Ada banyak hal menarik yang muncul di chapter 997 kemarin. Beberapa diantaranya adalah kita melihat bahwa anak buah Black Maria merupakan Zoan laba-laba, yang menjebak Sanji di lantai 3. Kemudian kita melihat Zoro yang akhirnya serius dan mulai menggunakan kemampuannya dalam pertarungan ini, dan bagaimana Luffy akhirnya berhasil naik ke lantai 4 istana Kaido.

Namun, yang paling menarik dari chapter 997 adalah kemungkinan adanya petunjuk pertama mengenai kekuatan sebenarnya dari kaido. Yamato mengatakan bahwa Kaido mengangkat pulau Onigashima dengan menggunakan awan api – kekuatan yang sama yang membuatnya bisa terbang sebagai seekor naga. Hal ini membuat semua karakter yang ada disana terkejut dengan kejadian tersebut.
Yang juga tidak kalah menarik adalah bagaimana Yamato menyebut “Dragons” atau para naga seperti sebuah ras – seperti halnya suku raksasa. Hal ini kembali membangkitkan teori yang sempat muncul di kalangan para fans, yaitu Kaido sebenarnya bukanlah manusia. Sedari awal Kaido adalah seekor naga. Ada beberapa perbedaan variasi mengenai teori ini.

Pertama, ada yang menyebutkan bahwa Kaido awalnya adalah seekor naga yang kemudian memakan buah iblis Zoan. Namun, bukan Mythical Zoan seperti yang selama ini diinformasikan melainkan buah Hito Hito seperti halnya Chopper. Dan teori lainnya menyebutkan bahwa sedari awal Kaido adalah seekor naga dan tidak pernah memakan buah iblis Mythical Zoan manapun karena dia sudah menjadi seekor naga.

Satu-satunya buah iblis naga yang Oda sensei tunjukan kepada para fans adalah buah iblis naga yang merupakan buah iblis buatan dari Vegapunk yang dimakan oleh Momonosuke di Punk Hazard. Buah iblisnya membuat Momonosuke memiliki bentuk naga yang mirip dengan bentuk dari naga Kaido. Setiap Kaido muncul di manganya, sebenarnya tidak pernah disebutkan secara spesifik bahwa Kaido adalah pengguna mythical Zoan.

Kita tahu bahwa Punk Hazard dulunya adalah sebuah tempat milik Pemerintah Dunia untuk melakukan berbagai eksperimen berbahaya, melakukan riset, atau bahkan menjadi tempat untuk menahan dan menyiksa para bajak laut yang berhasil mereka tangkap secara rahasia. Dan kita juga tahu bahwa Kaido dulu pernah ditangkap oleh angkatan laut, disiksa, dan dieksekusi. Namun, semua upaya itu tidak pernah berhasil membunuh Kaido.

Meskipun masih belum ada konfirmasi, muncul spekulasi bahwa Vegapunk menciptakan buah iblis naga buatan dengan memanfaatkan faktor garis keturunan (lineage factor) alias DNA, sesuatu yang sudah lama dia lakukan dalam risetnya bersama Vinsmoke Judge. Vegapunk kemungkinan melakukan ekstraksi DNA milik Kaido, untuk kemudian menjadi dasar dari terciptanya buah iblis SMILE yang dimakan oleh Momonosuke.

Mungkin, di chapter selanjutna – atau spesial di chapter 1000 nanti – kita akan melihat fakta bahwa naga/dragons memang adalah sebuah ras yang ada di One Piece, seperti halnya suku raksasa. Dan Kaido sebenarnya sedari awal bukanlah manusia melainkan seekor naga. Itulah yang kemudian menjadi alasan bagi Kaido mengapa dia mendapatkan julukan “makhluk (creature) paling kuat yang pernah ada”. Bukan “manusia terkuat yang pernah ada” seperti halnya Whitebeard, karena memang Kaido sedari awal bukanlah manusia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.