Pada tahun 1972, Marvel mulai memperkenalkan sosok Johnny Blaze, seorang antihero yang dikenal sebagai Ghost Rider. Banyak penggemar akhirnya menyukai karakter tersebut hingga akhirnya Marvel membuat berbagai versi Ghost Rider yang tersebar di berbagai timeline dan alternate universe. Untuk itu, mari kita mengenal satu persatu para Ghost Rider di Marvel Universe, tidak seluruhnya, namun mereka yang terkuat. Check this out!

Alejandra Jones

Event Fear Itself yang dirilis pada 2011 lalu, menjadi sebuah titik balik bagi beberapa karakter Marvel, dan Ghost Rider adalah salah satunya. Dalam cerita tersebut, Johnny Blaze ditipu oleh seseorang bernama Adam untuk menyerahkan kekuatan Ghost Rider miliknya. Karena dia benar-benar ingin kembali hidup normal, akhirnya Blaze pun menyerahkan kekuatan tersebut kepada Adam.

Kekuatan Spirits of Vengeance kemudian diberikan kepada sosok perempuan muda bernama Alejandra Jones. Sejak kecil, Jones memang sudah berlatih dan dipersiapkan untuk menjadi Ghost Rider berikutnya. Berkat latihannya tersebut, Jones bisa dibilang merupakan sosok Ghost Rider paling kuat dibandingkan yang lainnya. Menyadari “kesalahan” yang sudah dibuatnya, Blaze kemudian mencoba merebut kembali kekuatan Ghost rider, yang membuat setengah kekuatan Ghost Rider yang ada di dalam diri Jones pindah ke tangan Blaze.

Hal itu membuat Jones dendam kepada Blaze. Ghost Rider versi Alejandra Jones ini merupakan Ghost rider yang sangat mengedepankan sisi psikologis dari diri sang Ghost Rider. Dia bukan sosok villain, namun juga bukan seorang pahlawan. Sangat sulit untuk memutuskan kemana dia berpihak. Sayangnya, karakter Jones ini sudah mulai jarang tampil di cerita komik.

Deputy Kowalski

Pada tahun 2008, karakter bernama Deputy Kowalski mulai diperkenalkan di Ghost Rider universe. Awalnya Kowalski adalah manusia biasa. Saat sedang menginvestigasi sebuah tempat bernama Highway 18 (sebuah jalan yang terkenal akan kecelakan lalu lintasnya), investigasi yang dilakukannya kemudian mengarahkannya kepada sebuah rumah duka milik Wojciehowicz. Setelah sampai disana, Kowalski kemudian mengetahui jika pemilik dari rumah duka Wojciehowicz, yaitu Clayton Wojciehowicz, merupakan kanibal.

Dalam pertarungannya dengan Wojciehowicz, Kowalski harus kehilangan tangan kanannya. Kowalksi memang berhasil melarikan diri dan bertahan hidup, namun saat Ghost Rider datang untuk membunuh Wojciehowicz, Kowalski menolak hal itu dan karena itu ia harus bertarung melawan Ghost Rider.

Kowalski kalah dalam pertarungan tersebut dan kebencian terhadap sosok Ghost Rider pun tumbuh di dalam dirinya. Beberapa waktu setelah pertemuannya dengan Ghost Rider, Kowalski didekati oleh pelayan iblis dan memberikannya sebuah senjata shotgun spesial yang bisa membunuh Ghost Rider. Dengan senjata tersebut Kowalski pun mulai memburu Johnny Blaze dan dia berhasil menembaknya di dada. Akibat hal tersebut, Kowalski terkena “cipratan” energi dari Ghost Rider yang mengubahnya menjadi sosok villain, yaitu Vengeance.

Ghost Rider 2099

Di tahun 90an, para pembaca komik Ghost Rider disuguhkan dengan karakter Ghost rider versi masa depan melalui seri komik 2099. Berbeda dengan versi jadulnya dimana Ghost Rider memiliki kekuatan dari iblis, Ghost Rider versi modern tidak memiliki kekuatan tersebut.

