Dalam episode terbaru The Mandalorian musim kedua berjudul The Jedi, Din Djarin dan Baby Yoda tengah menuju kuil Jedi Kuno di planet Tython. Tython adalah sebuah tempat kelahiran Je’Daii Order (pendahulu Jedi) dalam Star Wars Legends. Sayangnya Star Wars Legends dikeluarkan dari cerita utama setelah akuisisi Lucasfilm oleh Disney. Namun, Tython baru-baru ini diperkenalkan kembali ke cerita utama melalui komik Star Wars Doctor Aphra. Lalu apa itu Tython dan kuil Jedi dalam semesta Star Wars?

Tython & Kuil Jedi dalam Star Wars Legends

Dalam Star Wars Legends, iterasi pertama Jedi muncul puluhan ribu tahun lalu sebelum dimulainya Star Wars: A New Hope. Seri komik Star Wars: Dawn of the JediForce Storm menjelaskan sejarah planet Tython dan bagaimana tempat tersebut menjadi tempat terbentuknya Jedi Order. Dalam Star Wars Legends, Tython adalah planet yang terletak di Deep Core, sebuah tempat misterius di galaksi Star Wars. Di galaksi sendiri, ada beberapa kuil besar yang disebut Tho Yor yang terhubung ke piramida pusat di Tython. Suatu hari, delapan Tho Yor mulai “berbicara” kepada orang-orang, dan mengundang mereka pemilik kekuatan the Force untuk masuk ke Tho Yor untuk menemukan pencerahan.

Mereka yang terpanggil kemudian dibawa ke Tython, di mana mereka pada akhirnya membentuk Ordo Je’Daii dan menganggap the Force seperti sebuah agama. Di Tython, Je’Daii pertama kali menemukan sisi gelap (dark side) dan terang (light side) dari the Force, dan disitulah mereka memperlajari tentang pentingnya menjaga keseimbangan di antara sisi gelap dan terang. Planet Tython memiliki dua bulan, satu bernama Ashla dan satunya lagi bernama Bogan. Ketika kedua bulan tidak sejajar, maka Tython akan mengalami badai dan gempa bumi hebat. oleh karena itu Je’Daii kemudian menggunakan koneksi mereka ke the Force untuk menjaga keseimbangan dan menjaga kestabilan Tython, dan membangun peradaban besar di sana dengan bantuan the Force.

Namun suatu ketika, dark side dan light side dalam diri para Je’Daii akhirnya saling berbentrokan, yang mengakibatkan adanya perang saudara. Setelah itu orang-orang di light side membentuk Jedi Order, yang sepenuhnya didedikasikan untuk pengguna light side dari the Force.

Apa Arti Kuil Jedi Tython untuk Baby Yoda.

Di episode berjudul The Jedi, setelah Mando membantu Ahsoka membebaskan kota terdekat, Ahsoka menyarankan cara lain untuk membantu Baby Yoda. Ahsoka lantas menyuruh Mando untuk membawa Baby Yoda ke Kuil Jedi di puncak gunung Tython dan menempatkannya di atas “seeing stone” di mana Baby Yoda dapat menggunakan hubungannya dengan the Force untuk memanggil Jedi yang lain. Atau Baby Yoda dapat memilih untuk meninggalkan kekuatan the Force dan membiarkan kekuatan tersebut memudar. Inilah pentingnya Tython dan kuil Jedi. Baby Yoda dapat menjangkau atau berinteraksi dengan Jedi mana pun yang tersisa setelah pembersihan Order 66 terjadi, meskipun tidak banyak dari Jedi yang tersisa.

Ini juga merupakan kesempatan bagi Jedi muda atau dalam hal ini Baby Yoda untuk memutuskan nasibnya sendiri, apakah nantinya ia akan melanjutkan pelatihan yang dia mulai di Coruscant dan pada akhirnya menjadi seorang Jedi Master yang hebat, atau apakah Baby Yoda pada akhirnya ingin melepaskan hubungannya dengan the Force. Menarik untuk melihat apa yang dilakukan Baby Yoda diatas “seeing stone” dan siapa yang akan berinteraksi dengan Baby Yoda.

Selain itu, kunjungan ke Tython mungkin juga akan beresiko bagi Din Djarin. Dalam Star Wars Legends, mereka yang tidak memiliki kemampuan the Force harus diusir dari planet Tythan, karena bagi mereka yang tidak memiliki the Force akan sangat berbahaya. Perjalanan untuk mencapai sana pun sangat berbahaya, karena tempat tersebut jarang dikunjungi dan sebagain besar tempat tersebut memiliki misteri.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/