Meski menjadi anggota Avengers paling kuat, tetapi Hulk tidak mampu mengalahkan Iron Man di film Avengers: Age of Ultron. Di akhir pertempuran, Hulk diceritakan kalah dalam pertarungan, dan itu menandai pertama kalinya Hulk kalah dalam pertarungan satu lawan satu melawan karakter MCU lainnya.

Pertarungan Hulk dengan Iron Man di film Age of Ultron terjadi karena Hulk dipengaruhi kekuatan Scarlet Witch. Hulk terus mengamuk sampai tiba-tiba Iron Man muncul untuk meredam amukan Hulk. Tony Stark menghadapi Hulk dengan sebuah armor khusus bernama Hulkbuster. Berkat Hulkbuster, Tony memberikan ancaman yang cukup serius bagi Hulk. Setelah memberikan pukulan yang brutal, Hulkbuster berhasil memenangkan pertarungan dan membuat Hulk pingsan.

Sebagai karakter terkuat di Marvel, kekalahan Hulk dari Hulkbuster adalah sesuatu yang mengejutkan. Tony dan Banner sebelumnya telah merancang sedemikian rupa armor Hulkbuster untuk mengalahkan Hulk. Tetapi di satu sisi, Hulk adalah sosok yang tidak terkalahkan, bahkan ia berhasil memenangkan semua kontes pertarungan yang brutal. Tetapi kekalahan Hulk sepertinya terjadi karena pukulan terakhir yang Hulkbuster berikan pada Hulk.

Sebenarnya di awal pertempuran, Hulk berhasil memenangkan pertarungan setelah ia menabrakan sebuah gedung, sehingga menyebabkan gedung tersebut runtuh dan menimpa Hulkbuster dan Hulk. Tetapi setelah keluar dari puing-puing, Hulk kehabisan nafas dan tiba-tiba ia dipukul wajahnya oleh Hulkbuster. Serangan mendadak inilah yang membuat Iron Man menang melawan Hulk. Mengenai mengapa Hulk dapat dikalahkan oleh serangan tersebut, perlu diingat bahwa kekuatan Hulk dipicu oleh emosi atau kemarahan yang ada dalam dirinya. Ketika gedung tersebut menimpa Hulk, emosi Hulk menjadi terganggu. Hulk kemudian kembali sadar saat, tetapi Hulkbuster kemudian memukulnya dengan telak.

Artinya pada saat itu, emosi atau kemarahan Hulk sudah berkurang drastis dan Hulkbuster dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk menang. Dengan kata lain, Hulkbuster akan kalah jika kemarahan Hulk tidak mereda. Ada suatu titik dalam pertarungan ketika Stark mendominasi, tetapi yang dia lakukan hanyalah membuat Hulk lebih marah dari sebelumnya. Setelah Hulk semakin marah, maka itu menguntungkan bagi Hulk karena ia akan semakin kuat.

Jika pertarungan terus berlanjut tanpa adanya gangguan, Hulk tentunya akan memberikan pukulan telak pada Hulkbuster, hingga pada akhirnya Hulkbuster akan kalah. Dalam film Thor: Ragnarok, kita pun diperlihatkan saat Hulk harus kalah melawan Thor. Bahkan Hulk harus dibantu oleh Grandmaster untuk mengalahkan Thor. Hal tersebut terjadi sama seperti saat Hulk melawan Hulkbuster, di mana kemarahan Hulk belum memasukin puncaknya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/