Ada banyak sekali pertanyaan yang muncul di kalangan para fans, sejak pertama kali Dragon Ball memperkenalkan ide tentang multiverse ke franchisenya. Bukan hanya ternyata ada 11 universe lainnya selain yang selama ini kita lihat dan kita ketahui, tapi juga ternyata ada makhluk dewa atau makhluk yang memiliki jabatan tinggi di universe tersebut selain para Kai.

Kita diperkenalkan dengan konsep Dewa kehancuran, dimana masing-masing universe memiliki dewa kehancuran/penghancur. Mereka bisa dibilang adalah sosok yang paling kuat di universe tersebut. Seorang dewa penghancur biasanya memiliki seorang Angel, yang bertugas sebagai pendamping atau sebagai asisten dari sang dewa penghancur.

Kita mungkin sudah mengetahui sedikit banyaknya mengenai dewa penghancur dan bagaimana mereka beroperasi. Tapi, tidak banyak yang diketahui tentang para Angel yang mendampingi mereka. Berdasarkan informasi yang diketahui sejauh ini, para Angel adalah makhluk dewa atau makhluk kosmik yang derajatnya paling tinggi di multiverse Dragon Ball. Mereka berada satu tingkat dari “tuhan” atau dewa seluruh multiverse, yaitu Zeno.

Dragon Ball Super Grand Priest AngelsPara Angels berasal dari sebuah alam atau planet lain yang disebut sebagai Angel Realm. Dalam cerita di manga ataupun di animenya, para Angel ini memiliki seorang “ayah” yaitu Grand Minister dan Kusu adalah anak tertua dari seluruh Angel yang ada. Mereka tidak butuh makan atau minum atau kebutuhan dasar makhluk pada umumnya.

Namun, pertanyaan besar yang sampai saat ini masih mengganjal adalah bagaimana mereka bisa eksis di universe Dragon Ball. Dan terdapat sebuah petunjuk besar di arc Galactic Patrol Prisoner  dalam seri Dragon Ball Super yang mungkin bisa menjelaskan hal tersebut. Pertama, dalam arc ini kita tahu bahwa seorang Angel sebelum kemudian menjadi pendamping bagi dewa penghancur maka mereka harus mengalami “uji coba” atau latihan selama beberapa waktu.

Hal ini diperlihatkan oleh Merus, yang merupakan seorang Angel yang masih baru menyamar sebagai anggota elit Galactic Patrol demi bisa menyelesaikan misi ini. Kemudian fakta kedua adalah seorang Angel akan menghilang ketika mereka melanggar aturan yang ada. Hal ini juga terjadi kepada Merus yang harus menghilang karena Moro mencuri kemampuan Ultra Instinct miliknya, kemampuan para dewa yang tidak boleh diajarkan sembarangan.

Bagaimana seorang Angel bisa menghilang begitu saja? Berdasarkan hal tersebut muncul sebuah spekulasi bahwa mereka berasal sebuah energi yang sangat kuat, sebuah energi dewa (divine energy). Mungkin inilah alasan mengapa Angel berbeda dengan makhluk lainnya dan tinggal di planet atau tempat yang berbeda. Karena berasal dari energi dahsyat, sehingga rasanya masuk akal jika kemudian Grand Priest atau Grand Minister bisa mengetahui bahwa Merus “menghilang.”

Tapi, pertanyaan lainnya kemudian muncul yaitu bagaimana seorang Angel bisa muncul di alam raya tersebut? Apakah mereka diciptakan oleh Grand Priest atau seseorang yang lebih tinggi lagi seperti Zeno dari energi para dewa? Dengan Goku yang sekarang sudah berada di level yang sama dengan Whis, mungkin pertanyaan besar tersebut bisa mulai terjawab dengan Goku yang mengeskplor lebih dalam tentang para Angel. Bagaimana menurut kalian Geeks, darimana kira-kira asal usul para Angel ini? Siapa menurut kalian yang menciptakan para Angel ini?

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.