Rasanya semua Geeks pasti tahu mengenai peristiwa pembantaian klan Uchiha. Peristiwa ini merupakan salah satu momen yang paling menyedihkan dan paling mengerikan di cerita Naruto, dimana Itachi Uchiha harus menghabisi seluruh keluarganya. Pada saat itu, Itachi hanya menyisakan sang adik, Sasuke Uchiha, untuk bisa terus hidup dan meminta Sasuke untuk terus membencinya.

Meskipun para fans sempat membenci sosok Itachi, dan bahkan menganggap bahwa Itachi adalah salah satu villain di seri Naruto, namun kemudian fakta sebenarnya mengenai peristiwa tersebut pun terungkap. Lalu, mengapa sebenarnya Itachi Uchiha sampai harus menghabisi seluruh klan Uchiha? Dan peristiwa apa yang kemudian membuat Itachi harus melakukan hal tersebut? berikut pembahasannya.

Siapa Itachi Uchiha?

Siapa sebenarnya sosok Itachi Uchiha, sosok yang sudah menghabisi nyawa klan Uchiha? Itachi adalah anak pertama dari sosok pemimpin klan Uchiha saat itu, Fugaku, yang juga ayah dari Sasuke. Itachi sedari kecil sudah menunjukan bakatnya sebagai seorang ninja yang sangat kuat, dan bahkan dia diakui sebagai shinobi terbaik dari generasinya. Namun, dibalik semua pujian tersebut Itachi memendam rasa sakit dan kebencian yang mendalam.

Peran besar shinobi ketiga menjadi salah satu faktor yang membuatnya frustasi. Hal ini dikarenakan sebenarnya Itachi bukanlah sosok yang brutal dan senang akan kekerasan. Dia adalah sosok yang justru cinta akan kedamaian. Dia rela melakukan apapun untuk mewujudkan perdamaian tersebut, termasuk rela untuk mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota Anbu.

Apa Yang Membuat Itachi Menghabisi Klannya?

Lalu, apa alasannya Itachi membantai seluruh klannya? Apa peristiwa yang membuat seorang Itachi yang cinta damai, pada akhirnya harus melakukan hal yang mengerikan? Sejak desa Konoha didirikan, banyak pihak yang menaruh kecurigaan besar terhadap klan Uchiha. Aksi Madara Uchiha yang selalu memberontak terhadap desa Konoha semakin menumbuhkan rasa takut dan tidak percaya terhadap klan tersebut.

Dengan rasa takut penduduk Konoha yang sangat besar, akhirnya sang Hokage memutuskan untuk membatasi kegiatan dan aktivitas dari klan Uchiha di Konoha. Hal ini membuat klan Uchiha marah. Ayah Itachi yang sekaligus merupakan pemimpin dari klan Uchiha saat itu, Fugaku, memasukan anaknya ke pasukan Anbu, dimana dia mulai memata-matai desa Konoha dan klan lainnya demi usaha kudeta. Namun, sebenarnya pada saat itu, Itachi sudah menjadi mata-mata bagi Konoha dibawah kendali Danzo.

Dengan statusnya sebagai agen ganda, Itachi percaya bahwa dia membantu hal tersebut demi sebuah perdamaian yang akan tewujud. Danzo sendiri percaya bahwa jika klan Uchiha tidak diawasi, maka mereka mungkin akan memulai perang. Itachi kemudian menginformasikan rencana kudeta dari klannya tersebut kepada Danzo. Dan Danzo sendiri memanipulasi Itachi dengan mengatakan bahwa upaya kudeta tersebut tidak akan berhenti tanpa adanya pertumpahan darah.

Itachi akhirnya mencuri mata milik Shisui, yang mana membuat Itachi berkonflik dengan dirinya sendiri. Itachi bingung siapa yang harus dia percaya. Danzo berhasil memanfaatkan trauma Itachi dan sisi naifnya, yang mana hal itu akhirnya membuat Itachi membunuh seluruh keluarganya. Itachi berharap dengan hal tersebut tidak akan ada lagi perang yang terjadi dan tidak akan ada lagi nyawa orang tak berdosa hilang.

Konsekusensinya

Itachi hanya meninggalkan Sasuke, satu-satunya adik yang dia miliki, dan memberikannya sebuah “nasihat” untuk membencinya dan membalas atas apa yang sudah dia perbuat. Dia yakin suatu hari nanti dia akan berhasil melampaui kekuatannya dan “menghukum” perbuatannya. Sasuke kemudian pergi dari desanya dan memulai petualangannya untuk menjadi lebih kuat dari Itachi demi membalas dendam kehancuran klan Uchiha.

Hal ini juga membuat Naruto yang terus berjuang dan berlatih demi membawa kembali Sasuke. Secara tidak langsung, sebenarnya peristiwa ini berhasil membuat Sasuke dan Naruto menjadi dua shinobi Konoha paling hebat yang pernah ada. Sasuke kemudian berusaha untuk membunuh Itachi beberapa kali, tapi dia selalu gagal. Tapi, tiba masa ketika Sasuke menantang Itachi untuk yang terakhir kalinya dan akhirnya dia cukup kuat untuk membunuh sang kakak.

Namun, sebelum sang kakak benar-benar tewas, Itachi membeberkan rahasia sebenarnya dibalik pembantaian tersebut kepada Sasuke. Mengetahui fakta yang sebenarnya, Sasuke kemudian berhasil membunuh “dalang” dibalik semuanya yang tidak lain adalah Danzo. Dengan kekuatan yang Sasuke dan Naruto miliki, mereka berhasil membunuh Madara dan Obito, dan berhasil menyelamatkan dunia dari Infinite Tsukuyomi.

Jika saja pada saat itu Itachi tidak menyiksakan sang adik, maka kita tidak akan mengenal sosok Sasuke yang dahsyat dan menjadi rival abadi Naruto. Dia juga tidak akan mampu membantu Naruto dalam mengalahkan Madara dan Obito.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.