Superman dikenal sebagai salah satu makhluk terkuat di DC Comics. Saking kuatnya, Superman bahkan dapat mendorong sebuah planet keluar dari orbitnya. Di sisi lain, Marvel memiliki sosok monster bernama Hulk dengan potensi kekuatan yang tak terbatas. Semakin marah Hulk, maka akan semakin kuat kekuatannya. Tapi mungkinkah jika Hulk sangat marah maka kekuatannya akan melebih Superman?

Seberapa Kuat Superman?

Kekuatan Superman tidaklah menentu selama beberapa tahun terakhir. Superman cukup kuat untuk mengangkat mobil di atas kepalanya. Bahkan di versi Superman yang lebih modern, ia dapat menahan lubang hitam alias blackhole. Superman mendapatkan kekuatannya dari matahari kuning dan semakin banyak energi matahari yang ia serap, maka Superman akan semakin kuat. Bahkan dengan kekuatan matahari, Superman cukup kuat untuk mengangkat beban 200 triliun ton hanya dengan satu tangan.

The Silver Age Superman memperlihatkan juga bahwa Superman dapat mendorong planet-planet dengan mudah. Bahkan ada salah satu versi Superman yang hidup di pusat matahari, dan ia menjadi dewa dengan kekuatan yang tidak terbatas. Jika kehebatan tersebut masih belum cukup, faktanya Superman bisa jauh lebih kuat dari itu. Jika Superman terkena radasi matahari biru, itu tidak hanya meningkatkan semua kekuatan Superman, tetapi itu juga memberinya beberapa kemampuan baru, yaitu kekuatan untuk memberikan kekuatan super pada orang lain

Itu menunjukkan bahwa Superman bahkan cukup kuat untuk menjadikan seseorang menjadi dewa. Superman tampak seperti makhluk tanpa batas kekuatan.

Seberapa Kuat Hulk?

Hulk di sisi lain memiliki kekuatan yang sangat berbeda dengan Superman. Hulk biasa mungkin hanya mampu mengangkat beban sekitar 70 ton, jumlah yang sedikit dibandingkan dengan Superman. Tetapi jika amarahnya semakin memuncak, dia mampu mengangkat beban lebih dari itu, dan menjadi sangat kuat. Jika Hulk marah, ia dapat mengangkat lebih dari 100 ton dan bahkan bisa melampaui batas itu.

Dalam alur cerita Secret Wars, Hulk dipaksa untuk menahan seluruh gunung yang diperkirakan memiliki berat 150 miliar ton. Bahkan ia menahan gunung tersebut dengan cukup lama. Bahkan itu bukan kekuatannya yang paling mengesankan karena dalam komik Marvel Comics #52, kekuatan Hulk jauh lebih hebat. Dalam komik tersebut, Hulk dapat menghancurkan sebuah asteroid yang lebih besar dari Bumi hanya dengan satu pukulan. Bahkan Hulk pernah hampir menenggelamkan sebuah benua ketika berjalan dalam wujud Hulk Worldbreaker.

Jadi apa yang selama ini menahan kekuatan besar yang dimiliki oleh Hulk? Pertama adalah alter ego Hulk yaitu Bruce Banner. Ialah sosok yang mencegah Hulk untuk menjadi mengerikan.

Bisakah Hulk Melampaui Superman?

Jelas bahwa Hulk adalah saingan terberat Superman. Tapi bisakah jika Hulk sangat marah, maka ia akan melebihi kekuatan Superman? Banyak penggemar yang mungkin memperdebatkan masalah ini, tetapi jawabannya adalah tidak. Walaupun kekuatan Hulk tidak terbatas, tetapi Banner terus menahannya. Hulk dapat mengakses kekuatan yang lebih besar, tapi cepat atau lambat kemarahan Hulk akan menyebabkan mereka berdua kelebihan beban dan akhirnya kelelahan, sehingga Hulk akan kembali ke bentuk semula yaitu Bruce Banner.

Di satu sisi, Banner mempertahankan batas kekuatan Hulk sehingga jika Hulk menjadi sangat buas atau tidak terkendali maka Banner memaksa Hulk untuk bertransformasi menjadi manusia. Tapi ada yang menarik saat Banner dan Hulk terpisah secara fisik. Perpisahaan Hulk dan Banner malah melemahkan keduanya. Bahkan mereka tidak dapat hidup lama tanpa satu sama lain.

Sementara itu hambatan dari kekuatan Superman hanya pada dirinya sendiri. Clark Kent pernah menyadari bahwa kekuatannya yang terus meningkat membuatnya menjadi bahaya bagi orang-orang di sekitarnya, sehingga Superman menciptakan batasan yang mencegahnya mengakses kekuatan penuhnya. Sumber kekuatan Superman juga lebih unggul dari Hulk. Superman tidak hanya lebih kuat ketika mendapatkan sinar matahari, tetapi dia juga bisa menjadi lebih kuat ketika mendapatkan radiasi matahari biru.

Avatar
Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.