Menjadi alat untuk menghancurkan dunia, senjata kuno atau ancient weapons adalah tiga buah senjata legendaris yang memiliki bentuk berbeda-beda. Ketiga senjata kuno tersebut adalah Pluton, Poseidon, dan Uranus. Nama-nama tersebut diberikan dari kekuatan dewa-dewa yang memang mirip dengan kekuatan dari senjata tersebut. Menariknya, senjata kuno ini tidak hanya dalam bentuk benda saja tapi juga berbentuk makhluk hidup.

Dengan kedahsyatan yang dimiliki – dan juga terdapat rahasia gelap dibaliknya – senjata kuno merupakan alasan yang digunakan oleh Pemerintah Dunia untuk melarang berbagai program, atau upaya riset tentang abad yang hilang. Mereka beralasan bahwa jika orang-orang mengetahui tentang teknologi senjata kuno ini maka akan terjadi sebuah perang besar.

Pluton

Meskipun Pluton masih belum dimunculkan dalam ceritanya, namun Pluton direferensikan sebagai sebuah kapal laut kuno yang mampu membuat sebuah kehancuran yang sang sangat luar biasa mengerikan. Kabarnya, kapal tersebut dibangun di pulau Water 7 pada saat abad yang hilang, dan para tukang kapal disana kemudian menyimpan cetak biru dari Pluton demi keamanan.

Ketika cetak biru tersebut jatuh ke tangan orang yang salah, maka bisa dipastikan mereka akan membangun kapal tersebut untuk menyaingi kapal yang ada. Untungnya, kapal tersebut sekarang hilang ditelan bumi. Cetak birunya sendiri sudah diwariskan dari generasi ke generasi, sampai kemudian jatuh ke tangan Franky. Mengetahui benda tersebut akan menjadi masalah, Franky memutuskan untuk membakar cetak birunya. Namun, Franky sendiri sudah mengingat cetak birunya dan juga Poneglyph di Alabasta bisa memberikan informasi keberadaan kapalnya.

Poseidon

Banyak yang menyangka bahwa Poseidon adalah benda, seperti layaknya Pluton yang merupakan kapal. Namun, dugaan para fans tersebut kemudian terbantahkan ketika fakta memperlihatkan bahwa Poseidon adalah seorang puteri duyung yang pernah hidup di abad yang hilang. Duyung tersebut mampu berbicara dengan Sea Kings, makhluk laut paling mengerikan yang bisa memberikan kehancuran besar.

Sempat menjadi misteri, namun kemudian berbagai petunjuk ceritanya memperlihatkan bahwa Shirahoshi adalah Poseidon yang baru. Shirahoshi memiliki kemampuan untuk berbicara kepada ikan, dan seperti yang disebutkan dalam sebuah perbincangan antara Neptune dan Robin, SHirahoshi kini mewarisi titel “Poseidon” tersebut.

Uranus

Dibandingkan dengan kedua senjata kuno di atas, Uranus adalah senjata kuno yang sampai sekarang masih belum diketahui bentuknya. Apakah Uranus sebuah benda? Atau makhluk hidup? Semua masih menjadi misteri. Banyak yang kemudian berspekulasi mengenai bentuk dari Uranus. Ada yang menyebutkan bahwa uranus adalah gabungan dari manusia dan hewan. Contohnya adalah Momonosuke yang memiliki kemampuan untuk memerintahkan Zunesha.

Namun, ada juga teori lainnya yang menyebutkan bahwa kekuatan Luffy untuk bisa mengumpulkan orang adalah Uranus. Seperti yang kita ketahui, bahwa  Luffy memiliki semacam kharisma atau kekuatan yang mampu membuat orang lain percaya dan mau berjuang bersamanya. Itulah kekuatan besar yang paling mengerikan di lautan. Namun, mana yang benar, tentunya masih harus kita tunggu kelanjutannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.