Superman adalah sosok terkuat dari DC yang berhasil mengalahkan berbagai macam musuh. Tetapi apa yang terjadi jika Superman harus berhadapan dengan Phoenix Force dari Marvel yang memiliki kekuatan yang tak kalah fantastis. Entitas kosmik tersebut pertama kali muncul dalam komik Uncanny X-Men #101. Phoenix Force hidup abadi dan mewakili sifat hidup yang penuh dengan gairah dan sering kali komsumtif.

Phoenix Force menjadi sangat terkenal ketika ia menghuni tubuh Jean Grey. Sudah bertahun-tahun pula Phoenix Force mengadapi sejumlah tim superhero seperti X-Men dan Avengers. Phoenix Force memiliki kekuatan yang sangat besar, termasuk kemampuan untuk menghasilkan dan memanipulasi panas yang hebat. Tingkat kekuatan penuh Phoenix Force sangatlah besar dan itu dibuktikan dalam peristiwa Secret Wars II di mana host Phoenix Force kala itu yaitu Rachel Summers mampu mengambil kesadaran setiap makhluk di alam semesta.

Jean Grey bahkan menggunakan Phoenix Foce untuk melakukan perjalanan melalui waktu untuk membantu Cyclops. Jika Phoenix Force sangat kuat, tapi apakah mungkin entitas kosmik tersebut dapat mengalahkan Superman dalam sebuah pertarungan? Well, panas yang dihasilkan oleh Phoenix Force tidak akan membuat Superman terluka karena Superman sendiri mengambil kekuatannya dari matahari. Superman memang memiliki kelemahan terhadap sihir, tetapi Phoenix Force tidak pernah memiliki kekuatan sihir, meskipun kemampuannya yang ekstrim.

Sebaliknya Phoenix Force lebih merupakan representasi dari kekuatan kosmik, mirip dengan makhluk seperti Galactus dan the Watcher. Dengan demikian, Phoenix Force tidak akan bisa mengalahkan Superman. Tetapi jika Phoenix Force bisa memanipulasi energi dari matahari, Phoenix Force berpotensi untuk memenangkan pertarungan melawan Superman. Jika Phoenix Foce mengubah keluaran energi matahari, tentunya itu akan membuat Superman melemah, dan rentan terhadap serangan api Phoenix Force.

Superman mungkin juga memiliki jalan untuk menang dalam pertarungan melawan Phoenix Force. Kekuatan dari Phoenix Force sendiri juga tergantung dengan siapa hostnya. Jika hostnya saja sudah sangat kuat, maka dengan tambahan Phoenix Force, kekuatannya akan berlipat ganda. Phoenix Force akan menjadi lawan yang sulit bagi Superman untuk dikalahkan, tetapi Superman berpotensi lebih banyak untuk memenangkan pertarungan tersebut.

Avatar
Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.