Ada banyak hal yang menarik yang ditampilkan di chapter 52 dari manga Boruto: Naruto Next Generation. Beberapa diantaranya adalah tentang mode baru Naruto, Baryon, bagaimana mode tersebut bekerja, dan juga ketika Boruto tersadar dengan mata yang berbeda menandakan bahwa Boruto kemungkinan akan kehilangan kesadaran dirinya dan diambil alih oleh Momoshiki.

Namun, selain itu semua ada hal menarik lainnya yang mungkin luput dari perhatian Geeks semua. Jika diperhatikan, Sasuke hampir tidak bisa berbuat banyak ketika pertarungan tersebut terjadi. Sasuke cenderung diam dan hanya memperhatikan apa yang terjadi kepada Naruto dan Isshiki. Apa yang sebenarnya terjadi pada Sasuke? Apakah Sasuke sudah tidak lagi sanggup menghadapi Isshiki?

Jika kita menilik ke belakang, Sasuke selalu memiliki sikap yang pantang menyerah dan tidak pernah mau kalah dari Naruto. Sasuke selalu memiliki keinginan untuk lebih kuat dari Naruto dan menjadi seorang shinobi hebat. Dan mimpinya pun sekarang terwujud dimana Sasuke dan Naruto menjadi shinobi terkuat di dunia. Namun, kekuatan keduanya kemudian diuji sampai titik terakhir ketika mereka berhadapan dengan kaguya Otsutsuki.

Hampir semua serangan mereka tidak bisa memberikan efek apapun terhadap Kaguya. Namun, yang menarik adalah sikap mereka yang tidak menyerang. Bersama-sama dengan Sakura, Naruto dan Sasuke kemudian menggunakan teknik segel Chibaku Tensei untuk mengurung Kaguya Otsutsuki. Meskipun mereka tidak mengalahkan kaguya secara fisik, tapi mereka berhasil membuat Kaguya tidak berdaya.

Situasi serupa sekarang sedang dihadapi oleh Naruto dan Sasuke – serta Boruto – dimana mereka tidak mampu melayangkan satu serangan pun ke arah Isshiki. Hal ini tentunya membuat mereka frustasi. Sasuke sendiri tidak bisa berbuat banyak. Doujutsu yang dia miliki tidak berguna terhadap Isshiki, karena memang dia sangat kebal terhadap ninjutsu atau genjutsu.

Di chapter 52 ini, Sasuke sendiri mengakui bahwa semua gerakan yang dilakukan Isshiki sangatlah cepat bahkan hampir sulit untuk diikuti oleh Sharingan. Sasuke seolah sudah kehilangan kontribusinya terhadap tim dan seakan-akan sudah menyerah. Apakah artinya Sasuke benarbenar sudah tidak berdaya dalam pertarungan ini?

Jika memang itu masalahnya, seharusnya ada sebuah keterangan yang memperlihatkan bahwa Sasuke memang sudah tidak mampu lagi – misalnya dengan menyatakan bahwa dia sudah tidak memiliki chakra lagi atau semacamnya. Namun, melihat situasinya saat ini seharusnya Sasuke masih memiliki sisa chakra yang cukup banyak, dan itu cukup untuk membantu Naruto. Misalnya mencegah Isshiki menggapai leher Naruto dengan cara menendangnya.

Contoh lainnya adalah membantu Naruto menghindari serangan-serangan yang datang – misalnya memberi tahu tentang adanya kotak-kotak besar yang akan menimpa Naruto dan dengan segera memindahkan Naruto. Tapi, pertarungan belum selesai yang artinya Sasuke masih memiliki waktu untuk memberikan kontribusinya dalam pertarungan tersebut.

Mungkin ada alasan tertentu mengapa Sasuke tidak melakukan apapun, dan alasan yang paling logis adalah mempersiapkan chakra dan energinya untuk membangkitkan kembali Naruto dengan Rinnegannya jika Naruto benar-benar tewas. Seperti yang kita ketahui, menggunakan teknik Rinnegan dan membangkitkan mereka yang sudah mati akan membutuhkan chakra yang sangat banyak.

Sasuke bukanlah sosok yang impulsif seperti Naruto. Sasuke adalah sosok yang penuh dengan perhitungan dan sosok yang cerdas. Bisa jadi, saat ini dia sebenarnya sedang memperhatikan situasi, mengkalkulasi peluang dan mencari celah bagaimana caranya mereka bisa menang. Karena itulah Sasuke lebih memilih untuk diam dan memahami situasinya. Atau mungkin juga dia menunggu waktu yang tepat untuk menyerang. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dilakukan oleh Sasuke dalam pertarungan ini.