Bucky Barnes tidak memiliki masa depan MCU yang jelas setelah serial The Falcon and The Winter Soldier. Tapi, dia bisa menjadi pemimpin Thunderbolt di Marvel Cinematic Universe Fase 4. Selepas Avengers: Endgame, Fase 4 pastinya akan memperkenalkan beberapa karakter villain, superhero, dan tim super Marvel baru, seperti Shan-Chi, The Eternals, dan masih banyak lainnya. Meski begitu, Marvel Studios tidak melupakan karakter-karakter yang sudah ada. Doctor Strange, Spider-Man, dan lainnya akan kembali dengan sekuelnya, sementara Disney + membuka jalan baru bagi karakter MCU untuk berkembang.

Salah satu karakter MCU yang akan berkembang di Disney + adalah Sebastian Stan yang masih berperan sebagai Bucky alias Winter Soldier. Dia membintangi The Falcon and The Winter Soldier bersama Anthony Mackie, dengan pertunjukan tersebut memberikan keduanya kesempatan untuk memimpin proyek MCU. Perjalanan Bucky ke MCU hingga saat ini telah menjadi karakter pendukung cerita Captain America, tetapi itu akan berubah dengan pertunjukan Disney +.

Detail plot telah dirahasiakan, tetapi itu akan melanjutkan cerita Bucky setelah mengucapkan selamat tinggal kepada Steve Rogers di Avengers: Endgame. Bagian dari perjalanan ini akan mencakup Bucky dengan memotong rambutnya, dan kondisinya sekarang telah terbebas dari pencucian otak Hydra berkat bantuan Shuri di Wakanda.

Masa depan Bucky selanjutnya akan dikisahkan bersama Sam Wilson (Falcon) untuk saling bekerja sama, tapi mereka tidak lantas langsung menjadi teman ketika The Falcon and The Winter Soldier dimulai. Mereka bisa bersatu untuk mencegah John Walker yang menyakiti warisan Captain America, dan pada akhirnya melawan Baron Zemo, tapi apa yang terjadi setelahnya? Secara teoritis mungkin dia akan menjadi pemimpin tim Thunderbolt MCU.

Tanpa Steve Rogers, Masa Depan Bucky Tidak Jelas

Sejak Bucky bergabung dengan MCU, dia telah menjadi bagian besar dari kisah Steve Rogers/Captain America. Kematiannya yang tampak selama Perang Dunia II sangat membebani Steve, namun Bucky ditemukan oleh Arnim Zola, dan diubah menjadi mesin pembunuh super untuk Hydra. Setelah 70 tahun kemudian, Steve lalu membantu mengingatkan beberapa kenangan, dan karakteristik asli Winter Soldier agar dirinya kembali menjadi Bucky Barnes seutuhnya. Di akhir Avengers: Endgame, Steve membuat keputusan untuk menua bersama Peggy Carter, dan meninggalkan Bucky tanpa masa depan yang pasti.

Di akhir Endgame juga, Marvel Studios tidak memilih Winter Solder untuk melanjutkan langkah menjadi sosok Captain America, dan malah memilih Falcon sebagai karakter yang pantas untuk itu. Tapi, tentu saja itu tidak akan secara langsung terjadi setelah MCU memperkenalkan John Walker di The Falcon and The Winter Soldier. Marvel rasanya belum tahu apa yang harus dilakukan dengannya baru-baru ini, karena dia kurang terlibat secara penuh di Fase 3 setelah perang pentingnya di dalam Captain America: Civil War.

Berkat beberapa cerita dari Marvel Comics baru-baru ini, ada kemungkinan masa depan Bucky masih bisa dipertahankan dengan dirinya menjadi pemimpin terbaru Thunderbolt. Dia akan memimpin sebuah tim yang terdiri dari, Atlas, Moonstone, Mach-X, dan Fixer, dengan prioritas melindungi Kobik, manifestasi dari Cosmic Cube. Tugasnya dengan Thunderbolt tidak berlangsung lama karena Baron Zemo dan Master of Evil tampaknya membunuhnya selama Secret Empire. Meski begitu, posisi kepemimpinan Bucky bisa diterjemahkan ke dalam MCU.

