Di MCU, kita diperlihatkan saat tim Guardians of the Galaxy bekerja sama dengan Avengers, tepatnya di film Infinity War dan Avengers: Endgame. Dalam komik pun, ada cerita di mana beberapa anggota Avengers benar-benar bergabung dengan Guardians of the Galaxy untuk mengunjungi planet lain, melawan ancaman antargalaksi, dan menikmati perjalanan kosmik. Cerita pahlawan Bumi yang bergabung dengan tim Guardians of the Galaxy bahkan menjadi tren pada tahun 2013 dibawah penulis komik Guardian, Brian Michael Bendis.

Ada beberapa anggota Avengers yang pernah bergabung dengan Guardians of the Galaxy, salah satunya adalah Iron Man. Setelah membantu Guardians of the Galaxy menangani invasi Badoon yang menakutkan, Iron Man membutuskan bahwa dia perlu memperluas ilmu kosmiknya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang apa yang terjadi di luar Bumi. Oleh sebab itu Iron Man memutuskan bergabung dengan Guardians of the Galaxy.

Hiro Studios

Saat bergabung dengan Guardians of the Galaxy, Tony Stark melengkapi armor Iron Man dengan teknologi baru yang memungkinkannya bertahan di luar angkasa. Tony Stark bergabung dengan Guardians of the Galaxy pada tahun 2013 lalu. Namun kemudian Tony Stark kembali ke bumi untuk bergabung kembali ke Avengers. Setelah peristiwa Infinity, Venom versi Flash Thompson dan Captain Marvel bergabung dengan Guardians of the Galaxy.

Masa jabatan Captain Marvel di Guardians of the Galaxy sangatlah pendek, bahkan lebih pendek dari masa jabatan Venom versi Flash Thompson. Venom pada akhirnya tinggal bersama kru Guardians of the Galaxy untuk menjadi penghubung antara Avengers dan Guardians untuk sementara waktu. Dengan Guardians, Venom sempat mengunjungin dunia rumah bagi symbiote, hingga memberi Flash Thompson bentuk baru yaitu Space Knight.

Setelah peristiwa Secret Wars, tim Guardians baru dibentuk dengan menampilkan beberapa pahlawan baru dari Bumi (meskipun secara teknis bukan Avengers). Pada seri Guardians tahun 2015, pacar baru Star-Lord, Kitty Pride, mengambil alih kursi kepemimpinan tim Guardians. Selain itu, tim Guardians juga kedatangan anggota baru dari Fantastic Four yaitu Thing. Namun, peristiwa Civil War II dan Secret Empire memaksa Kitty, Thing, dan Venom, kembali ke Bumi.

Setelah Secret Empire selesai, Ant-Man kemudian bergabung dengan tim Guardians. Saat itu Ant-Man ingin menjauhi Bumi untuk sementara waktu. Namun, Ant-Man akhirnya didepak dari tim dan Ant-Man harus memohon kepada Nova Corps untuk membantunya pulang ke Bumi. Setelah Ant-Man, kerjasama Avengers dan Guardians sepertinya sudah memudar.

Tentunya masih banyak hero kosmik yang pernah berada di kedua tim. Contohnya adalah Moondragon, Mantis, dan Nova Richard Ryder yang dikenal sebagai mantan anggota Guardians dan Avengers. Jack Flag adalah pahlawan lain dari Bumi yang juga bergabung dengan tim Guardians selama event War of Kings. Selalu menyenangkan saat melihat pahlawan baru bergabung dengan Guardians of the Galaxy, terutama yang berasal dari Bumi seperti Avengers. Melihat mereka beraksi saat melihat planet baru ataupun bertemu ras alien baru, itu memberikan dinamika baru pada tim Guardians.

Hiro Studios