Musuh kuat Godzilla adalah King Ghidorah dan Mechagodzilla, tetapi mereka berdua bukanlah musuh paling kuat yang pernah Godzilla hadapi. Selama bertahun-tahun, Godzilla telah menghadapi berbagai musuh-musuh kuat. Bahkan Godzilla pernah menghadapi sosok robot alien bernama Gigan. Gigan sendiri merupakan sosok monster yang mampu membuat Godzilla berdarah-darah pada tahun 1972. Ada juga Destroyah, sang kaiju yang mengantarkan Godzilla pada kematian pada tahun 1995, dan Godzilla juga pernah menghadapi monster asap yang hampir tidak bisa dihancurkan, Hedorah.

Lawan berbahaya lainnya yang dihadapi Godzilla dan sekutunya adalah Biollante, Megaguirus, Megalon, dan Orga. Tapi diantara semua monster yang disebutkan diatas, gelar musuh terkuat yang pernah dihadapi Godzilla lebih pantas disematkan pada SpaceGodzilla. Makhluk jahat itu menjadi antagonis utama dalam beberapa film Godzilla, termasuk film Godzilla vs SpaceGodzilla. SpaceGodzilla adalah kaiju yang diciptakan dari sel-sel Godzilla yang bermutasi.

Setelah terinfeksi oleh energi dari lubang hitam, SpaceGodzilla yang terkenal jahat pun lahir. Ia memiliki kekuatan besar yang dapat menyaingi Godzilla, dan bahkan SpaceGodzilla memiliki sebuah kristal besar di pundaknya yang berfungsi sebagai sumber energi baginya. Dia bahkan bisa menyalurkan kekuatan kristal tersebut untuk menghantam musuhnya dengan daya ledaknya yang sangat kuat. Saking kuatnya, daya ledak tersebut dapat melukai Godzilla.

Ditambah lagi, SpaceGodzilla juga mampu melakukan telekinesis, kemampuan yang membuatnya unik dibanding kaiju lainnya. Setelah datang ke Bumi, SpaceGodzilla memberikan Godzilla pertarungan terberatnya. SpaceGodzilla bahkan membuktikan dirinya sebagai yang terkuat setelah mengalahkan Godzilla dengan mudah dalam pertarungan pertama antar keduanya.

Godzilla sendiri sebenarnya selalu mengalami kesulitan saat awal pertempurannya, seperti yang terjadi saat melawan Destroyah, Hedorah, dan Billante. Tapi Godzilla biasanya dapat menyesuaikan diri setelah bertarung dengan musuhnya tersebut hingga akhirnya Godzilla bisa mengetahui celah atau kelemahan musuhnya, yang pada akhirnya membuat Godzilla memenangkan pertarungan. Namun, hal tersebut tak terjadi saat Godzilla melawan SpaceGodzilla, di mana Godzilla tidak bisa menang.

Baru setelah Mogera terlibat dengan pertarungan antara Godzilla vs SpaceGodzilla, akhirnya Godzilla bisa sedikit unggul diatas SpaceGodzilla. Setelah kristal dibahu SpaceGodzilla berhasil dilenyapkan, SpaceGodzilla menjadi rentan akan serangan, terutama terhadap serangan Godzilla. SpaceGodzilla sampai hari ini adalah satu-satunya monster yang Godzilla tidak pernah bisa kalahkan sendiri. Ghidorah dan Mechagodzilla sama-sama musuh kuat yang sulit dihadapi Godzilla, tetapi Godzilla masih mampu mengalahkan keduanya.

Adapun Destroyah, mungkin dia adalah monster yang level kekuatannya hampir setara dengan SpaceGodzilla. Saat Godzilla dan Destroyah saling bertarung, Godzilla mendorong dirinya hingga batas maksimal sehingga akhirnya Godzilla mampu memaksa Destroyah mundur.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/