Waralaba film Harry Potter begitu imajinatif dalam menunjukan berbagai makhluk yang hidup di dunia sihir. Kita dapat melihat rumah peri milik Dobby dan Kreacher, makhluk goblin seperti Griphook dan Bodrod, serta berbagai macam binatang buas dan monster mulai dari, Thestrals, Giants, anjing berkepala tiga, Nagini, dan masih banyak lainnya.

Meski ada banyak sekali makhluk yang ditampilkan dalam versi novelnya, namun sebagian dari mereka tidak pernah dimunculkan ke dalam layar lebar. Kedelapan film Harry Potter nampaknya tidak memiliki waktu yang cukup untuk menampilkan semua makhluk tersebut satu persatu. Jadi, supaya tidak penasaran, sekarang kita akan melihat 5 makhluk ciptaan JK Rowling yang tidak pernah muncul dalam film Harry Potter.

Nifflers

Kita mengenal makhluk kecil ini karena mereka muncul di film Fantastic Beasts. Mereka dikenal karena mampu mengendus jenis perhiasan, emas, dan harta karun dari jarak yang sangat jauh. Dalam buku The Order of the Phoenix, Doloros Umbridge, guru Defence Against the Dark Arts, mengetahui keberadaan makhluk tersebut. Lee Jordan bersama Weasley bersaudara, Fred, dan George, menempatkan Nifflers di dalam kantornya Dolores, yang menyebabkan kepanikan dan kekacauan. Dolores menyalahkan Rubeus Hagrid, padahal pelaku sebenarnya adalah mereka.

Flobberworm

Flobberworms adalah makhluk yang tidak berbahaya dan tidak dianggap menarik atau mengasyikkan. Di buku The Goblet of Fire, Draco Malfoy mengaku pernah diserang oleh makhluk tersebut kepada seorang wartawan Daily Prophet, Rita Skeeter. Selain itu, dalam buku The Prisoner of Azkaban, Hagrid pernah mengajari siswanya tentang Flobberworms setekah Buckbeak de Hippogriff menyerang Draco. Semua siswa menganggap Flobberworms adalah makhluk yang membosankan untuk dipelajari.

Blast-Ended Skrewts

Makhluk ini muncul dalam novel The Goblet of Fire, dan menjadi hewan yang disenangi oleh Hagrid. Skrewts memiliki dua kepala dan mampu menggigit, menyengat, dan membakar sekaligus, dan mereka bisa tumbuh hingga mencapai lebih dari 3 meter. Skrewt digunakan dalam tugas ketiga dalam Turnamen Triwizard, dengan Harry harus berjuang melewati mereka untuk mendapatkan hadiah. Skrewt dibenci oleh hampir semua orang di Hogwarts, termasuk trio Harry, Ron, dan Hermione.

Sphinx

Film Harry Potter: The Goblet of Fire tidak memperlihatkan tugas ketiga Triwizard secara detail. Karena itu pula, para penggemar tidak bisa melihat sosok Sphinx di film tersebut. Harry harus mengatasi Sphinx di labirin berbahaya, dan ia diberi teka-teki rumit yang berbahaya, meski pada akhirnya ia pun mampu memecahkannya.

Ghoul

Ketika Harry pertama kali mengunjungi kediaman keluarga Weasleys dalam buku The Chamber of Secrets, ia bertemu dengan sesosok menyerupai hantu yang dikenal dengan nama Ghoul. Ia adalah makhluk mengerikan yang menghabiskan waktunya untuk melakukan kebisingan, dan membuat keluarga Weasleys sangat kesulitan untuk tidur. Meski begitu, Ron mengubah makhluk itu agar menyerupai dirinya dengan spattergroit. Hal itu ia lakukan agar bisa menipu para Death Eaters yang ingin menyerangnya.