Thunderbol Dipersiapkan di The Falcon and The Winter Soldier

Marvel Studios belum secara resmi mengumumkan rencana untuk membentuk Thunderbolt di MCU, tapi The Falcon dan The Winter Soldier akan menjadi tempat yang pas untuk memunculkannya. Kembalinya Baron Zemo dengan mengenakan topeng ungu adalah tanda bahwa Marvel mendorong karakter tersebut lebih dekat dengan keaslian komiknya. Zemo menciptakan tim Thunderbolt pertama di komik setelah banyak anggota Avengers meninggal. Sekarang, barisan Avengers di MCU pun mengalami kerugian besar setelah kejadian di Avengers: Endgame.

Fans sudah lama ingin melihat Thunderbolt di MCU selama bertahun-tahun, tapi sejauh ini, Zemo adalah satu-satunya anggota tim yang dikonfirmasi berada di The Falcon and The Winter Soldier. Ada desas-desus bahwa Erin Kellyman berperan sebagai Songbird, dan Miki Ishikawa berperan sebagai Jolt, sementara spekulasi tentang beberapa pemeran terkenal lainnya tanpa peran yang dikonfirmasi menunjukkan bahwa mereka juga memerankan anggota Thunderbolt. Apakah spekulasi dan rumor itu benar atau tidak, masih belum pasti. Namun, kembalinya Zemo sudah cukup untuk menunjukkan bahwa Thunderbolt mungkin ada dalam rencana Marvel.

Tapi, ada juga beberapa bukti potensial bahwa Zemo bukanlah penjahat di The Falcon and The Winter Soldier. Set foto menunjukkan Zemo bekerja dengan Falcon dan Bucky, bukan melawan mereka, sementara cuplikan dari serial tersebut termasuk Bucky menolak untuk menembaknya. Jika Zemo bukan penjahatnya, dia berpotensi mengubah persepsi publik dan berperan sebagai pahlawan.

Bucky Memimpin Thunderbolt Masuk Akal

Dalam versi komik, Zemo mendirikan Thunderbolt dengan trik membuat para penjahat secara diam-diam mengambil identitas baru sebagai sosok pahlawan yang heroik. Marvel Studios nampaknya tidak akan menjalankan ceritanya ke arah seperti itu. Jika Thunderbolt akan berada dalam film, atau serial Disney +, Marvel tidak akan bisa merahasiakan bahwa “pahlawan” adalah penjahat. Ini bisa memaksa MCU untuk membuat Thunderbolt lebih seperti Suicide Squad milik DC.

Alih-alih Zemo, atau bahkan Thunderbolt Ross sebagai Red Hulk, memimpin barisan Thunderbolt MCU, Bucky bisa dipanggil untuk memimpin mereka. Dengan Spider-Man: Far From Home mengonfirmasi Bucky dipandang sebagai pahlawan di depan umum, tindakan masa lalunya sebagai pembunuh mematikan yang bertanggung jawab atas kematian Howard Stark, dan bahkan JFK mungkin bisa dimaafkan.

Bekerja sama dengan Zemo di The Falcon dan The Winter Soldier akan menjadi cara baginya untuk menunjukkan bahwa dia dapat mengambil alih komando Thunderbolt, dan menunjukkan jalan yang berbeda kepada mereka. Jika Steve Rogers adalah salah satu anggota dan pemimpin terhebat Avengers, maka Bucky mempunyai sesuatu hal yang cukup berbeda, ia kemudian bisa mendapatkan kesempatan untuk memimpin timnya sendiri, yang diisi oleh beberapa nama yang karakternya tidak jauh berbeda dengan sosoknya dulu.