Buah iblis adalah salah satu bentuk luar biasa yang ada di dunia One Piece. Buah ini memberikan kekuatan dahsyat dan unik kepada siapapun mereka yang memakan buahnya. Namun, Efek samping dari hal ini adalah penggunanya akan kehilangan kemampuan untuk berenang. Buah iblis sendiri dibagi menjadi tiga jenis yaitu Paramecia, Zoan, dan yang paling langka, adalah Logia.

Meskipun dibagi menjadi tiga jenis utama, namun pada kenyataanya ada beberapa subjenis lainnya yang mana total terdapat tujuh jenis buah iblis yang ada di cerita One Piece, dan mereka semuanya memiliki keunikan. Lalu, apa saja jenis buah iblis tersebut?

Paramecia

Buah iblis berjenis Paramecia menawarkan beragam kekuatan, dan kebanyakan dari buah iblis ini, membuat penggunanya bisa menghasilkan zat/bahan tertentu dari tubuhnya atau memanipulasi benda-benda yang ada di sekitar mereka. Ada juga beberapa buah iblis Paramecia yang membuat penggunanya menjadi zat/bahan tersebut, misalnya adalah Gomu Gomu no Mi milik Monkey D. Luffy. Buah iblis ini membuatnya mampu merubah tubuhnya menjadi karet. Tidak diketahui sejauh mana batasan kekuatan para pengguna Paramecia, dan uniknya adalah Paramecia adalah buah iblis yang banyak dimiliki para karakter di serinya.

Zoan

Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan binatang, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan dimana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat.

Pengguna buah iblis berjenis Zoan akan memiliki tiga bentuk utama yaitu bentuk manusia, bentuk hewannya, dan bentuk hybrid alias gabungan manusia dan binatangnya. Banyak yang percaya bahwa mode hybrid adalah mode yang terbaik ketika sedang bertarung dan pengguna Zoan memang sangat berguna ketika dalam pertarungan jarak dekat.

Logia

Pengguna buah iblis Logia adalah sosok yang spesial karena buah iblis Logia adalah yang paling langka dibandingkan dua jenis utama. Buah iblis jenis ini biasanya memberikan kemampuan kepada mereka yang memakannya untuk menjadi sebuah elemen atau kekuatan alam, dengan juga kekuatan untuk memanipulasi elemen tersebut. Contoh nyatanya adalah Mera Mera no Mi.

Buah iblis tersebut membuat Ace (dan Sabo) mampu mengendalikan, memanipulasi, bahkan berubah menjadi api itu sendiri. Para pengguna Logia biasanya dianggap sebagai sosok yang terkuat, karena tidak semua orang mampu melukai mereka. Hanya mereka yang memiliki kemampuan Haki yang mampu mengalahkan atau mampu menahan serangan Logia.

Artificial Zoan

Artificial Zoan atau buah iblis Zoan buatan adalah buah iblis yang diciptakan oleh manusia, khususnya mereka yang cerdas seperti Caesar Clown dan Dr. Vegapunk. Buah iblis ini sudah diperlihatkan beberapa kali dalam ceritanya dan salah satu contoh nyata dari buah iblis Zoan buatan ini adalah SMILEs. Buah iblis Zoan buatan ini, jika berhasil, maka akan mampu mengubah tubuh mereka menjadi Zoan. Namun, jika gagal, maka akan berakibat buruk. Buah iblis Momonosuke pun, yang dibuat oleh Vegapunk, masuk dalam kategori ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.