Ketika berbicara mengenai One Piece, selalu ada hal menarik yang bisa disampaikan mengenai ceritanya. One Piece sendiri merupakan hasil karya seorang Eiichiora Oda dua dekade yang lalu, tepatnya pada 1997. Dan sejak saat itu, Oda Sensei selalu mengawasi cerita yang akan ditampilkan di serinya. Seri One Piece sendiri saat ini dikabarkan akan mendekati cerita akhirnya, namun Oda mungkin sudah mempersiapkan berbagai hal sebelum ceritanya berakhir.

Dalam salah satu wawancara terbaru, Oda Sensei sempat memberikan penjelasan apakah seri One Piece akan mendapatkan sekuelnya setelah semua selesai. Diskusi mengenai hal tersebut terjadi di awal 2020 ini, tepatnya pada Februari 2020 kemarin. Seperti yang dicuitkan oleh salah satu fans One Piece di Twitter, Sandman-AP, dia menyebutkan bahwa Oda Sensei sempat mengatakan bahwa dia akan membuat sekuel dari One Piece, yaitu Two Piece.

Namun, hal ini merupakan candaan semata dari sosok Oda Sensei. Meskipun begitu, lelucon tersebut nyatanya didengar jelas oleh para editor dan para fans. Nama ini mungkin merupakan bentuk “frustasi” dari Oda Sensei, jika kemudian dia memutuskan untuk meneruskan cerita One Piece alias ketika dia harus membuat sekuelnya.

Kita tentu tahu bagaimana perjuangan Oda Sensei dalam membuat dan menghadirkan cerita One Piece. Semuanya dipertaruhkan oleh Oda Sensei, setiap minggunya. Jadi, rasanya sulit dibayangkan jika Oda Sensei sudah menghadirkan ide bagus untuk membuat sekuel dari One Piece. Jika pun kemudian Oda memutuskan untuk melanjutkan cerita One Piece, mungkin dia akan mengikuti gaya dari Akura Toriyama untuk merilis sebuah manga pendek, seperti dikutip dari cuitan yang sama.

Menghadirkan cerita sekuel tentunya bukan perkara yang mudah. One Piece seolah sudah menjadi sebuah maha karya dari Oda sensei. Jika pun kemudian memang sekuel benar-benar terjadi, mungkin bukan Luffy yang akan menjadi karakter utamanya melainkan generasi yang lebih muda, seperti halnya seri Boruto. Ada sebuah teori dimana anak dari Shanks dan Makino yang akan melanjutkan petualangan tersebut, meskipun sebagian mempertanyakan teori tersebut, apa lagi yang akan diraih oleh generasi selanjutnya?

Kesimpulannya, untuk saat ini sepertinya Oda Sensei masih belum memikirkan sesuatu tentang sekuel dari One Piece, dan juga kemungkinan untuk menghadirkan sekuel juga sangat kecil. Namun, hal itu bukan berarti mustahil untuk terjadi. Jika Oda Sensei masih sanggup – atau tugasnya diberikan kepada editor atau pengarang lain – mengapa tidak (untuk melanjutkan serinya)? Bagaimana dengan kalian Geeks, apakah One Piece perlu dibuatkan sekuel?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.