Salah satu misteri terbesar dari seri One Piece, selain One Piece itu sendiri, adalah tentang arti dari tekad D atau Will of D. Tekad D tersebut pertama kali disebutkan oleh Dr. Kureha dalam ceritanya, namun sampai saat ini masih belum ada penjelasan mengenai apa sebenarnya arti dari Will of D tersebut.

Tekad D sendiri disebut-sebut akan bangkit di era Luffy ini, karena Luffy adalah kunci untuk kembali menyalakan semangat tersebut. Meskipun arti sebenarnya masih sangat misterius, namun para fans sendiri banyak yang melontarkan teori atau spekulasi tentang apa arti sebenarnya dari Tekad D tersebut. Lalu, apa saja teori yang dimiliki para fans tentang arti Tekad D?

Dawn

Ini adalah teori yang paling banyak dibicarakan oleh para fans. Salah satu alasan terbesar mengapa arti “D” tersebut adalah dawn adalah karena chapter pertama dari One Piece disebut sebagai Romance Dawn. Selain itu, alasan lainnya adalah ada banyak karakter dalam ceritanya yang menyebutkan tentang “Dawn of the world” atau kebangkitan/fajar dunia sebagai sebuah peristiwa besar yang akan dihadirkan oleh kru Topi Jerami.Salah satu contoh karakter yang membahas tentang dawn adalah Kozuki Toki. Sebelum kematiannya, Toki sempat meramalkan bahwa akan ada seseorang yang akan membawa sebuah cahay baru bagi dunia ini. Yamato sendiri menyangka bahwa Momonosuke adalah sosok yang diramalkan oleh Toki, namun bisa jadi sebenarnya adalah Luffy.

Devil

Teori bahwa “D” berarti Devil juga merupakan salah satu teori yang sudah cukup lama beredar di kalangan para fans. Teori ini muncul setelah muncul sebuah pernyataan bahwa klan D adalah musuh bagi para dewa – dalam hal ini adalah para kaum naga langit dan Pemerintah Dunia. Apa musuh sejati dari para dewa? Tidak lain dan tidak bukan adalah sang iblis.

Pemerintah Dunia dan kaum naga langit menyebut diri mereka sendiri sebagai dewa atau tuhan dan berpura pura menjadi kelompok yang menjalankan dunia ini. Mereka juga memerankan sosok karakter yang baik dengan mengalahkan para penjahat yang tidak lain adalah bajak laut. Tapi, faktanya adalah merekalah yang justru berbuat jahat. Mereka tidak ingin rahasia buruk tersebut terbongkar. Luffy dan klan D adalah orang-orang yang secara jelas menentang mereka. Karena itulah mereka disebut sebagai iblis.

Dream

Dari sekian banyak teori tentang D – termasuk dua poin di atas – rasanya “dream” adalah arti yang paling mendekati. Sebelum tewas Roger sempat mengatakan bahwa One Piece adalah “sesuatu yang selama ini setiap orang impikan”, dan kita tahu bahwa Tekad D. dan juga One Piece memiliki sebuah koneksi yang mendalam. Cerita dari para kru Topi Jerami berisi berbagai mimpi yang ingin mereka raih.

Secara keseluruham One Piece adalah sebuah cerita dimana karakter yang paling kuat adalah karakter yang memiliki tekad atau mimpi yang sangat besar untuk diwujudkan. Dan semenjak mimpi-mimpi tersebut erat kaitannya dengan kebebasan, menggulingkan kekuasaan Pemerintah Dunia yang sudah mengunci dan mengurung kebebasan orang-orang menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi besar tersebut.

Itulah mengapa klan D adalah musuh dari para dewa, karena klan D biasanya sangat menyenangi atau menyukai kebebasan. Kita bisa melihat Roger, Dragon, atau bahkan Luffy yang sangat menjunjung tinggi kebebasan. Dia tidak senang dengan semua aturan yang mengikat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.