Eiichiro Oda merupakan seorang mangaka yang sangat populer dengan karyanya, One Piece. Oda Sensei sering kali membuat cerita yang luar biasa untuk seri manganya tersebut. Oda Sensei juga terkenal akan kecerdasannya, memberikan petunjuk di setiap gambar atau panel yang dia buat. Salah satu contohnya adalah petunjuk tentang arc yang akan muncul di ceritanya. Hal ini terlihat di sebuah gambar sampul yang memperlihatkan professor Tsukimi bersama dengan dengan empat makhluk kerdil.

Gambar tersebut bisa jadi petunjuk untuk arc selanjutnya karena para makhluk kerdil  masing-masing mereka menggunakan kostum atau pakaian yang mewakili suanasa tiap arc. Belum lagi keempat makhluk tersebut juga muncul di sampul lainnya saat bersama God Enel, masing-masing dari mereka pun memegang sebuah senjata yang benar-benar merepresentasikan tiap arc.

Kedua gambar tersebut juga menampilkan susunan para makhluk kerdil dengan sama. Dimulai dari paling kanan ada makhluk dengan baju tempur atau zirah. Sepertinya hal tersebut berkorelasi dengan arc Skypiea atau pulau langit. Pakaian tersebut mirip dengan pakaian yang dipakai oleh Gan Fall.

Lalu, makhluk selanjutnya adalah yang menggunakan pakaian militer serta helm. Hal tersebut dirasa cocok untuk merepresentasikan arc Marineford, yang mana hal tersebut terjadi setelah arc pulau langit, terlepas dari mereka terlebih dahulu masuk dalam cerita Water Seven dan juga Thriller Bark. Namun, arc Marineford tentunya menjadi salah satu sorotan utama dalam cerita One Piece.

Kemudian makhluk yang ketiga terlihat cukup familiar, bukan? Memang bentuknya mirip sekali dengan samurai, yang artinya makhluk tersebut merepresentasikan arc atau cerita yang sedang berjalan saat ini yaitu Wanokuni. Oda sendiri pernah mengatakan bahwa Wanokuni menandai hampir 80% cerita One Piece. Lalu, yang menjadi pertanyaannya kemudian bagaimana dengan makhluk yang terakhir?

Dilihat secara sekilas, makhluk kerdil yang terakhir seperti menggunakan penutup kepala dengan sarung tangan. Bisa jadi, tempat selanjutnya berada di wilayah yang dingin. Tapi, tentunya kita masih perlu menunggu ceritanya dirilis untuk bisa tahu kemana arah selanjutnya.

Tapi, berdasarkan tiga makhluk sebelumnya dengan pakaian yang mereka gunakan mewakili cerita yang terjadi (dan akan terjadi), kemungkinan makhluk terakhir juga menjadi gambaran tentang arc terakhir atau bisa jadi arc selanjutnya dari cerita One Piece.

Tapi, sama seperti arc Marineford, bisa jadi sebelum kita menuju arc terakhir akan terdapat berbagai arc yang lebih kecil, atau disebut juga filler, yang akan terjadi terlebih dahulu. Mari kita nantikan saja perkembangan cerita selanjutnya dari One Piece ya Geeks, barulah kita tahu apakah benar Oda Sensei memang memberi petunjuk melalui makhluk-makhluk diatas.

Avatar
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.