Siapa sosok karakter yang paling kuat di dunia One Piece? Pertanyaan itu mungkin sering kita dengar dalam sebuah diskusi diantara para fans. Dan ketika mendapatkan pertanyaan tersebut jawabannya mungkin adalah Kaido atau Whitebeard. Hal ini memang bisa dimaklumi karena kedua karakter tersebut memang bisa dibilang adalah dua karakter terkuat di One Piece.

Sengoku, Garp, dan para angkatan laut senior lainnya pun mengakui bahwa Whitebeard adalah sosok yang paling kuat di dunia. Bahkan, Whitebeard memiliki kekuatan untuk bisa menghancurkan dunia. Vivre Card Vol. 4 sendiri mengkonfirmasi bahwa Whitebeard mendapatkan julukan sebagai manusia paling kuat di dunia jauh sebelum Great Age of Pirates atau era besar bajak laut. Whitebeard memegang titel ini meskipun ada Roger pada saat itu.

Kaido merupakan salah satu dari empat penguasa samudera yang ada di dunia One Piece, dan dia memulai semua karir bajak lautnya dengan menjadi kru biasa di kelompok bajak laut Rocks D. Xebec. Namun, pasca peristiwa besar God Valley, Kaido kemudian membangun kru bajak lautnya sendiri. Dan setelah menghadapi berbagai macam musuh dan bertarung dalam berbagai pertempuran, Kaido akhirnya memiliki popularitasnya sendiri.

Tapi, sepertinya Eiichiro Oda tidak sependapat dengan para fans mengenai hal ini. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Oda Sensei dalam kolom SBS Vol 83. Salah seorang fans bertanya bahwa apakah ibunya lebih kuat dari Sakazuki ataupun beruang sekalipun – karena dia sebelumnya melakukan sebuah trik yang disarankan oleh Eiichiro Oda.

Dan Oda Sensei pun kemudian menjawab bahwa ibu adalah sosok yang jauh lebih kuat dari Kaido. Ibu adalah makhluk yang paling kuat di dunia, dan Oda Sensei sendiri meminta kepada para fansnya untuk tidak berani menantang ibu. Meskipun pertanyaan dari seorang fan tersebut dan juga jawaban dari Oda Sensei hanya bersifat candaan, tapi apa yang diungkapkan oleh Oda Sensei memang ada benarnya. Jadi, sayangilah ibu kalian ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.