Mengapa Monkey D. Dragon sangat berhasrat untuk menghancurkan Pemerintah Dunia, dalam hal ini adalah kaum naga langit, dan bukan pihak angkatan laut? Itulah yang masih menjadi misteri sampai saat ini dan membuat fans penasaran. Ada banyak teori yang beredar tentang sosok Dragon dan juga masa lalunya. Misalnya ada teori bahwa Dragon dulunya adalah seorang perwira angkatan laut atau seorang agen Cipher Pol.

Namun, kecil kemungkinan bahwa Dragon dulunya adalah angkatan laut, karena tidak ada satupun yang menyadari kehadirannya saat Reverie sebelumnya, ketika di Alabasta Saga kita diberikan flashback dari Reverie kecil. Melihat dari reaksi Wapol, Dragon sepertinya tidak banyak dikenal orang, dan mereka tidak menganggap Dragon sebagai ancaman besar jika memang Dragon dipecat dari angkatan laut dan memiliki posisi tinggi.

Kita tentu tahu bagaimana terkejutnya orang-orang ketika Kuzan memutuskan keluar dari angkatan laut. Dan itulah reaksi orang-orang yang seharusnya jika memang Dragon dulunya angkatan laut dan memiliki posisi penting. Jadi, itulah kemudian alasan mengapa Monkey D. Dragon bukanlah mantan perwira angkatan laut. Lalu, bagaimana dengan teori bahwa Dragon adalah mantan agen CP?

Teori tersebut mungkin masih bisa masuk akal, karena mereka memang bergerak dibalik bayang-bayang. Mereka adalah sosok misterius yang memiliki tugas rahasia. Ide bahwa Dragon dulu pernah menjadi agen Cipher Pol lalu memutuskan keluar karena tidak tahan dengan semua tugasnya, dan memutuskan untuk menghancurkan mereka, juga masih dirasa masuk akal.

Tapi, ada sebuah masalah kecil dalam teori ini yaitu sejauh ini belum pernah ada agen Cipher Pol yang keluar atau dikeluarkan dari organisasinya. Sehingga kita belum pernah melihat ada orang yang memiliki posisi mantan agen Cipher Pol. Sedari awal mereka direkrut untuk menjadi agen Pemerintah Dunia, melayani mereka, dan bekerja sebagai pembunuh atau mata-mata bagi mereka.

Bagaimana mungkin Dragon bisa dengan mudah keluar dari organisasi tersebut? Belum lagi, Dragon pasti memiliki informasi rahasia yang dia bawa semasa masih aktif di CP. Mereka semua sudah dicuci otak sejak kecil. Jika Dragon adalah bagian dari Cipher Pol, bagaimana mungkin Dragon bisa bertahan dari program cuci otak World Government alias WG?

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana jika Dragon sangat ingin menghancurkan kaum naga langit bukan karena dia dulunya mantan angkatan laut atau agen pemerintah, melainkan karena sudah menjadi warisan dari klannya atau keluarganya? Kita semua tahu bahwa Dragon adalah bagian dari ‘D.’ seperti halnya Luffy, Roger, Garp, Law, Ace, dan masih banyak lainnya.

Dan kita juga pasti tahu bahwa klan atau keluarga D. adalah musuh bagi semua orang, mereka dibenci dan tidak disukai oleh semua orang. Tapi, para keturunan D. secara “rahasia” mewariskan nama tersebut dari generasi ke generasi. Mengapa harus secara rahasia? Mengapa mereka menjadi musuh bagi semua orang? Itulah yang juga masih menjadi sebuah pertanyaan besar.

Spekulasi yang beredar adalah klan D. memiliki koneksi dengan kerajaan kuno, seperti yang dijelaskan oleh Clover. Kerajaan kuno memiliki musuh yang mengancam keutuhan kerajaan mereka dan itulah mengapa mereka kemudian mewariskan informasi yang terjadi pada saat itu melalui Poneglyph. Dan Pemerintah Dunia sendiri, dengan semua kekuatannya, berusaha untuk menghapus Kerajaan Kuno dari sejarah.

Mengingat betapa berpengaruhnya klan D dan bagaimana pihak WG begitu membenci klan D, ada kemungkinan bahwa dulunya klan D adalah penguasa di kerajaan kuno. Mereka mungkin adalah keluarga sekaligus kekuatan yang pada saat itu berhasil menguasai dan mengendalikan dunia. Tapi, kemudian banyak negara-negara kecil atau wilayah kecil yang lelah dikendalikan oleh mereka sehingga para negara-negara tersebut memutuskan untuk melawan dan mengahancurkan mereka.

Dan alasan Pemerintah Dunia, setelah berhasil menghancurkan kerajaan kuno, membangun organisasi yang kita ketahui saat ini adalah untuk menggantikan posisi mereka sebagai penguasa dunia. Para penguasa tersebut sengaja menghapus klan D dan sejarah kerajaan kuno karena jika hal tersebut diketahui oleh banyak orang, maka orang-orang tidak akan lagi menghormati kaum naga langit dan Pemerintah Dunia, dan justru akan mendukung klan D.

Disanalah Dragon kemudian muncul. Dragon adalah sosok yang dianggap sebagai kriminal yang paling berbahaya dan ditakuti oleh orang-orang di Pemerintah Dunia seperti halnya Roger. Hal ini bisa dilihat dari reaksi orang-orang ketika mereka mendengar nama Dragon. Jadi, Dragon mungkin memiliki kesamaan dengan Roger, yaitu dia sudah mengetahui sejarah sebenarnya dari dunia ini. Dragon tahu apa yang sebenarnya terjadi pada 800 tahun yang lalu.

Itulah mengapa Dragon lebih ditakuti dan lebih populer dibandingkan Whitebeard, yang notabene sama mengerikannya seperti Roger. Dragon sadar betapa jahat dan serakahnya Pemerintah Dunia yang sebenarnya dan bagaimana mereka menghancurkan dan mengambil alih kekuasaan nenek moyangnya. Karena itulah dia kemudian membentuk Pasukan Revolusi, untuk mengambil alih kembali warisan nenek moyangnya.

Dan bagi para pengikut Dragon, ini adalah upaya mereka untuk merebut kembali wilayah yang berada dalam kekuasaan Pemerintah Dunia. Menurut “ramalan” yang ada dalam ceritanya, disebutkan bahwa klan D. akan membawa badai besar kembali. Dan mungkin badai tersebut akan dibawa oleh Dragon – dan klan D lainnya – di akhir ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.