Meskipun setting waktu untuk seri Attack on Titan terlihat seperti di masa lalu, namun sebenarnya teknologi yang ada di dunia ini sudah sangat maju. Namun demi melindungi penduduknya, raja Fritz memaksa bangsa Eldian untuk kembali ke 100 tahun yang lalu. Disaat bangsa Marley sudah menggunakan pesawat, mobil, kereta, dan yang lain, penduduk Eldian masih menggunakan kuda. Lalu, hal apa lagi yang tidak diketahui oleh penduduk Eldian?

Kopi

Terjebak di dalam tembok-tembok raksasa memang bukanlah hal buruk. Bangsa Eldian juga berhasil memiliki berbagai penemuannya sendiri, dengan desain yang lebih baik dan jauh lebih efisien. Misalnya adalah peralatan ODM, yang merupakan teknologi unik yang lahir dari balik tembok. Beast Titan sendiri dibuat takjub ketika melihat langsung untuk yang pertama kalinya.

Selain teknologi, bangsa Eldian juga memiliki keterbatasan dalam hal tanaman dan pepohonan. Tidak semua jenis tanaman atau tumbuhan lainnya bisa tumbuh di pulau tersebut. Kopi adalah salah satunya. Beast Titan memberikan kesempatan kepada Reiner dan Bertholdt untuk mecicipi kopi untuk yang pertama kalinya. Armin juga tidak mengetahui apa fungsi dari cangkir.

Kamera Foto

Fotogafi atau foto berhasil diciptakan melalui berbagai uji coba dan tes. Sebuah kamera foto adalah mesin yang sangat kompelks dan sulit untuk dibangun dari awal. Ketika manusia harus menghadapi situasi dimana mereka khawatir akan serangan titan yang bisa muncul setiap saat, maka tidak ada waktu untuk melakukan berbagai hal seperti eksperimen, untuk menciptakan benda seperti foto atau kamera foto.

Ketika Levi, Hange, Eren melihat foto dari Grisha, mereka menganggap bahwa foto tersebut merupakan hasil dari gambar seseorang. Tapi, tentunya sebuah gambar biasa akan terasa sangat sulit untuk menangkap detail yang sangat banyak. Grisha tahu bahwa mereka sangat kebingungan dan memutuskan untuk menjelaskanya dalam sebuah buku.

Mobil

Mobil pertama kali diciptakan pada 1885. Butuh lebih dari satu abad untuk kemudian menyempurnakan teknologinya, agar mobil bisa menjadi lebih efisien, lebih aman, dan lebih bisa diandalkan. Berbeda dengan kerajaan Marley, para penduduk Eldian tidak memiliki banyak sumber daya untuk membangun sesuatu seperti halnya mobil. Akan menjadi sebuah hal yang luar biasa jika kemudian penduduk Eldian bisa menciptakan sesuatu yang sama dengan mobil. Misalnya mesin diesel di atas perahu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.