WandaVision, penggemar mungkin masih bertanya-tanya, dan penasaran bagaimana Mind Stone bisa muncul lagi setelah Thanos menghancurkan semua infinity stones menjadi atom di Avengers: Endgame. Selain itu, Mind Stone merupakan satu dari enam batu permata yang dikumpulkan oleh Avengers selama “time heist” di film tersebut. Setelah memenangkan pertarungan dengan Thanos,  infinity stones dikembalikan ke lokasi aslinya oleh Captain America di akhir film.

Hal itu juga menandakan jika batu permata kuning tersebut sekarang sudah tidak ada di timeline utama MCU. Dengan pertanyaan yang sama, kenapa Mind Stone masih berada di dahi Vision dalam serial WandaVision?

Kembalinya Mind Stone dalam serial WandaVision mungkin akan berkaitan dengan kehadiran Vision itu sendiri. Teori paling terkemuka mengasumsikan jika Wanda alias Scarlet Witch merasakan perasaan traumatik emosional yang begitu besar setelah meninggalnya Vision dalam kejadian Avengers: Infinity War.

Vision sebelumnya telah tewas ketika Thanos muncul di Wakanda untuk menemukan batu infinity stones terakhirnya, yang kebetulan batu tersebut adalah Mind Stone milik Vision. Wanda pada awalnya berhasil menghancurkan batu itu, dan menyebabkan Vision kehilangan nyawanya. Akan tetapi, Thanos menggunakan Time Stone untuk membatalkan tindakan Wanda, dan mengambil Mind Stone yang utuh untuk dirinya sendiri.

Trauma dari peristiwa ini kemungkinan besar merupakan insiden yang memicu penurunan kondisi mental Wanda. Bahkan, setelah lima tahun selepas kejadian Infinity war ia masih tetap merasakan rasa berduka itu. Dengan perasaan seperti itu, tanpa diduga ia membangkitkan kekuatan lain dalam dirinya, dan ia menciptakan sebuah realitas baru, dimana keduanya hidup bahagia dalam kehidupan sempurna. Munculnya Vision dalam realitas baru tersebut menandai kembalinya Mind Stone, salah satu senjata terkuat di alam semesta Marvel.

Momen-momen yang ditampilkan dalam cuplikan trailer WandaVision nampaknya menunjukkan bahwa Vision mungkin telah dihidupkan kembali. Wanda kemungkinan menciptakan sebuah dimensi terpencil dari realitas baru yang ia bentuk. Jika ia membawa kembali Vision ke dalam dunianya, maka Mind Stone yang melekat di dalam dirinya otomatis akan terbentuk, dan ikut bersamanya.

Sementara itu di sisi lain, Marvel Studios pernah mengkonfirmasi bahwa Infinity Stones telah hilang dari MCU. Tetapi, Russo bersaudara, yang menyutradarai Avengers: Endgame, berteori jika kesemua batu masih ada pada tingkat tertentu, mengingat Thanos hanya “menguranginya menjadi atom” setelah jentikan jarinya yang menghapus setengah populasi alam semesta.

Lewat pernyataan seperti itu, bisa juga Wanda mengumpulkan kembali atom-atom yang teracak itu, atau dia membentuk Mind Stone menggunakan seluruh kekuatan luar biasa yang ia miliki. Bagaimanapun juga, akan ada konsekuensi besar bagi MCU jika Mind Stone sekali lagi ada. Reuni antara Wanda dan Vision mungkin memberi keduanya beberapa saat kebahagiaan, tetapi taruhannya terlalu tinggi, dan bakal menciptakan lubang antar semesta sehingga memicu munculnya multiverse, yang selama ini digadang-gadang akan jadi konsep MCU fase 4 nantinya.