Professor Hulk adalah salah satu dari beberapa iterasi Hulk. Tetapi iterasi yang satu ini sangat unik dibandingkan dengan versi Hulk lainnya. Professor Hulk dianggap unik karena ia tercipta dalam upaya Banner untuk menyebuhkan jiwanya yang rusak. Banyak penggemar yang mengetahui sosok Professor Hulk setelah ia menjadi pusat perhatian dalam film Avengers: Endgame di MCU. Secara keseluruhan, sosok Professor Hulk di MCU mirip seperti komiknya.

Di setiap film yang menampilkan Hulk, kita selalu diperlihatkan saat Banner mengalami keresahaan karena ia merasa terancam dengan Hulk dalam dirinya. Keresahan itu semakin memuncak dalam film Avengers: Infinity War, dan terbukti bahwa pada akhirnya Hulk menolak untuk keluar dari tubuh banner saat pertempuran Avengers melawan pasukan Thanos. Dan baru setelah film Avengers: Endgame, Hulk dan Banner mulai berdamai sehingga menghasilkan sosok Professor Hulk.

Versi MCU sendiri tidak jauh berbeda dengan Professor Hulk dalam komik. Dalam komik Incredible Hulk #377, Professor Hulk muncul pertama kali dengan bantuan Leonard Samson, seorang psikiater yang juga terkena sinar gamma (juga musuh lama dari Hulk), dan juga sosok ahli hipnotis bernama Ringmaster. Ringmaster menggunakan kekuatan hipnotisnya bersama Samson untuk memasuki pikiran Bruce Banner, demi mengungkap iblis tersembunyi dari masa lalu Banner, dan membantu Banner untuk kembali menguasai pikirannya.

Selama perawatan yang mereka lakukan terhadap Banner, Samson kemudian memandu Banner dan dua kepribadian Banner yang lain yaitu Hulk dan Joe Fixit, melalui kenangan masa kecil Bruce yang tertekan. Setelah mengetahui masa lalu Banner, mereka pada akhirnya menemukan ingatan Banner yang dipenuhi dengan rasa trauma dan pelecehan yang Banner alami, termasuk saat ibu Bruce dibunuh oleh ayahnya. Samson dan Ringmaster menemukan bahwa Bruce memanifestasikan kepribadian Hulk dan Joe Fixit ketika dia masih kecil sebagai mekanisme pertahanan terhadap pengalaman traumatisnya.

Kedua kepribadian dalam tubuh Bruce tidak tercipta karena paparan radiasi gamma tetapi hanya terbawa olehnya ke dunia nyata setelah kecelakaan yang terjadi pada Bruce. Setelah kepribadian Hulk dan Fixit berdamai dalam diri Banner, maka kedua kepribadian itu saling bergabung menjadi satu, sehingga akhirnya menjadi Professor Hulk. Tubuh dan kekuatan Professor Hulk mengambil dari Hulk, sementara kecerdasan Professor Hulk mengambil langsung Fixit dan Bruce Banner.

Dalam MCU, cerita perubahan drastis Banner menjadi Professor Hulk lebih di sederhanakan. Selain di film Hulk yang rilis tahun 2003, Marvel tidak pernah membahas pelecehan yang dialami Bruce Banner dari ayahnya. Padahal itu adalah aspek kunci dari terciptanya professor Hulk. Jadi sederhananya Professor Hulk sebenarnya tercipta karena dosa ayah Banner, dan pada akhirnya Banner mendapatkan transformasi menjadi Professor Hulk berkat bantuan dari Samson dan Ringmaster.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/