Jadwal perilisan Cyberpunk 2077 sudah hampir tiba, dan setelah penantian panjang, para fans akhirnya bisa merasakan semua atmosfer yang ada di sebuah kota distopia fiksi bernama Night City. Para pemain nantinya akan berperan sebagai V dan bertemu dengan karakter-karakter aneh seperti Rockerboy Johnny Silverhand, sebuah “hantu digital” yang muncul di dalam kepala V – yang diperankan oleh Keanu Reeves.

Kemunculan Johnny Silverhand di cerita gamenya bukan hanya sekedar pelengkap saja. Karena nyatanya ada cerita yang lebih mendalam dari sosok Johnny Silverhand. Johnny Silverhand adalah karakter yang paling populer di dunia Cyberpunk, bahkan jauh sebelum kemunculannya di game Cyberpunk 2077. Johnny merupakan bagian dari sebuah kelompok pemberontakan, yang mana kelompok tersebut melawan kepemimpinan totaliter, yang disebut sebagai Rockerboys.

Hiro Studios

Meskipun kebanyakan anggota dari Rockerboys adalah para musisi musik rock, yang menyuarakan protes mereka melalui musik beraliran kencang, tapi ada juga anggota yang bukan merupakan musisi. Mereka adalah orang-orang yang memang bergelut di dunia seni, terutama seni jalanan (street art). Johnny adalah salah satu orang yang ikut membantu terbentuknya kelompok tersebut.

Johnny Silverhand sendiri dulunya adalah seorang musisi dan melalui bandnya dia kemudian bangkit dan menjadi figur yang dikenal di seluruh dunia. Lahir dengan nama Robert John Linder, Johnny adalah seorang veteran perang, yang mana dia sempat bertugas selama konflik di Amerika Tengah. Jengah melihat dan mengalami apa yang sudah dia lihat, dia kemudian memutuskan membentuk sebuah band yang menyarakan protes terhadap pemerintah.

Uniknya, nama band Johnny tersebut adalah Samurai. Robert kemudian mengganti namanya menjadi Johnny Silverhand, berkat lengan besi sibernetik dari Arasaka – sebuah perusahaan teknologi di dunia Cyberpunk – yang dia dapatkan setelah dia kehilangan lengannya saat perang. Band Samurai ternyata meledak di pasaran dengan lagu-lagu mereka yang mengkritisi pemerintah, yang mana kepopuleran ini menjadi awal lahirnya Rockerboys.

Setelah Samurai bubar, Johnny memutuskan untuk menjadi seorang seniman solo. Dia masih terus menyebarkan pesan pemberontakan kepada orang-orang, dan Johnny justru semakin dikenal dunia. Kepopuleran tersebut membuat Johnny bertemu dengan kekasihnya, Alteria Cunningham (alias Alt), seorang peretas brilian yang merupakan pencipta dari sebuah program komputer bernama Soul Killer.

Program tersebut mampu menyalin pikiran seseorang dan kemudian membuat salinannya, untuk kemudian disimpannya di sebuah mainframe. Tapi, kehidupan Johnny dan Alt berubah ketika Arasaka berhasil mengendus keberadaan program tersebut. Arasaka mengirimkan pasukan mereka untuk menculik Alt dan membawanya ke markas mereka, sebuah benteng kuat.

Perusahaan tersebut menginginkan program yang dibuat Alt dan mereka tidak akan berhenti sampai tujuan mereka tercapai. Johnny, yang marah dengan kejadian ini, kemudian bersumpah untuk mendapatkan kembali Alt. Johnny kemudian merekrut rekan-rekan di bandnya dulu untuk bermain musik di depan gedung Arasaka. Hal ini dilakukan sebagai pengalih perhatian, dimana ketika kerusuhan terjadi Johnny perlahan menyelinap masuk.

Sayangnya, ketika Johnny berhasil masuk ke dalam bersama para demonstran lainnya, Johnny melihat Alt sudah tewas. Tubuhnya tergeletak tidak berdaya di depan mereka, dan pikirannya tersimpan di sebuah mainframe. Sejak saat itu, cerita tentang Johnny Silverhand menjadi sangat kelam. Orang-orang banyak berspekulasi tentang apa yang terjadi kepada Johnny ketika mengetahui dia terkepung di dalam gedung Arasaka.

Sebagian orang percaya bahwa Johnny tewas di tangan Adam Smasher, seorang tentara bayaran gila yang dikontrak untuk menjadi pembunuh bayaran bagi Arasaka. Namun, tubuh atau jenazah dari Johnny sendiri tidak pernah ditemukan. Selama puluhan tahun, para penduduk Night City meratapi kehilangan Johnnya. Graffiti di seluruh kota pun dipenuhi oleh pertanyaan simpel, “dimana Johnny?”

Keberadaan Johnny sendiri masih menjadi misteri yang mungkin akan terjawab di game Cyberpunk 2077, yang bersetting puluhan tahun setelah menghilangnya Johnny. Bagaimana caranya Johnny bisa muncul di dalam kepala sang protagonis V? apakah Johnny merupakan hantu digital yang pikirannya terunggah di sebuah mainframe tersembunyi, atau dia sebenarnya masih hidup secara fisik? Satu hal yang pasti, Johnny Silverhand akan memiliki peran penting di gamenya. Johnny mungkin akan memimpin V untuk membalas dendam terhadap Arasaka.

Hiro Studios