Baik Iron Man dan Batman, mereka berdua sama-sama mendapatkan reboot di komiknya masing-masing. Dalam komik, Iron Man dan Batman tidak lagi menggunakan teknologi sebagai tumpuan utama dalam mengalahkan musuh, tetapi mereka berdua lebih menggandalkan kemampuan otak dan sedikit menggunakan teknologi. Singkatnya, kedua pahlawan dari Marvel Comics dan DC Comics tersebut akan kembali ke awal mereka menjadi superhero.

Namun yang harus dicatat bahwa mereka berdua memiliki motivasi yang berbeda. Sekarang Iron Man mencoba terhubung kembali dengan orang-orang yang telah ia janjikan untuk dilindungi, sementara Batman sekarang beraksi di sebuah dunia distopia yang futuristik. Dalam komiknya, Iron Man sekarang mencoba berbaur dengan orang biasa alias membumi. Sekarang Tony Stark telah pindah ke tempat tinggal baru yang lebih kecil dan memiliki perusahaan yang skalanya jauh lebih kecil.

Jika Iron Man atau Tony Stark masih memiliki hidup yang banyak pilihan, namun lain halnya dengan Batman. Dalam komik yang mengambil latar Future State, Batman masa depan harus mampu bertahan di Gotham Distopia. Gotham di masa depan menggunakan teknologi canggih untuk mengidentifikasi dan membunuh warga. Hal itu membuat Batman harus berpikir bagaimana cara ampuh untuk memerangi kejahatan dengan kondisi yang terjadi.

Perbedaan lainnya adalah level ancaman yang mereka berdua hadapi dalam komiknya. Di masa lalu, Iron Man menangani ancaman tingkat kosmik yang sangat kuat seperti Korvac atau Kang. Iron Man sekarang hanya menangani level ancaman tingkat jalanan. Bahkan ia harus menangani masalah yang terjadi di level sekolah. Sementara bagi Batman, ia harus benar-benar menggunakan isi otaknya, dan ia harus benar-benar menyatu dengan bayang-bayang malam agar semakin tidak terlihat mengingat banyaknya teknologi pemantau canggih di Gotham Distobia.

Duo superhero ini juga bekerja sendirian, di mana mereka tidak banyak dibantu oleh orang-orang atau sumber daya lainnya. Iron Man telah memulai sebuah perusahaan baru, dengan sumber daya yang jauh lebih sedikit. Sementara Batman akan menghadapi dilema yang sama karena dia tidak hanya harus melawan kejahatan tanpa adanya teknologi canggihnya, tetapi dia juga harus menegakkan keadilan tanpa bantuan dari Departemen Kepolisian Kota Gotham.

Ciri khas Batman dan Iron Man adalah ketergantungan mereka pada teknologi canggih dalam memerangi kejahatan, tapi sekarang, masa di mana mereka bersinar sudah berakhir. Baik Iron Man dan Batman sama-sama kembali ke awal untuk mencari tahu sampai sejauh mana mereka bisa beraksi tanpa bantuan teknologi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/