Tobi Adalah Obito

Ketika kita pertama kali diperkenalkan sosok Obito, mungkin banyak yang sadar jika dia sebelumnya menggunakan nama Tobi. Tobi merupakan alter ego dari Obito yang memiliki sifat dan perilaku yang berbanding terbaik dari Obito. Dia sering bertindak konyol dan menjadi “hiburan” bagi Akatsuki. Tapi, sebenarnya hal itu  berasal dari White Zetsu.

Berdasarkan databook keempat ternyata hal tersebut ada kaitannya dengan topeng yang dipakai Tobi, yang terbuat dari tubuh White Zetsu. Alter ego dari Obito ini membuatnya bisa bekerja dibalik layar dalam mengatur berbagai rencana Akatsuki kedepannya, dan memastikan agar semua rencana tersebut berjalan dengan baik. Sebagian tubuh White Zetsu yang ada di diri Obito membantunya membentuk topeng yang digunakannya sehari-hari, sampai akhirnya identitasnya terbongkar.

Neneknya Merupakan Satu-satunya Keluarga Obito

Sama seperti Naruto, Obito juga tumbuh besar tanpa kehadiran orang tuanya. Dalam cerita manga, dikisahkan Obito tinggal sendiri namun dalam versi anime terungkap bahwa dia memiliki seseorang yang sangat peduli terhadapnya, yaitu neneknya. Dalam anime tersebut dijelaskan bahwa neneknya merupakan satu-satunya keluarga Obito yang masih tersisa, yang menjadi penjaganya.

Neneknya sendiri muncul dalam salah satu episode filler atau sampingan dari anime Naruto Shippuden. Meskipun dia hanya muncul dalam satu episode saja, kita bisa melihat bagaimana rumah yang ditinggali oleh Obito ketika dia tinggal bersama neneknya. Sebagai seorang nenek, dia hanya berharap Obito memiliki masa depan yang cerah meskipun dia tidak mengetahui masa depan yang gelap sudah menanti Obito.

Penggunaan Mangkeyou Tidak Membutakan Obito

Buat Geeks yang familiar dengan bagaimana sistem kerja Mangkeyou Sharingan, pastinya akan tahu ketika penggunanya mengakses kekuatan ini maka pengguna tersebut buta jika digunakan secara berlebihan. Itulah sebabnya Kakashi dan Itachi akan mengeluarkan darah ketika mereka mengakses kekuatan ini. Namun, hal ini tidak berlaku kepada Obito Uchiha.

Ketika Obito menggunakan kekuatan Mangekyou Sharingan, dia tidak kehilangan kemampuan melihatnya dan masih mampu menggunakan kemampuan melihatnya dengan baik. Masih belum dijelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi, namun ada beberapa teori yang mendukung hal tersebut. Salah satunya adalah kemampuan menyembuhkan dari White Zetsu yang ada di dalam tubuhnya.

Obito Bukan Pengguna Senjutsu

Obito bisa menggunakan Kekkei Genkai, namun dia juga mampu menggunakan jutsu lainnya yang dahsyat yaitu Senjutsu atau jurus Six Path. Meskipun dia mampu menggunakan kemampuan Senjutsu, tapi sebenarnya dia bukanlah pengguna alami dari teknik ini. Setelah dia berhasil menciptakan justu Six Pathnya sendiri, Obito akhirnya mampu menggunakan kemampuan senjutsu untuk menjadi Jinchuriki dari monster ekor sepuluh.

Senjutsu sendiri merupakan teknik yang diberikan kepada mereka yang mampu menggunakan energi natural yang berasal dari dalam untuk mengakses kekuatannya. Hanya Sage of the Six Paths yang biisa menggunakan kemampuan ini dan para penerusnya. Namun, entah mengapa Obito mampu menggunakan kemampuan ini ketika dia merubah Jinchuriki yang sudah mati menjadi versi lain dari Six Paths Pain.

Penampilan Perdananya

Meskipun Obito muncul dalam seri Naruto Shippuden sebagai karakter antagonis utama, sebenarnya Obito sudah pernah muncul jauh sebelumnya. Dalam salah satu episode spesial yang membahas tentang Kakashi di seri Naruto, kita mengetahui tentang hubungan persahabatan antara KaKashi, Obito, dan Rin. Selain itu kita juga diperlihatkan bagaimana Kakashi mendapatkan mata Sharingan dari Obito, dan bagaimana dia seharusnya sudah mati.

Obito memiliki mimpi besar yang sama seperti Naruto, yaitu menjadi Hokage dari desa Konoha. Dia bahkan memiliki penampilan yang sama dengan Naruto, mulai dari baju yang dikenakan maupun sikap dan perilakunya. Hal ini menunjukan bahwa sebenarnya Obito dan Naruto memiliki banyak kemiripan. Obito kemudian mulai banyak muncul dalam cerita Naruto Shippuden.

Obito Pernah menggunakan Infinite Tsukoyomi

Sebelum pertarungan besar Naruto dan Obito dalam seri Naruto Shippuden, Obito sebenarnya pernah menggunakan teknik Infinite Tsukoyomi. Hal ini terjadi dalam salah satu film layar lebar Naruto, Road to Ninja. Dalam salah satu adegan, Obito menggunakan teknik Infinite Tsukoyomi ketika bertarung melawan Naruto dan Sakura.

Obito menggunakan teknik tersebut untuk menjebak keduanya dalam sebuah realita yang berbeda. Sayangnya, Infinite Tsukoyomi yang digunakan oleh Obito tidak terlalu kuat dan kekuatannya masih terbatas. Efeknya sama dengan teknik Genjutsu biasa, dimana korbannya akan terjebak dalam sebuah realita yang berbeda.

1
2