Franchise Dragon Ball tidak memiliki banyak senjata populer yang muncul di ceritanya. Dalam franchise ini, kekuatan fisik menjadi nilai utama sebuah karakter, entah karakter protagonis ataupun karakter antagonis. Kita mungkin hampir tidak akan menemukan senjata apapun dalam cerita Dragon Ball, karena memang senjata tidak digunakan dalam sebuah pertarungan.

Salah satu senjata yang diperkenalkan dalam cerita Dragon Ball adalah Power Pole. Power Pole sempat muncul dalam ceritanya, dan bahkan menjadi senjata yang menjadi ciri khas dari Goku kecil. Tapi, penggunaan Power Pole sendiri kemudian dihentikan dan senjata ini tidak lagi dimunculkan di serinya. Mengapa hal tersebut terjadi? Mengapa Power Pole tidak lagi digunakan di ceritanya?

Power Pole sendiri diperkenalkan berbarengan dengan diperkenalkannya Goku di episode pertama Dragon Ball. Power Pole sendiri adalah sebuah tongkat panjang berwarna coklat yang merupakan hadiah dari ayah angkatnya, sang ahli bela diri bernama Gohan. Goku kemudian membawa Power Pole tersebut kemanapun dia berpetualang. Yang menarik adalah Power Pole bukanlah tongkat biasa.

Power Pole memiliki semacam kekuatan sihir, dimana ukuran tongkat tersebut bisa memanjang sampai batas yang tidak terhingga. Saat bertarung melawan Monster Carrot, Goku bahkan menggunakan Power Pole ini untuk mencapai ke bulan dan kemudian meninggalkannya disana sebagai bentuk hukuman karena sudah menyerang Goku dan teman-temannya.

Sejarah mengenai Power Pole ini sebenarnya sangat terhubung dengan sosok Korin. Senjata tersebut sebelum jatuh ke tangan Gohan dan diberikan kepada Goku, merupakan milik dari Korin, seekor kucing bijak yang sudah berumur 800 tahun. Korin juga adalah makhluk yang menumbuhkan Senzu Beans. Power Pole dulunya digunakan untuk menghubungkan puncak menara miliknya dan tempat pengawasan mengapung yang ada di atas menara tersebut.

Dengan menempatkan Power Pole di atas menara miliknya, Korin kemudian bisa dengan mudah pergi ke menara pengawas tersebut, dan membuatnya untuk bisa bertemu dengan sosok Kami. Korin kemudian memberikan Power Pole ini kepada Master Roshi ketika Master Roshi berpetualang dan bertemu dengan Korin. Dan kemudian Master Roshi memberikannya kepada temannya yaitu Gohan.

Power Pole adalah sebuah alat yang sangat jarang digunakan dalam berbagai peristiwa besar di seri Dragon Ball, salah satu pertarungan lainnya ketika Goku menggunakan Power Pole adalah ketika pertarungan melawan King Piccolo, pasukan Red Ribbon dan Garlic Jr. Namun, ketika level kekuatan para karakter di cerita Dragon Ball Z mulai meningkat drastis, Power Pole dan juga senjata lainnya mulai ditinggalkan karena sudah tidak efektif untuk menghadapi musuhnya.

Terlepas dari semua itu, Power Pole tetap menjadi salah satu benda yang sangat ikonik di fanchise Dragon Ball. Goku selalu diidentikan dengan tongkat tersebut di berbagai media, termasuk di berbagai judul game. Dalam Dragon Ball Xenoverse, Power Pole bahkan bisa digunakan sebagai salah satu serangan yang bisa digunakan oleh sang karakter. Para fans sendiri mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini, karena Akira Toriyama berhasil “mengalihkan” perhatian para fans dengan kemampuan Super Saiyan dan berbagai form lainnya.