Dr. Stone adalah sebuah seri anime yang bukan hanya menampilkan cerita tentang petualangan atau konflik, tapi juga terdapat sisi edukasi dalam ceritanya. Mereka selalu menghadirkan berbagai penemuan atau kreasi di ceritanya, dan mereka pun selalu memberikan penjelasan yang detail mengenai sistem kerja atau bagaimana penemuan tersebut dibuat.

Namun, pengecualian terjadi dalam Senku Cola. Senku Cola adalah sebuah minuman berkarbonasi yang menjadi ciri khas dari seri Dr. Stone. Mereka pun memberikan resep untuk membuat Senku Cola yaitu jeruk limau (dengan kulitnya), cilantro, karamel dari madu, dan air berkarbonasi. Dengan adanya resep ini, tidak ayal para fans pun langsung gencar untuk mempraktikan resep tersebut.

Mulai dari video sampai blog, semua fans Dr. Stone mencoba untuk mempraktikan resep pembuatan Senku Cola. Lalu, apa yang menjadi misteri dari minuman tersebut? jika biasanya serinya memberikan penjelasan detail mengenai bagaimana membuat sesuatu, khusus untuk Senku Cola tidak pernah ada penjelasan mengenai cara pembuatannya.

Karena hal itulah para fans sendiri terbagi menjadi dua dalam hal metode penyajiannya. Metode pertama adalah metode “campurkan semua bahan.” Sesuai namanya, tidak perlu ada proses pemasakan atau proses karamelisasi madu dalam hal ini. Metode ini lebih memilih untuk menambahkan madunya langsung.

Metode kedua adalah “memasak” atau dengan kata lain metode ini membuat para fans harus melakukan berbagai tahap, layaknya akan membuat sebuah kue atau masakan. Mereka yang menggunakan metode ini benar-benar melakukan semuanya secara detail dan sempurna. Semuanya demi terciptanya sebuah Senku Cola yang enak.

Tidak ada yang benar atau salah sdari metode ini karena memang serinya pun tidak memberi penjelasan mengenai cara pembuatannya. Selain cara pembuatannya, kita juga tidak tahu takaran dari bahan-bahan tersebut. Sebagian besar Senku Cola buatan fans berwarna keemasan, berbeda dengan Senku Cola dalam seri animenya yang berwarna gelap kecoklatan. Hal ini menandakan bahwa mereka kurang dalam menambahkan karamel madunya.

Kesimpulannya, masih menjadi misteri bagaimana untuk membuat sebuah Senku Cola yang sempurna. Cara terbaik untuk membuatnya adalah mengikuti metode yang sudah teruji bisa mendekati kemiripan dengan asli, dan sisanya adalah eksperimen yang dilakukan oleh kita sendiri. Atau mungkin Geeks bisa mencoba metode sendiri dengan mengambil contoh kesalahan yang ada. Sampai resep pastinya diketahui, Senku Cola akan tetap menjadi penemuan yang paling rahasia yang ada di cerita Dr. Stone.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.