Menuju pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece serta menjadi raja bajak laut, adalah impian terbesar yang dimiliki Luffy beserta kru Topi Jerami. Dan itu juga yang kemudian menjadi cerita dari One Piece. Namun, tidak mudah untuk pergi menuju Laugh Tale yang lokasinya – kabarnya – ada di ujung Grand Line. Hanya ada satu cara untuk bisa pergi menuju Laugh Tale, yaitu menemukan Road Poneglyph.

Geeks mungkin sudah mengenal dengan Poneglyph. Diantara sekian banyak Poneglyph terdapat beberapa Poneglyph yang dianggap spesial, yang kemudian disebut Road Poneglyph. Road Poneglyph ini berjumlah empat buah dan keberadaanya sangat tersembunyi. Sejauh ini, Luffy diketahui sudah menemukan tiga Road Poneglyph – satu di Zou, satu di Whole Cake Island, dan satu di Wano. Keberadaan Poneglyph yang terakhir masih menjadi misteri sampai saat ini. Namun, ada beberapa dugaan mengenai keberadaan Poneglyph terakhir ini.

Dijaga Oleh Angkatan Laut

Pemerintah Dunia dan pihak angkatan laut memiliki kekhawatiran yang sangat besar terhadap para bajak laut yang berlomba-lomba untuk mencari keberadaan harta karun milik Roger, dan menjadi raja bajak laut selanjutnya. Meskipun belum ada konfirmasi, namun dipercaya bahwa di Laugh Tale terdapat Poneglyph yang berisi rahasia besar Pemerintah Dunia.

Mengetahui rahasia tersebut bukan hanya akan menimbulkan semangat membara bagi para generasi baru bajak laut tapi juga akan mengancam keberadaan dan kekuasaan mereka. Tahu bahwa rahasia besar mereka menjadi incaran, maka rasanya masuk akal jika kemudian mereka mencegah siapapun untuk pergi ke Laugh Tale, dan salah satu cara untuk melakukan ini adalah menjaga ketat Road Poneglyph terakhir.

Mary Geoise

Mary Geoise adalah sebuah wilayah yang menjadi pusat kendali dari Pemerintah Dunia. Disini juga adalah rumah bagi para kaum naga langit. Karena One Piece adalah sebuah harta karun yang sangat dahsyat dan berharga, sambil juga di sisi lain hal tersebut bisa mengancam kekuasaan mereka, maka ada kemungkinan para kaum naga langit menyimpan potongan terakhir teka-teki tersebut untuk diri mereka sendiri.

Rahasia tentang abad yang hilang dan juga rahasia tentang penyerangan ke abad kuno bisa jadi adalah informasi yang tersimpan di Laugh Tale, yang mana hal tersebut tidak ingin mereka bagikan kepada orang lain. Dengan tidak ingin rahasia tersebut terbongkar, maka para kaum naga langit tersebut menjaganya di tempat yang bisa mereka awasi. Tidak ada satu orang pun yang mengetahui keberadaanya termasuk pihak angkatan laut dan penguasa kerajaan.

Pulau Manusia Ikan

Dalam cerita flashback Kozuki Oden, diketahui bahwa Road Poneglyph terakhir pernah ada di pulau manusia ikan, disamping Poneglyph yang berisi pesan dari Joy Boy. Namun, dengan Road Poneglyph tersebut yang tidak ada di tempatnya saat Luffy dan kru Topi Jerami tiba disana, maka bisa disimpulkan Road Poneglyph terakhir ini dipindahkan atau diambil.

Selain Mary Geoise, sebenarnya pulau manusia ikan juga memiliki rahasia yang terpendam selama ini, seperti Tamatebako dan juga Noah. Berdasarkan hal ini, rasanya wajar jika kemudian kerajaan Ryugu dengan sengaja menyembunyikan Road Poneglyph terakhir tersebut ke tempat aman. Mungkin mereka akan memberikannya ketika mereka sudah menemukan orang yang bisa dipercaya untuk membaca Road Poneglyph terakhir tersebut.

Pulau Sphinx

Whitebeard adalah salah satu rival dari Gol D. Roger, dimana level kekuatan keduanya hampir setara. Hal ini terbukti di salah satu chapter dalam flashback Kozuki Oden, Roger dan Whitebeard pernah saling bertarung selama tiga hari dan tidak ada yang menang. Sama halnya seperti Garp, Whitebeard sudah sangat dipercaya oleh sosok Roger. Karena itulah Roger memercayakan bagian terakhir dari Road Poneglyph kepada Whitebeard.

Salah satu teori yang berkembang di kalangan para fans adalah Road Poneglyph terakhir ada di pulau Sphinx, rumah atau kampung halaman dari Whitebeard. Mengingat lokasi pulau Sphinx yang sangat tersembunyi, meskipun letaknya ada di New World, hal itu bisa menjadi lokasi yang baik untuk menyembunyikan potongan Road Poneglyph terakhir. Dalam teorinya, kemungkinan Marco akan menunjukan Poneglyph tersebut pasca arc Wanokuni.

Elbaf

Sama seperti Wano, Elbaf adalah sebuah wilayah yang sangat kuat dalam cerita One Piece yang sudah sejak lama disebutkan dan muncul dalam cerita. Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Elbaf adalah pulau selanjutnya yang akan dikunjungi oleh Luffy dan yang lain, setelah wilayah Wano. Elbaf adalah rumah bagi para suku rakasasa, yang mana artinya tidak semua orang bisa masuk ke wilayah ini.

Jika kemudian memang benar Luffy akan pergi ke wilayah ini, bukan tidak mungkin juga dia akan mampu menemukan keberadaan Road Poneglyph yang terakhir. Entah karena Roger sendiri yang menitipkannya atau justru mereka menemukannya, para suku raksasa adalah pelindung yang pas dari potongan terakhir Road Poneglyph tersebut. Lagipula, tidak diketahui apakah Elbaf memiliki koneksi dengan pihak Pemerintah Dunia.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.