Cerita Galactic Patrol Prisoner dari seri manga Dragon Ball Super akhirnya selesai, dengan Son Goku yang berhasil mengalahkan musuh yang memiliki kekuatan yang luar biasa yaitu Moro. Meskipun sebagian para fans kecewa karena mereka tidak bisa melihat Vegeta ikut memberikan serangan terakhir kepada sang penyihir tersebut, namun sudah jelas seperti yang diperlihatkan di chapter baru kemarin bahwa Goku masih membutuhkan Vegeta untuk mengalahkan musuh.

Goku membuat banyak kejutan dengan berbagai gerakan dahsyat dan hebat saat pertarungan melawan Moro. Goku juga melakukan berbagai hal-hal yang baik seperti memeberikan biji senzu untuk mengembalikan staminanya – meskipun Goku tahu bahwa Moro pasti akan memanfaatkan hal tersebut – serta menolak untuk membunuh Moro ketika dia sudah lemah.

Sayangnya, Moro justru menggunakan kekuatan Merus dan menyatu dengan bumi yang mana hal tersebut terpaksa membuat Goku untuk melakukan hal yang tidak ingin dia lakukan untuk menyelamatkan alam raya ini. Beruntung bagi Goku, bahwa dia tidak sendirian dalam pertarungan tersebut karena Vegeta berhasil menggunakan teknik barunya yaitu Forced Spirit Fission.

Dragon Ball Super VegetaTeknik baru Vegeta tersebut bukan hanya mampu menguras energi yang diserap oleh Moro, tapi juga memberikan kekuatan kepada Goku secara langsung untuk menyelamatkan dunia. Sayangnya, bantuan kekuatan dari Vegeta tersebut nyatanya tidak cukup untuk mengalahkan form terbaru dari Moro. Justru Vegeta yang berhasil dikalahkan oleh Moro, yang kembali menyerap kekuatan dari anak buahnya. Dan puncaknya Vegeta tidak mampu menghadapi Moro ketika dia menyatu dengan bumi.

Berkat batuan dari Uub, reinkarnasi dari Kid Buu, Goku kemudian diberikan energi yang cukup untuk mengalahkan Moro dan menyelamatkan bumi. Banyak fans yang kecewa dan sedih bahwa bukan Vegeta yang kemudian menghancurkan Moro, tapi para fans lainnya berusaha memberikan semangat dengan membeberkan fakta bahwa Vegeta tetap menjadi sosok penting dalam cerita ini.

Goku mungkin memang berhasil melampaui Vegeta dalam masalah kekuatan, tapi Vegeta mampu menggunakan kecerdasannya dan juga berbagai gerakan mematikannya untuk menutupi kelemahan dari Goku. Hal ini seolah membuktikan bahwa Goku memang masih membutuhkan Vegeta dalam petualangannya. Untuk segi plot pun Vegeta adalah salah satu alat cerita yang sangat baik, dimana para fans akan dibuat penasaran dengan apa hal selanjutnya yang akan dilakukan oleh Vegeta ketika Goku berhasil melampaui pencapaiannya.

Harus diakui bahwa Goku dan Vegeta adalah “satu paket” karakter yang memang tidak bisa terpisahkan. Seperti yang sudah lama diperlihatkan dalam ceritanya, Goku dan Vegeta memang dibuat untuk menjadi rival abadi.  Dengan acara Jump Festa yang akan digelar pada bulan depan, berbagai spoiler baru untuk Dragon Ball Super mungkin akan disampaikan di panelnya. Kita nantikan saja kabar terbaru dari seri manga ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.