Salah satu hal yang menarik perhatian para fans dari chapter 997 kemarin adalah bagaimana kemampuan Kaido untuk bisa mengangkat pulau Onigashima, dan kemudian menerbangkannya ke arah Flower Capital. Hal ini menjadi banyak perhatian para fans, karena ini menjadi salah satu bukti kuat bagaimana kekuatan Kaido yang sebenarnya, setelah selama ini menjadi misteri.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Kaido memang belum pernah memperlihatkan kemampuan aslinya. Kaido juga jarang diperlihatkan bertarung. Beberapa kemampuan Kaido, seperti Thunder Bagua, ataupun Kamaitachi memang sudah diperlihatkan di ceritanya. Namun, kita belum tahu sampai sejauh mana kekuatan Kaido. Informasi yang diketahui tentang Kaido adalah dia mantan anak buah Rocks dan dia adalah sosok paling kuat di dunia.

Dia pernah dieksekusi oleh angkatan laut dan Pemerintah Dunia, dan juga dia pernah berulang kali bunuh diri tapi gagal. Di chapter 997 kemarin kita melihat sebuah hal yang spektakuler, yang mana menurut penjelasan Yamato awan-awan panas tersebut yang kemudian mengangkat Onigashima terbang ke arah Flower Capital. Hal ini, memunculkan spekulasi bahwa sebenarnya Kaido pun tidak bisa terbang. Dia hanya memanfaatkan awan tersebut untuk bisa terbang di udara.

Hal ini diperkuat dalam kolom SBS Vol. 93, dimana seorang fan bertanya apakah Kaido memang benar-benar terbang atau mengapung di udara ketika dia berubah wujud menjadi seekor naga. Oda Sensei pun kemudian menjawab bahwa naga memang bisa terbang dengan memanfaatkan awan di udara. Jadi, apa yang terjadi pada Kaido adalah dia menciptakan awannya sendiri dan kemudian dia melangkah dan menjadikan awan buatannya tersebut sebagai pijakan, sehingga dia terlihat seperti terbang.

Hal ini juga kembali didukung oleh sebuah fakta bahwa Momonosuke, yang memakan buah iblis naga buatan Vegapunk, memang bisa terbang dengan menginjakan kakinya di awan. Jadi, kesimpulannya adalah awan yang diciptakan oleh Kaidolah yang kemudian membantunya untuk terbang dan juga mengangkat pulau Onigashima menuju Flower Capital.

Dengan kemampuan Kaido untuk memindahkan sebuah pulau sekalipun dengan awan miliknya, hal ini memunculkan pertanyaan besar di kalangan para fans yaitu apakah sebenarnya pulau Onigashima sudah lama berada di posisinya sekarang? Atau justru Kaido yang membawanya dari tempat lain ke Wano? Marco sendiri pernah sedikit menyinggung mengenai pulau ini di chapter selanjutnya.

Ketika Marco tiba di Onigashima untuk membantu Luffy dan aliansi, dia seolah sudah tidak asing dengan pulau tersebut. Lalu, Marco pun berkata “jadi, pulau ini sekarang bernama Onigashima.” Ada dua kemungkinan yang terkait dengan pernyataan dari Marco ini. Pertama, pulau Onigashima adalah sebenarnya merupakan God Valley yang selama ini dianggap menghilang.

Sekitar 38 tahun lalu, kru Roger dan pihak angkatan laut yang dipimpin Garp sedang melindungi kaum naga langit ketika tiba-tiba bajak laut Rocks muncul dan mengacau. Garp dan Roger pun bekerja sama mengalahkan Rocks. Peristiwa ini tidak ingin diketahui oleh publis sehingga hilang dari sejarah. Sengoku pun bahkan mengatakan bahwa pulau ini menghilang.

Karena itu, di kemungkinan pertama ini bisa dijelaskan bahwa pulau Onigashima kemungkinan dibawa pergi oleh Kaido menuju tempat baru, yang tidak lain adalah Wano, setelah insiden besar tersebut. Seperti yang kita ketahui, Wano adalah wilayah yang terisolir dan tertutup, dan hal tersebut berakibat pada pihak angkatan laut yang menganggap God Valley sudah menghilang. Mereka tidak tahu jika God Valley sekarang ada di Onigashima.

Pulau ini dijadikan Kaido sebagai markas bagi kelompok Beasts, saat dia tiba di Wano dan kemudian mengambil alih Wano dengan bekerja sama dengan Orochi. Kemungkinan yang kedua adalah pulau ini memang sudah sejak lama ada di Wano, hanya saja mungkin saat itu pulaunya belum memiliki nama atau memiliki nama lain. Seperti yang kita ketahui juga bahwa kelompok Whitebeard pernah berada di Wano, tepatnya di wilayah Ringo, saat kapal Moby Dick rusak.

Dengan letaknya yang ada di dekat pintu masuk air terjun Wano, rasanya tidak mungkin jika mereka tidak melihat pulau tersebut. Karena pernah singgah dan pernah berada disana sebelumnya, Marco merasa tidak asing dengan pulau tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bahwa Onigashima ada God Valley? Ataukah Onigashima adalah pulau yang sudah sejak lama ada di sana, namun belum memiliki nama (pada saat itu)?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.