Ceritanya sendiri berpusat pada seorang karakter bernama Kenshiro Cochrane, seorang anak muda dan merupakan ahli di bidang peretasan komputer (hacking). Dibantu oleh temannya, Kenshiro pergi dalam sebuah misi untuk mencuri sebuah potongan informasi. Sayangnya, di perjalanan mereka diserang oleh kelompok geng kejam dan membunuh teman-teman Kenshiro. Dia sendiri mampu melarikan diri, namun pada akhirnya Kenshiro juga berhasil dibunuh.

Karena hal tersebut, Kenshiro kemudian dipindahkan ke sebuah dunia virtual yang sangat aneh dimana dia disapa oleh makhluk-makhluk berbentuk digital. Para makhluk digital tersebut meyakinkan Kenshiro untuk kembali ke dunia nyata sampai akhirnya Kenshiro pun setuju. Dia kemudian mengunggah dirinya kepada sebuah tubuh robot yang membuatnya  berubah menjadi sosok Ghost Rider dari masa depan dengan tubuh barunya tersebut.

Michael Badilino

Pada tahun 1992, penulis komik Ghost rider Howard Mackie dan Ron Wagner, memperkenalkan seorang karakter baru ke dalam ceritanya yaitu Michael Badilino. Saat dia masih kecil, Badilino harus menghadapi sebuah tragedi yang sangat menyedihkan. Ayah Badilino, Badilino Sr. diserang oleh Ghost Rider versi Johnny Blaze (yang saat itu belum bisa mengendalikan iblis Ghost rider). Badilino Sr. berubah menjadi gila setelah serangan tersebut dan membunuh istri dan anak perempuannya, meninggalkan Michael sendirian.

Setelah tragedi itu, Michael kemudian tumbuh dengan rasa dendam yang ada di dalam dirinya kepada sosok Ghost Rider setelah apa yang dia lakukan terhadap keluarganya. Saat dewasa, dia kemudian membuat kesepakatan dengan Mephisto untuk menjadikannya sosok yang mirip seperti Ghost rider, yang disebut Vengeance. Saat akan Michael memiliki misi untuk balas dendam, dia menyadari bahwa ada hubungan darah antara dia dengan sosok Johnny Blaze. Michael kemudian mulai melupakan misinya untuk balas dendam, dan justru berubah menjadi sosok pahlawan dengan kekuatan yang dia miliki tersebut.

Sayangnya, petualangannya menjadi seorang pahlawan tidak berlangsung lama. Michael diculik oleh Anton Hellgate, seorang villain yang sangat terobsesi dengan kekuatan Ghost Rider. Michael sendiri memang dibebaskan, namun mentalnya justru berubah menjadi tidak stabil. Dia kemudian mulai membunuh seluruh rekan kerjanya, sampai akhirnya dia menyadari apa yang dia lakukan dan memutuskan untuk bunuh diri.

Spirits of Vengeance

Ghost Rider sering kali muncul di bumi. Bumi memang selalu menjadi tempat  utama bagi karakter Ghost Rider. Namun, sosok Ghost Rider ini berbeda lantaran ia muncul dari luar angkasa. Bahkan, dia juga pernah menjadi bagian dari Guardians of the Galaxy selama beberapa waktu. Hal ini terjadi saat Jim Valentino, memutuskan untuk memasukan unsur fun ke dalam cerita GOTG dengan mengeksplor lebih jauh tentang tim tersebut.

Jim pun memilih Ghost Rider untuk bergabung dengan tim GOTG. Karena berasal dari masa depan, karakter dibalik Ghost Rider pun berbeda. Bukan Johnny Blaze, melainkan Wileaydus Autolycus, seorang mantan pendeta yang dikecewakan oleh gerejanya sendiri. Karena putus asa ingin merubah dunia menjadi lebih baik, dia pun kemudian menggunakan kekuatan dari Ghost Rider dan menggunakan nama “Spirits of Vengeance.”

Beberapa waktu setelah dirinya memiliki kekuatan Ghost Rider, Autolycus kemudian bertemu dengan tim GOTG. Pada awalnya, dia menganggap mereka adalah musuh. Namun, setelah mengetahui faktanya Autolycus justru bergabung dengan tim GOTG. Sayangnya, “sinar” dari Spirits of Vengeance tidak terlalu terlihat di bawah bayang-bayang tim GOTG

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
3