Origin story dari Batman begitu sempurna sehingga hampir tidak berubah hingga sekarang. Meskipun demikian, ada beberapa pembuat komik yang menghadirkan sedikit perubahan kecil pada origin story Batman. Umumnya mereka yang membuat perubahan origin story Batman akan menghubungkan mafia dengan kematian yang terjadi dengan Martha dan Thomas Wayne. Bahkan ada beberapa origin story Batman yang dibuat konyol, seperti yang pernah dibuat oleh pencipta Batman sendiri dalam komik Detective Comics #235.

Dalam komik tersebut disebutkan bahwa Thomas Wayne adalah Batman pertama sebelum Bruce Wayne. Dalam komik tersebut, Bruce dan Dick mengobrak-abrik loteng Wayner Manor, ketika saat itu Bruce menemukan kostom Batman tua. Bruce tiba-tiba ingat bahwa ayahnya pernah mengenakan kostum Batman itu ke pesta topeng dan Bruce juga ada di sana. Kostum Batman milik Thomas itulah yang pada akhirnya mengispirasi kostum Batman milik Bruce. Bruce dan Dick pun menggali lebih jauh loteng tersebut dan menemukan sebuah gulungan rekaman lama yang memperlihatkan saat Thomas Wayne di sebuah pesta topeng diganggu oleh seorang pria dengan pistol yang meminta jasa seorang dokter.

Bruce pun sempat bersorak saat ayahnya berhasil meninju orang itu. Sayangnya, orang itu mengancam akan membunuh semua pengunjung pesta kecuali Thomas mengikuti perintahnya. Sang Batman pertama tersebut kemudian dibawa untuk merawat seorang bos kriminal bernama Lew Moxon. Namun belum sempat mereka berkutik, Thomas berhasil mengalahkan semua penjahat tersebut sebelum polisi tiba dilokasi. Saat Moxon diseret ke tahanan, Moxon memberi tahu Thomas bahwa ia akan membalaskan dendamnya, dan ia akan memperkejakan orang lain untuk melakukannya.

Setelah melihat gulungan rekaman lama tersebut, Bruce mengetahui bahwa pelaku yang membunuh orang tuanya adalah Joe Hill yang diperkejakan oleh Moxon. Bruce dan Robin pun pergi untuk menghadapi pria yang bertanggung jawab atas kematian orang tuanya. Setelah melawan beberapa preman, Bruce dan Robin berhasil menangkap kembali Moxon dan kembali membawanya ke polisi. Ketika Moxon berhasil dibebaskan kembali, Robin meminta Bruce Wayne untuk memakai kostum Batman lama milik ayahnya untuk menghadapi Moxon.

Tapi pada akhirnya Moxon berhasil dikalahkan setelah ia tertabrak oleh sebuah truk. Bruce pun akhirnya menggantung kembali kostum Batman milik Thomas di Batcave dan menyatakan bahwa pembunuhan Thomas Wayne dan Martha Wayne akhirnya terpecahkan. Cerita komik tersebut memang sedikit konyol tetapi komik itu dianggap sebagai cerita utama sampai pada akhirnya DC Universe di reboot dengan adanya peristiwa Crisis on Infinite Earths. Bahkan setelah reboot terjadi, Moxon muncul kembali di tahun 90an.

 

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/