Peran sebagai James Bond menjadi salah satu bagian yang paling didambakan dalam sejarah industri perfilman Hollywood. Meski begitu, ada beberapa aktor yang benar-benar menolak kesempatan untuk bermain menjadi agen 007 tersebut. Dengan Daniel Craig yang akan menyelesaikan waktunya sebagai Bond pada film No Time To Die mendatang, penggemar bertanya-tanya siapa yang akan melanjutkan perjalanan James Bond nantinya. Tom Hardy dikabarkan akan menjadi Bond berikutnya, meskipun muncul rumor bahwa waralaba ini bakal menampilkan aktor non-kulit putih, dan bukan pria, yang berperan sebagai James Bond di masa depan.

Para aktor yang menolak kesempatan untuk bermain Bond, kebanyakan dari mereka punya alasan kuat untuk menghindari bermain dalam waralaba James Bond pada saat itu. Tetapi pada umumnya, para aktor yang menolak peran sebagai agen 007 ini karena memiliki keprihatinan yang nyata tentang tempat mereka dalam serial tersebut.

Asumsi lalu bermunculan, apakah mereka ingin menghindari typecasting, apakah mereka “terlalu mahal”, atau kehidupan pribadi mereka lebih penting dari sekedar bermain film James Bond. Semuanya bergulir penuh dengan dugaan, tapi setiap aktor yang menolak kesempatan untuk memerankan Bond memilki alasan untuk diceritakan. Berikut adalah

Hugh Jackman

Ketika Hugh Jackman ditawari peran sebagai James Bond, dia menolak peran tersebut karena tidak menyukai gaya spionase yang berlebihan selama waralaba ini berjalan bertahun-tahun. Jackman mengatakan dia ingin mengambil sedikit kendali kreatif atas waralaba ini sehingga dia bisa memainkan Bond yang lebih gelap. Karena hal itu, dia tidak memainkan peran Bond, dan produser akhirnya mempercayakan kepada Daniel Craig.

Richard Burton

Ikon klasik Hollywood, Richard Burton ditawari peran Bond sebelum akhirnya jatuh ke bintang film Darby O’Gill and the Little People, Sean Connery, yang sekarang menjadi sosok Bond paling terkenal. Namun, Burton tidak memiliki kepercayaan pada projek ini, dan menganggap Bond sebagai “konsep yang belum terbukti” pada waktu tersebut. Sebagai akibat dari sikap skeptisnya, Burton menuntut gaji yang terlalu tinggi bagi produser, yang mengakibatkan dia akhirnya diabaikan untuk perannya sebagai Bond.

Cary Grant

Di usia akhir lima puluhan pada saat itu, Grant “terlalu tua” untuk memainkan peran dalam banyak film, dan karena itu ia tidak dapat dipertimbangkan untuk peran sebagai James Bond. Produser mendengarkan, dan membatalkan tawarannya, hingga akhirnya memilih aktor Roger Moore untuk memerankan sosok James Bond.

Liam Neeson

Karena khawatir menjadi typecast sebagai aktor “action hero”, Neeson tidak yakin untuk mengambil peran itu. Ketika tunangannya, Natasha Richardson, memberi tahu Neeson bahwa dia tidak akan menikah dengannya jika dia mengambil bagian dalam film tersebut, Neeson pun keluar dari negosiasi dan tidak pernah menyesalinya. Perannya sebagai Bond lalu digantikan oleh Pierce Brosnan yang sama-sama kelahiran Irlandia.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2