Bagian dada yang besar, lekuk tubuh yang sempurna, kulit putih mulus, dan wajah yang cantik. Itulah kira-kira penggambaran sosok karakter wanita “sempurna” dalam cerita One Piece karya Eiichiro Oda. Oda Sensei memang selalu menghadirkan sosok karakter wanita dalam desain karakter yang cukup ekstrem. Tidak jarang, desain karakter wanita ini banyak dikritik oleh para fans.

Meskipun begitu, sebenarnya salah satu “ciri khas” dari karakter wanita dalam cerita One Piece adalah bagian dada yang besar. Tidak perduli tua, muda, baik, ataupun jahat, sebagian besar karakter wanita selalu memiliki dada yang besar. Salah satu contoh nyata dari hal ini adalah Nami dan Robin. Kedua karakter wanita ini selalu digambarkan memiliki bagian dada yang besar, sehingga membuat Sanji selalu terkesima oleh mereka.

Namun, desain karakter dengan dada besar ini tidak ditampilkan dalam arc Wanokuni. Hal ini semata-mata karena Oda Sensei ingin memperlihatkan kecantikan dan kemolekan tubuh wanita melalui siluet tubuhnya. Hal ini disampaikan Oda Sensei di kolom SBS, dalam menanggapi pertanyaan seorang fans yang penasaran dengan desain karakter wanita di arc Wanokuni.

Aku punya pertanyaan, Odacchi. Wanita yang selalu kau gambar selalu memiliki bagian dada yang besar. Ketika mereka berada di Wano, mereka semua kemudian menggunakan kimono dan aku menyadari bahwa bagian dada mereka menjadi tersembunyi. Aku penasaran. Apakah para wanita Jepang tidak masalah jika tidak memiliki dada yang besar??? P.N. Chii-chan

Oda Sensei pun memberikan tanggapannya mengenai pertanyaan tersebut. Menurut penjelasan Oda Sensei, sebelumnya dia tidak terlalu mengetahui banyak tentang kimono, sehingga pada awalnya dia menggambar karakter wanita menggunakan kimono dengan ukuran dada yang besar. Namun, kemudian dia banyak menerima surat dari para fans yang paham mengenai kimono.

Menurut mereka, para wanita yang memiliki bagian dada yang besar dan menggunakan kimono, selalu memiliki cara untuk “menyembunyikan” bagian dadanya agar siluet tubuhnya menjadi sangat indah untuk dipandang dan menggoda banyak orang. Selain itu, menyembunyikan bagian dadanya dibalik kimono pun akan menambah kecantikan dari sang pengguna.

Mendapatkan tips dari ahlinya, Oda Sensei pun mengaku bahwa dia langsung mengubah desain karakter para karakter wanita di Wano. Tidak lagi mereka memperlihatkan bagian dada mereka, melainkan dengan menyembunyikannya – lain halnya dengan karakter Black Maria, yang mana dia memang sengaja memperlihatkan bagian dadanya untuk memancing para pria mesum.

Dan hal ini pun diaplikasikan ke hampir semua karakter wanita. Misalnya, kini Robin dan Nami tidak lagi menampakan bagian dadanya yang besar. Begitu juga dengan Hiyori yang memang nampak terlihat cantik dan anggun dengan kimononya. Tapi, ini hanya berlaku selama mereka berada di Wano dan mengenakan kimono. Setelah mereka keluar dari Wano dan melanjutkan petualangannya, kemungkinan besar mereka akan kembali mengenakan pakaian yang terbuka.