Cerita terbaru dalam seri Boruto: Naruto Next Generation menghadirkan sebuah ancaman paling besar yang pernah dihadapi oleh desa Konoha saat ini, yaitu Isshiki Otsutsuki dan juga organisasi Kara. Kemampuan jutsu Isshiki nyatanya melebihi kemampuan jutsu Sasuke serta Naruto, bahkan Otsutsuki lainnya. Karena hal inilah, Naruto dan Sasuke harus menghadapi sebuah kesulitan baru yang membuat mereka berada dalam situasi putus asa.

Naruto akhirnya mengaktifkan sebuah mode rahasia, mode terakhir yang dimiliki oleh Kurama yaitu Baryon Mode. Mode ini merupakan form terkuat yang pernah Naruto gunakan sejauh ini. Naruto tidak lagi “meminjam” kekuatan dari orang lain untuk dia gunakan, melainkan dia menggunakan kekuatannya sendiri untuk kemudian digabungkan dengan kekuatan Kurama.

Hal itu memiliki efek samping yang mengerikan, dimana usia Naruto akan terus berkurang dengan cepat. Meskipun form Baryon ini sudah terbukti sangat efektif untuk menghadapi Isshiki – bahkan Isshiki kewalahan menghadapi Naruto – para fans khawatir mengenai efek samping dari mode tersebut. Di chapter kemarin, kita sudah melihat bagaimana kemampuan chakra Naruto sudah menurun. Hal inilah yang kemudian memunculkan asumsi bahwa Naruto akan tewas dalam pertarungan ini.

Tapi, meskipun nyawa Naruto sedang diujung tanduk dia masih belum akan tewas. Setidaknya tidak untuk sekarang. Alasan pertama (dan yang paling jelas) adalah seri Boruto masih belum siap untuk membunuh Naruto karena adegan flash-forward di adegan pembuka serinya. Dalam momen tersebut, kita diperlihatkan pertarungan antara Boruto remaja dan rivalnya, Kawaki, diantara reruntuhan desa Konoha.

Dalam dialognya, Boruto menyebutkan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Kawaki sudah sangat keterlaluan. Sementara, Kawaki sendiri mengatakan bahwa era shinobi sudah selesai dan karena itulah dia akan mengirim Boruto ke tempat “dimana Hokage ketujuh berada.” Dialog inilah yang kemudian menjadi kunci utama: Naruto kemungkinan tewas di tangan Kawaki, bukan di tangan Isshiki atau juga akibat dari Baryon Mode.

Kita juga melihat dalam pertarungan Kawaki dan Boruto, keduanya memiliki segel Karma. Artinya, Kawaki akan kembali memiliki segel Karma setelah dia berhasil selamat pasca Isshiki menggunakan Karma di tubuh Kawaki. Saat itu, dia kembali hidup setelah kalah dari Kashin Koji. Salah satu kemampuan dari segel Karma adalah bisa melakukan teleportasi ke dimensi lain. Mungkin hal inilah yang dilakukan oleh Kawaki kepada Naruto, dimana dia mengirim Naruto ke sebuah dimensi dan mengurungnya disana.

Teori ini juga didukung dengan fakta bahwa Naruto dan Kawaki terhubung melalui chakra Naruto – melalui lengan buatan Kawaki yang awalnya khusus digunakan untuk Naruto. Bahkan, Isshiki berhasil melacak keberadaan Isshiki melalui chakra tersebut kemudian “menyeretnya” dalam pertarungan ini. Inilah mungkin momen dimana Kawaki akan kembali mendapatkan segel Karma miliknya, mengingat jatah hidup Isshiki hanya tinggal 20 menit.

Jadi, kesimpulannya, Naruto masih belum akan tewas dalam pertarungan ini. Pertarungan melawan Isshiki adalah sebuah tahapan untuk fase yang jauh lebih gelap, jauh lebih menyedihkan, dan jauh lebih mengerikan. Bagaimana Naruto bisa selamat dalam pertarungan itu, dan dari mode Baryon masih harus kita tunggu. Mungkin justru Kurama yang kemudian menyerah dan akhirnya tewas. Dengan begitu, desa Konoha akan terbuka untuk diserang dan dihancurkan.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.