Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa kelompok bajak laut Beasts adalah kelompok bajak laut yang sebagian besar anggotanya adalah pengguna buah iblis bertipe Zoan. Kaido sendiri bahkan adalah seorang pengguna buah iblis bertipe Zoan, tepatnya Mythical Zoan. Masih belum diketahui mengapa Kaido begitu terobsesi dengan mereka yang memiliki kekuatan Zoan.

Dan yang uniknya adalah mereka bukanlah pengguna Zoan biasa. Untuk para bawahannya, mungkin memang mereka adalah mengguna buah iblis Zoan biasa. Ada yang berubah menjadi ayam, jerapah, gajah, dan sebagainya. Namun, mereka yang memiliki posisi biasanya memiliki buah iblis Zoan yang tidak biasa alias Mythical Zoan. Dan sebagian besar dari mereka berjenis binatang purba atau dinosaurus.

Contoh yang paling nyata adalah Page One dan Ulti, yang sempat bertarung melawan Nami dan Usopp. Dan tentunya adalah Kaido, yang merupakan pemilik buah iblis Mythical Zoan Eastern Dragon. Ketika dia berubah menjadi sosok naga tersebut maka tubuhnya akan berubah menjadi sangat besar, bahkan sampai menutupi langit. Karena itulah wajah jika Kaido  menjadi sosok makhluk paling kuat di dunia.

Berbicara mengenai Kaido, masih ada misteri yang menyelimuti sosok ini, terutama mengenai sang anak yaitu Yamato. Apakah Yamato juga pengguna buah iblis Mythical Zoan? Pertanyaan ini kemudian terjawab di salah satu panel di chapter 996. Dalam momen tersebut Yamato masih berhadapan dengan Sasaki. Saat itu Yamato berusaha melindungi Shinobi dan Momonosuke yang sudah tidak berdaya.

Sasaki sempat menyerang Yamato, tapi semua serangannya tidak berguna dan tidak melukai Yamato sama sekali. Yamato juga melakukan serangan balik, yang dapat ditahan dengan baik oleh pasukan Sasaki dan persenjataannya. Namun, momen menarik terjadi ketika Sasaki mengatakan akan menghabisi Yamato. Dia terlihat akan berubah menjadi sosok yang mengerikan.

Di panel tersebut terlihat Yamato menumbuhkan gigi-gigi runcing dan juga taring yang tajam. Perubahan wujud tersebut membuat Sasaki terkejut. Namun, sebelum Yamato benar-benar berubah menjadi sosok monster, untungnya Hacha muncul bersama Franky dan menghancurkan lantai di tempat pertarungan tersebut sehingga membuat jalan bagi Yamato, Shinobu, dan Momonosuke.

Apa yang terjadi pada momen tersebut seolah mengkonfirmasi bahwa memang, Yamato adalah pengguna Mythical Zoan. Tapi, yang menjadi pertanyaannya adalah binatang mitologi apa yang diwakili oleh Yamato? Ada dua kemungkinan binatang yang bisa menjadi perwujudan dari Yamato. Yang pertama adalah sosok naga. Hal ini memang sesuai jika melihat dari apa yang dimiliki oleh Kaido yang merupakan pengguna buah iblis naga.

10 Mythical Dragon Entities You Should Know AboutNamun, jika Kaido adalah Azure Dragon atau Eastern Dragon, lalu naga apa yang yang menjadi wujud Yamato? Salah satu naga mitologi yang bisa jadi perwujudan Yamato adalah naga dari Kholkikos. Naga ini memiliki bentuk yang berbeda dengan naga kebanyakan, yang memiliki sisik. Naga Kholkikos justru dilapisi oleh bulu berwarna putih.

Naga kholkikos juga memiliki sifat yang lebih agresif dibandingkan naga kebanyakan. Naga ini tidak akan ragu menghabisi siapapun yang ada di jalannya. Agresifitas ini wajar mengingat dalam sejarah Yunani Kuno, Kholkikos memang ditugaskan untuk menjaga sebuah harta karun berharga di hutan suci Ares di wilayah Kolkhis. Selain menjadi penjaga harta berharga, Kholkikos juga dikenal sebagai sosok yang melambangkan kecantikan dan kedigdayaan.

Hal ini sesuai dengan apa yang digambarkan Yamato. Dia memiliki penampilan yang menarik dan cantik, sehingga menarik untuk dilirik. Dia juga memiliki kedigdayaan dimana dia adalah anak dari sang kapten, yang artinya dia memiliki kuasa dan wewenang seperti halnya sang ayah. Namun, tentunya Yamato lebih memilih untuk tidak menggunakan semua kelebihan tersebut.

Kemungkinan yang kedua dari pewujudan Yamato adalah harimau putih. Dalam mitologi Jepang, sosok makhluk harimau putih lekat dengan sosok Byakko. Byakko juga merupakan hewan yang merupakan penjaga salah satu arah mata angin, yaitu wilayah barat. Byakko sendiri memiliki kemampuan mengendalikan elemen besi.

Byakko_by_VyrilienWarnanya yang putih bersih dan indah, sering kali dikaitkan dengan musim dingin atau musim salju juga musim gugur. Sosok Byakko terkenal akan kekuatannya dan kebraniannya. Byakko juga  melambangkan para tentara yang berperang demi negaranya. Mengapa perwujudan Yamato adalah Byakko? Pertama, jika melihat gigi yang muncul terlihat seperti bukan gigi naga melainkan harimau.

Harimau sendiri bagi penduduk Jepang adalah musuh atau rival dari naga. Hal ini bahkan diaplikasikan dalam kehidupan nyata mereka, dimana terdapat wilayah Nagoya – yang diidentikan dengan naga – yang selalu dijadikan rival bagi wilayah Osaka – wilayah yang diidentikan dengan Harimau. Kedua wilayah ini selalu bersaing dalam berbagai hal.

Namun, yang harus dicatat adalah ini baru form awal perubahan Yamato artinya dia belum berubah sempurna. Artinya masih ada banyak kemungkinan terjadi. Lagipula, sosok Oda Sensei selalu berhasil menghadirkan kejutan-kejutan tidak terduga dimana mungkin yang selama ini diteorikan atau spekulasikan nyatanya meleset. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan form Zoan dari Yamato di chapter selanjutnya.