Sejak pertama kali seri orisinal Dragon Ball dirilis, franchise populer karya Akira Toriyama ini selalu memiliki satu protagonis abadi dalam ceritanya yaitu Son Goku. Berbagai serinya sudah memperlihatkan Goku kecil yang berlatih dibawah pengawasan Master Roshi, sampai sekarang dia dewasa dan sudah berkeluarga. Bahkan, Goku sudah memiliki cucu dalam seri Dragon Ball Super.

Meskipun beberapa karakter utama lainnya digadang-gadang menjadi penerus dari Goku, namun tidak ada yang sebaik dan semenarik sosok Goku. Tapi, di chapter terbaru manga Dragon Ball Super, calon pengganti Goku mungkin sudah mulai diperkenalkan. Dia adalah tidak lain yaitu Uub/Oob. Uub sendiri adalah reinkarnasi dari Kid Buu, hanya saja sifatnya yang sangat baik dan berbeda dari Kid Buu.

Uub sendiri tercipta ketika King Yemma tidak sengaja mendengar keinginan Goku agar sang villain bisa kembali muncul di bumi, namun dengan sikap dan perilaku yang lebih baik. Dalam epilog Dragon Ball Z, yang berseting 10 tahun pasca pertarungan puncaknya dengan Kid Buu yang dilakukan di planet Supreme Kai, Uub mengikuti World Martial Arts Tournament yang ke 28.

Uub sendiri mengikuti turnamen bela diri ini dengan harapan dia bisa menang, dan hasil kemenangannya bisa digunakan untuk membantu desanya yang hampir hancur. Mengetahui siapa Uub, Goku kemudian menjadi mentor bagi petarung muda dan kuat tersebut, menyelesaikan latihannya yang dilakukan selama bertahun-tahun untuk kemudian memulai cerita seri non-canon seri Dragon Ball, Dragon Ball GT. Uub bahkan menyerap Majin Buu untuk tumbuh lebih kuat dan membantu para Z Fighters untuk melindungi bumi.

Di akhir chapter 66 Dragon Ball Super kemarin, yang juga merupakan akhir dari arc Galactic Patrol Prisoner, ketika Goku harus menghadapi Moro dalam pertarungan puncak setelah dia menyatu dengan bumi, para Z Fighters meminjamkan energi mereka kepada Goku untuk bisa memberikan Goku kekuatan agar bisa bertahan lama dalam pertarungannya.

Majin buu, dengan menyalurkan kekuatan Supreme Kai yang dia serap ribuan tahun yang lalu, kemudian membuat Uub untuk memberikan kekuatannya kepada Goku. Namun, ternyata Uub memiliki energi yang jauh lebih kuat dan lebih dahsyat dibandingkan sosok jahatnya. Energi tersebut diserap oleh Uub dari Supreme Kai juga, dan dengan kekuatan dahsyat tersebut Uub berhasil membuat Goku melakukan transformasi baru. Transformasi baru Goku tersebut terbukti mampu mengalahkan Moro.

Hal ini memberikan petunjuk bahwa selain memiliki kekuatan sihir yang dahsyat yang dimiliki oleh Kid Buu, Uub juga nyatanya bisa mendapatkan kekuatan dahsyatnnya sendiri. Transformasi Ultra Instinct ternyata bukan hanya bisa dilakukan oleh para Saiyan saja, seperti yang banyak ditampilkan dalam berbagai cerita di serinya. Tapi, semua orang juga bisa mendapatkan kekuatan ini dengan cara mengalirkan energi besar tersebut kepada orang yang membutuhkan dalam sebuah pertarungan, seperti halnya Goku.

Dengan kekuatan yang dahsyat tersebut, rasanya wajar jika kemudian Uub menjadi penerus dari Goku sebagai pelindung dari bumi, apalagi Uub pernah berlatih secara intensif bersama Goku selama bertahun-tahun. Meskipun sebenarnya Goku memiliki penerus yang “sah” yaitu Goku Jr., tapi Uub adalah kandidat yang dianggap paling cocok untuk menjadi pengganti Goku sebagai protagonis utama dari Dragon Ball. Lagipula, konsep baru ini akan terasa segar bagi banyak fans Dragon Ball.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.