Eiichiro Oda sepertinya menepati janjinya untuk membuat arc Wanokuni menjadi salah satu arc paling besar, paling epik, dan paling unik dari seluruh arc One Piece yang ada sejauh ini. Banyak hal unik yang ditampilkan di arcnya, misalnya dengan diaplikasikannya konsep pertunjukan Kabuki dalam arc ini (dimana arc ini dibagi menjadi beberapa bagian) atau diperkenalkannya sebuah wilayah yang masih sangat “kuno.”

Sejauh ini, arc Wanokuni sedang berada di babak ketiga. Dengan prediksi bahwa arc ini akan memiliki lebih dari tiga babak, maka tentu akan ada sebuah cerita intermisi yang akan mengisi kekosongan “jeda” dari babak ketiga ke babak selanjutnya. Dengan cerita intermisi di babak pertama memperlihatkan peristiwa Reverie dan intermisi di babak kedua berfokus pada perburuan Shichibukai, kira-kira cerita yang akan dihadirkan di intermisi babak ketiga?

Detail Cerita Masa Lalu Yamato

Jika Oda Sensei tidak ingin cerita intermisinya melenceng terlalu jauh dari momentum yang ada sekarang, mungkin Oda Sensei bisa menghadirkan cerita tentang masa lalu karakter-karakter utama. Salah satu karakter utama yang perlu diketahui masa lalunya adalah Yamato. Karakter baru favorit para fans ini berhasil merebut hati banyak fans sejak pertama kali dia diperkenalkan.

Yang luar biasa dari karakternya adalah dia merupakan pengagum sosok Kozuki Oden, sedangkan Yamato diketahui adalah anak dari Kaido. Untuk alasan mengapa Yamato sangat terobsesi dengan Oden, mungkin kita sudah mengetahuinya. Tapi, tentang bagaimana Yamato bisa menjadi anak dari Kaido masih menjadi misteri. Apakah Kaido sebelumnya pernah memiliki hubungan dengan seorang wanita? Apakah Yamato adalah anak kandungnya?

Cerita Masa Lalu Roronoa Zoro

Meskipun sebenarnya Roronoa sudah memiliki cerita masa lalu di awal cerita One Piece, tapi hal itu baru sebagian kecil saja dari masa lalunya. Bahkan, mungkin bisa dibilang tidak ada kaitannya dengan cerita origin Zoro. Kita hanya diperlihatkan bawah Kuina dan Koushiro adalah dua orang penting dalam hidup Zoro, karena sudah mengjarinya berpedang.

Namun, kita belum tahu siapa keluarga Zoro ataupun informasi pribadi lainnya. Saat itu, Oda Sensei baru menjelaskan sedikit tentang keluarga Zoro dari kolom SBS dengan menjelaskan sedikit tentang keluarga Shimotsuki yang merupakan salah satu keluarga terpandang di Wano. Banyak prediksi yang menyebutkan bahwa di Wano ini kita akan melihat cerita masa lalu Zoro yang lengkap, jadi, kita nantikan saja ya Geeks.

Peristiwa Reverie

Seperti disebutkan di atas, dalam cerita intermisi di bagian pertama dan kedua Oda Sensei menghadirkan cerita tentang Reverie. Di bagian pertama, kita melihat bagaimana peristiwa Reverie berlangsung, bagaimana intervensi dari Pasukan Revolusi, keberadaan Blackbeard saat ini, dan juga adanya petunjuk bahwa musuh baru dan rintangan baru menunggu Luffy di depan.

Di babak kedua, Oda Sensei menghadirkan cerita intermisi yang berfokus pada pasca peristiwa Reverie, dimana kita melihat sebuah peristiwa yang melibatkan kabar bahwa Sabo tewas. Kita juga melihat bahwa angkatan laut sekarang sedang memburu Shichibukai, karena sistem tersebut dibubarkan. Di babak ketiga ini, mungkin Oda Sensei bisa menyelesaikan tentang peristiwa Reverie ini dan memberikan kesimpulan tentang apa yang terjadi.

Status Pasukan Revolusi

Ketika Pasukan Revolusi pertama kali diperkenalkan dalam cerita, mereka muncul dan dianggap sebagai ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Mereka juga diperkenalkan sebagai salah satu “sosok” penting dalam cerita. Namun, dengan cerita yang berfokus pada peristiwa di Wano, informasi mengenai Pasukan Revolusi ini pun menghilang. Pasukan Revolusi seakan sudah kehilangan tajinya.

Diawali dari bocornya lokasi keberadaan markas mereka di Baltigo, juga beberapa pasukan mereka harus kalah di tangan kelompok Blackbeard. Apakah mereka gagal untuk menjemput Kuma? Apakah Sabo ditangkap atau memang sudah tewas? Apakah mereka sudah menemukan markas baru? Selalu ada banyak misteri yang melingkar di tubuh Pasukan Revolusi.

Pertempuran Melawan Shichibukai

Salah satu keputusan yang dihasilkan saat Reverie adalah dihilangkannya sistem Shichibukai. Hal ini bisa diartikan bahwa para bajak laut yang menjadi bagian dari sistem ini sekarang tidak lagi berada dalam “perlindungan” angkatan laut ataupun Pemerintah Dunia. Merekapun kemudian mulai menjadi ancaman yang sama bagi angkatan laut, dimana mereka mulai diburu.

Di cerita terakhir intermisi babak kedua diperlihatkan bahwa baik Boa Hancock maupun Dracule Mihawk diperlihatkan sudah siap dengan hal ini, mereka bahkan menunggu kedatangan para angkatan laut tersebut. Mereka terlihat tidak takut dan tidak peduli bahwa sistem Shichibukai dibubarkan. Tentunya akan sangat disayangkan jika peristiwa ini hanya ditampilkan secara off-screen.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.