Setelah sempat lama tertunda, film layar lebar Pokémon ke 23, Secrets of the Jungle, akhirnya dijadwalkan dirilis pada 25 Desember mendatang di Jepang. Kabar ini tentunya membuat para fans dari seluruh dunia merasa senang dan tidak sabar untuk segera menonton filmnya. Film ini kabarnya akan menghadirkan banyak mythical Pokémon baru, termasuk Zarude.

Di filmnya nanti, Ash dan Pikachu akan bertemu dengan Koko, Tarzam Pokémon kedua, yang dibesarkan oleh Zarude tua. Koko percaya bahwa Zarude adalah ayahnya, dan karena itulah dia memanggil Zarude dengan “Dada.” Sepertinya, Ash akan memperkenalkan kepada Koko dunia manusia, mengjarinya bahwa manusia bukan hanya adalah makhluk yang baik, tapi juga bisa menjalin hubungan baik dengan para Pokémon.

Zarude sendiri adalah Pokémon berjenis Dark-Grass, sebuah kombinasi yang sangat langka, serta memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Seperti yang diungkapkan dalam data Pokedex, Zarude hidup secara berkelompok, seperti monyet pada kehidupan nyata. Mereka akan secara agresif melindungi teritori atau wilayah mereka dari musuh dan hal inilah yang membuat Pokémon lain ketakutan.

Zarude – khususnya Dada – sendiri memiliki kemampuan untuk memanipulasi alam/hutan, dan hal ini dia lakukan untuk melindungi Koko dari bahaya, seperti yang diperlihatkan dalam trailernya. Ketika Koko tidak dalam kondisi berbahaya atau nyawanya terancam, Dada adalah sosok yang sangat baik dan periang. Dan hal ini dibuktikan dengan jalinan persahabatan yang terjalin diantara Koko dan Dada. Hal ini mungkin tidak akan terjadi jika Dada memiliki sifat tempramen yang sama seperti kelompoknya yang lain.

Adanya dua sifat alam yang berbeda daru Zarude tersebut dipraktikan juga dalam permainan videonya. Jungle Healing adalah sebuah gerakan penyembuhan yang membuat pemain bisa mengembalikan health point mereka dan juga status kondisi mereka – untuk melakukannya Zarude harus mencapai level 90 terlebih dahulu.

Meskipun hal ini tidak seekstrem mythical Pokémon lainnya (seperti Mew yang baru bisa mempelajari teknik Psychic di leve 100), intinya adalah jika Dada menggunakan teknik tersebut di filmnya, kita akan memahami mengapa Dada bisa hidup terpisah dari kelompoknya. Dan hal tersebut juga menjadi pesan bahwa untuk bisa kembali sembuh maka dia harus menjadi lebih kuat.

Menurut beberapa key art yang ada, sepertinya Zarudes di film ke 25 ini akan menjadi musuh, dan bukan teman. Apakah kemudian kelompoknya merasa bahwa Dada mengkhianati mereka dengan merawat seorang anak manusia dan memilih meninggalkan kelompoknya, atau justru mereka terjebak dalam konflik dengan manusia akibat adanya perluasan infrastruktur. Satu hal yang pasti adalah Zarude akan membawa konflik kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Zarude bukanlah mythical Pokémon pertama yang muncul dalam kelompok atau dalam jumlah banyak. Terlepas dari semuanya, Dada bisa dibilang adalah sosok Zarude yang paling unik karena dia mampu berpisah dari kelompoknya dan memilih untuk tinggal sendiri demi menjaga anaknya. Dan ini akan menjadi sebuah cerita yang menarik untuk dinantikan,