Haki dan buah iblis adalah dua kekuatan utama yang ada dalam dunia One Piece. Meskipun kemampuan buah iblis memberikan kekuatan yang sangat dahsyat dalam waktu singkat, namun mereka yang memiliki kekuatan buah iblis akan memiliki kekurangan yaitu mereka tidak mampu untuk berenang di lautan. Sedangkan Haki adalah kekuatan yang cukup “normal” dibandingkan kekuatan buah iblis.

Meskipun ada sebagian kemampuan Haki hanya bisa dimiliki oleh sosok tertentu, karena merupakan “anugerah” sedari lahir, tapi ada juga kemampuan Haki yang memang bisa dipelajari. Kedua kekuatan ini menjadi andalan bagi berbagai karakter kuat di serinya. Dan terkadang kedua kekuatan ini saling mengalahkan satu sama lain. Berikut adalah momen ketika kemampuan Haki berhasil mengalahkan kemampuan buah iblis.

Rayleigh Vs. Kizaru

Salah satu contoh nyata dari bagaimana kekuatan Haki mampu mengalahkan kekuatan buah iblis adalah pertarungan antara Rayleigh melawan Kizaru. Rayleigh adalah pengguna Haki terkuat sedangkan Kizaru adalah pengguna buah iblis Logia yang sangat dahsyat, Pika Pika no Mi. Dalam arc Sabaody, kita melihat bagaimana Rayleigh mampu menahan serangan pedang cahaya milik Kizaru.

Hal ini sangat luar biasa, mengingat pada saat itu hampir semua orang tidak ada yang mampu menyerang atau bahkan menyentuh sosok Kizaru. Meskipun Rayleigh sudah tua, namun kekuatannya masih terbukti efektif dalam pertarungan, dan membuktikan bahwa Haki adalah aset yang luar biasa di dunia One Piece.

Boa Hancock Vs. Smoker

Ini juga merupakan contoh nyata lainnya dari kemampuan Haki yang mampu mengalahkan kemampuan buah iblis. Saat arc Marineford, Boa Hancock menyaksikan sendiri bagaimana perjuangan Luffy untuk pergi menuju panggung eksekusi, dan bagaimana usahanya untuk bisa bertahan hidup. Sampai kemudian dia melihat Smoker yang berusaha untuk menghentikan Luffy.

Dengan Haki suku Kuja yang dia miliki, Hancock bisa dengan mudah menghentikan usaha dari Smoker tersebut, seperti yang sudah diduga dari sosok Hancock sang putri bajak laut dari Amazon Lilly. Dan dari segi kekuatan pun Boa Hancock memang adalah sosok yang jauh lebih kuat dibandingkan Smoker.

Pekoms vs. Caribou

Untuk memperlihatkan bagaimana kejamnya dan mengerikannya wilayah New World, Eiichiro Oda memberikan sedikit gambaran kepada para fans tentang kemampuan para pengguna Haki di New World. Hal ini dibuktikan saat arc pulau manusia ikan terjadi, dimana Pekoms saat itu bertarung melawan Caribou, seorang pengguna buah iblis Numa Numa no Mi.

Untuk mengejutkan para fans, Pekoms berhasil mengakhiri pertarungan tersebut hanya dengan satu pukulan. Hal ini dikarenakan kemampuan Haki dari Pekoms terlalu kuat untuk dihadapi oleh Caribou. Lagipula, level kekuatan mereka berdua pun sangat jauh berbeda. Caribou bukan sosok yang seimbang bagi Pekoms.

Luffy Vs. Caesar

Luffy pernah bertarung melawan Caesar Clown dalam arc Punk Hazard dan di pertarungan tersebut kita melihat bagaimana perkembangan kekuatan Luffy, setelah dua tahun berlatih di Rusukaina bersama Rayleigh. Dengan menggunakan kemampuan Haki miliknya yang sudah berkembang, Luffy mampu dengan mudah mengalahkan Caesar dengan menggunakan teknik Gomu Gomu Grizzly Magnum. Meskipun Caesar sudah mengerahkan semua kekuatan Logianya, kemampuan Haki Luffy sangat tidak terbendung.

Oden Vs. Kaido

Dikenal sebagai sosok yang paling kuat dari seluruh Wano, Kozuki Oden merupakan seorang Samurai yang sangat tangguh yang mampu membuat sosok seperti Whitebeard dan Roger pun terkagum-kagum. Bahkan, sosok Kaido pun sangat memuji kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Oden dalam pertempuran yang terjadi 20 tahun sebelum timeline sekarang.

Dalam pertempuran tersebut, Oden menggunakan Armament Haki (atau Ryuo) untuk mampu melukai Kaid dengan kedua pedangnya. Dengan menggunakan kemampuan Haki, Oden menjadi satu-satunya orang yang sejauh ini mampu melukai Kaido. Saat ini para fans sedang menantikan apakah Zoro akan mampu mengulangi hal yang sama seperti Oden, dengan kekuatan Haki miliknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.