Salah satu arc panjang, Galactic Patrol Prisoner, dalam cerita Dragon Ball Super akhirnya selesai. Meskipun ceritanya sudah selesai, nyatanya ada banyak pertanyaan yang muncul di benak pra fans terkait hal tersebut. Dalam ceritanya, kita melihat pasukan patroli galaksi dan juga Goku serta Vegeta harus berjuang keras melawan salah satu musuh terkuat yang pernah ada, Moro.

Karena tidak mudah untuk melawan Moro, Goku bahkan harus sampai meningkatkan kemampuannya sampe ke level dewa. Goku akhirnya memiliki kemampuan baru yaitu Ultra Instinct. Namun, baru menjelang akhir ceritanya Goku berhasil menyempurnakan kekuatan tersebut menjadi Perfected Ultra Instinct. Namun, dengan kekuatan untuk bisa menirukan kemampuan orang lain, akhirnya Moro pun bisa menggunakan Ultra Instinct – meskipun tidak sempurna. Kekuatan ini hampir saja membuat seluruh dunia hancur.

Beruntung, Vegeta berhasil membantu Goku di akhir pertarungan dan akhirnya mengalahkan Moro. Tapi, kemenangan tersebut justru membuka kemungkinan lain bagi Son Goku. Seperti yang kita lihat, para dewa sendiri sebenarnya keberatan Goku bertarung menggunakan Ultra Instinct melawan Moro, dan dilakukan di bumi. Mereka keberatan bahwa makhluk seperti Goku mempelajari kekuatan para dewa.

Yang paling parah adalah salah satu dari “anak” Grand Priest, Merus, harus tewas dalam pertarungan tersebut. Merus sendiri sebelumnya “menyamar” menjadi anggota patroli galaksi, namun kemudian fakta terungkap bahwa Merus sebenarnya adalah seorang Angel. Alam raya Dragon Ball sangat menyukai adanya keseimbangan, dan dengan hilangnya Merus, Goku mungkin akan menggantikan apa yang hilang.

Dragon Ball Super How Moro vs Merus Sets up Angelic Arc manga animePertarungan melawan Moro membuat Merus harus melakukan semua hal yang dia bisa. Dia bahkan harus kehilangan nyawanya, setelah kemampuannya berhasil ditirukan oleh Moro. Dan akibat dari hal itu, kemampuan Merus sendiri harus menghilang. Dengan sisa-sisa kekuatannya, Merus berjuang namun sayangnya hal tersebut gagal. Sebelum tewas, Merus sempat mengatakan pada Goku bahwa dia membutuhkan satu dorongan terakhir untuk menyempurnakan Ultra Instinct miliknya.

Dan kematian Merus akhirnya menjadi dorongan yang selama ini dibutuhkan oleh Goku. Goku pun akhirnya berhasil membalikan keadaan setelah dia berhasil menyempurnakan Ultra Instinct miliknya. Peristiwa Galactic Patrol Prisoner sekarang meninggalkan sebuah pertanyaan besar, terkait bagaimana respon para dewa terhadap Goku. Mungkin Grand Priest sendiri akan paham mengenai situasinya, dan bukan marah, dia lebih akan memberikan arahan pada Goku.

Goku mungkin akan dilatih langsung oleh Grand Priest serta diberikan penjelasan mengenai aturan penggunaan Ultra Instinct. Bahkan, bukan hal mustahil juga, jika kemudian Goku diberikan tugas atau justru diutus langsung untuk menjadi pengganti Merus. Meskipun bukan sebagai Angel, tapi goku akan diutus menjadi pelindung seluruh alam Dragon Ball dengan kekuatannya.