Seorang Kage merupakan simbol sekaligus pemimpin dari sebuah desa shinobi. Seorang Kage pasti memiliki tanggung jawab yang sangat besar dan juga memiliki beban yang sangan berat. Karena hal itulah, tidak semua orang sanggup atau bisa menjadi seorang Kage apalagi jika kekuatan mereka tidak mumpuni. Karena, ancaman besar bisa saja datang setiap saat.

Meskipun terkadang kekuatan seorang Kage hampir tidak bisa dikalahkan, bukan berarti tidak ada karakter lain yang bisa menandingi kekuatan mereka. Ada beberapa orang yang bisa menandingi bahkan melampaui kekuatan seorang Kage. Siapa saja?

Uchiha Sasuke

Salah satu anggota dan satu-satunya anggota dari klan Uchiha yang masih hidup, sebelum kemudian menikah dan kembali memperpanjang garis keturunan klan tersebut. Sasuke merupakan salah satu karakter paling kuat dalam franchise Naruto. Dalam segi kekuatan, Sasuke bisa dikatakan setara atau seimbang dengan Uzumaki Naruto, yang merupakan Hokage dari desa Konoha.

Kekuatan Sasuke terbukti sangat dahsyat, bahkan dia bisa menandingi kemampuan dari klan Otsutsuki, yang memang sudah terbukti luar biasa dahsyat kekuatannya. Ketika dibandingkan dengan seorang Kage pada umumnya, Sasuke bisa dibilang berada di atas mereka. Apalagi saat ini Sasuke memiliki kemampuan Sage Six Path, dan kemampuan dari klan Uchiha lainnya.

Madara Uchiha

Selain Sasuke, anggota klan Uchiha terkuat lainnya adalah Madara Uchiha. Dia merupakan salah satu antagonis dalam seri Naruto dan merupakan salah satu pemicu perang besar ninja keempat. Kekuatan yang dimiliki Madara sanggup untuk mensejajarkan dirinya dengan Hashirama Senju, yang merupakan Hokage pertama dari desa Konoha yang dikenal memiliki kekuatan dahsyat.

Setelah mendapatkan Doujutsu Rinnegan, Madara bahkan semakin bertambah kuat dan dia akhirnya mendapatkan sumber kekuatan lainnya setelah menjadi Jinchuuriki bagi monster ekor sepuluh. Dan untuk mengalahkannya pun, butuh banyak kekuatan dari shinobi hebat. Berdasarkan hal tersebut, artinya kekuatan Madara sudah jauh di atas banyak Kage dalam cerita Naruto.

Obito Uchiha

Masih dari klan Uchiha, sama seperti Madara, Obito merupakan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya perang besar ninja keempat. Menjadi salah satu anggota klan Uchiha, Obito tentunya merupakan karakter yang luar biasa. Bahkan, dibawah pengawasan Madara, Obito tumbuh menjadi sosok yang bahkan jauh lebih kuat lagi.

Berkat sel milik Hashirama, dia memiliki kekuatan chakra yang hampir tidak tehingga dan kemampuan Mangekyo Sharingan miliknya membuat Obito menjadi lawan yang berbahaya bagi siapapun. Selain itu, Obito juga pernah menjadi Jinchuuriki  bagi monster ekor sepuluh. Dengan semua hal tersebut wajar jika kemudian Obito memiliki level kekuatan di atas seorang Kage.

Jigen

Jigen merupakan pemimpin dari organisasi teroris bernama Kara. Dia juga memiliki kemampuan segel Karma seperti yang dimiliki oleh Boruto Uzumaki, yang artinya dia sudah memiliki kekekuatan dari salah satu anggota klan Otsutsuki. Jigen sendiri belum pernah diperlihatkan bertarung dengan kekuatan penuh yang artinya, kita masih belum tahu sampai sejauh mana level kekuatan Jigen.

Namun, dia pernah bertarung melawan Sasuke dan Naruto dalam mode Sage bersama-sama dan Jigen tidak terluka sedikit pun. Justru Sasuke dan Naruto yang harus berjuang keras, setidaknya untuk bisa serangannya mengenai Jigen. Semua kekuatan tersebut sebenarnya berasal dari kekuatan Otsutsuki, karena saat ini dia merupakan wadah bagi sosok Isshiki Otsutsuki dan biasanya seorang wadah klan Otsutsuki akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Kawaki

Kawaki awalnya diperkenalkan sebagai karakter antagonis di seri Boruto, tapi dia kemudian berubah jadi karakter yang lebih baik sekarang. Kawaki sempat diincar untuk jadi wadah bagi salah satu anggota klan Otsutsuki. Hal ini bukan tanpa alasan memang, karena di awal seriesnya kita bisa melihat bagaimana kekuatan Kawaki yang membuat Naruto serta Sasuke kewalahan.

Meskipun Sasuke dan Naruto sudah bertarung habis-habisan, nyatanya kekuatan Kawaki sangatlah dahsyat. Mereka berdua tidak mampu menghadapi Kawaki, dan beruntung Boruto muncul tepat waktu untuk menyelamatkan Naruto dan Sasuke.

Boruto

Boruto adalah karakter protagonis utama di seri Boruto: Naruto Next Generations dan dia adalah salah satu shinobi muda Konoha, yang punya potensi tinggi untuk menjadi shinobi hebat. Apalagi dia adalah anak dari Naruto. Seperti yang kita tahu, umurnya mungkin masih muda tapi Boruto sudah banyak menguasai Jutsu-Jutsu dahsyat seperti Rasengan dan Kagebunshin.

Dengan segel Karma yang dia miliki, Boruto memiliki kemampuan yang sebenarnya jauh lebih dahsyat dari seorang Kage. Bahkan, bisa dibilang kekuatan Boruto berpotensi melebihi kekuatan Naruto dan para Kage lainnya. Hanya tinggal menunggu waktu saja, bagi Boruto untuk berevolusi menjadi sosok ninja yang mematikan.

Avatar
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.