Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa pandemi COVID-19 mempengaruhi semua sektor kehidupan. Banyak orang yang dirugikan dengan adanya pandemi ini, termasuk juga industri hiburan. Ada banyak proyek film yang terpaksa harus ditunda proses perilisannya atau proses produksinya dikarenakan adanya pandemi ini. Salah satu contohnya adalah proyek seri live-action One Piece.

Berbicara mengenai One Piece, kreator serinya yaitu Eiichiro Oda sempat mengatakan pada 2019 kemarin bahwa dia akan mengakhiri cerita One Piece dalam lima tahun kedepan. Hal ini juga kembali diungkapkan oleh Oda Sensei di tahun 2020, yang juga didukung oleh salah satu editornya – sempat disangkal namun akhirnya dikonfirmasi. Namun, sepertinya rencana untuk mengakhiri cerita dalam lima tahun kedepan akan berubah dengan adanya pandemi COVID-19.

Hal ini diketahui dalam sebuah sesi wawancara Eiichiro Oda dengan salah satu stasiun TV Jepang, Fuji TV. Seperti yang dikutip dari Comicbook.com salah satu akun Twitter, Ranobe Sugoi (yang sudah dihapus cuitannya) menjelaskan bahwa Oda mengoreksi ucapannya yang sebelumnya tentang akan mengakhiri One Piece dalam lima tahun. Oda mengatakan bahwa kru Topi Jerami memang sudah sangat dekat dengan cerita akhirnya.

He also changed the answer about manga completion from 5 years in last interview to 10 years if the situation of COVID-19 pandemic remains the same.

— Ranobe Sugoi (+) (@RanobeSugoi) November 26, 2020″

Tapi, dengan adanya pandemi COVID-19 Oda mengatakan bahwa ada kemungkinan ceritanya tidak akan selesai dalam lima tahun kedepan melainkan sepuluh tahun kedepan. Oda memberikan catatan, bahwa waktu sepuluh tahun tersebut akan terjadi jika memang COVID-19 masih ada dan situasi masih belum banyak berubah. Dan hal ini rasanya memang dirasa masuk akal.

Namun, kabar ini kemudian kembali diluruskan oleh salah satu fan yang terkenal akan dedikasinya terhadap manga One Piece, Arthur. Arthur menjelaskan bahwa ucapan dari Oda Sensei tersebut memang sudah menjadi hal yang “umum” karena sudah sejak lama Oda mengatakan hal yang sama. Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa cerita One Piece memang sudah medekati akhir, dan dengan adanya konfirmasi bahwa One Piece akan segera berakhir, maka besar kemungkinan kali ini memang serinya akan selesai.

Terlepas dari itu semua, banyak franchise anime dan manga yang terkena dampak pandemi ini, dengan banyaknya chapter dan episode baru yang harus ditunda akibat adanya COVID-19. Sebagian franchise ada yang sudah kembali seperti semula. One Piece sendiri sempat harus mengalami kendala, meskipun kemudian sekarang situasinya sudah kembali semula dengan tayang setiap minggu – baik anime maupun chapternya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian senang cerita One Piece masih panjang?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.