Sebagai orang terkuat nomor dia di kelompok Topi Jerami dan merupakat kru pertama yang direkrut oleh Luffy, Zoro sudah sering terlibat dalam sebuah pertarungan. Dia adalah seorang ahli pedang, sehingga rasanya akan sangat menarik ketika melihat Zoro bertarung melawan musuh yang juga menggunakan pedang sebagai senjata utama mereka.

Berbagai pertarungan tersebut terus menjadi bukti bahwa dia memang bisa dan memiliki peluang untuk menjadi seorang ahli pedang terhebat di dunia. Namun, tentunya Zoro masih harus mengarungi petualangan yang panjang dan berbagai musuh yang kuat untuk bisa kemudian mewujudkan mimpinya tersebut. Berikut adalah berbagai pertarungan Zoro yang sangat epik sejauh ini.

Cabaji

Cabaji adalah salah satu dari anggota kelompok bajak laut Buggy dan merupakan musuh pertama yang Zoro hadapi di seriesnya. Pada awalnya, dalam pertarungan ini Cabaji terlihat mampu menyeimbangi kemampuan dari Zoro. Namun, ternyata kemampuan Zoro sedikit berkurang akibat luka yang dialaminya karena ulah Buggy. Ketika Zoro memutuskan untuk serius melawan Cabaji, Zoro mampu mengalahkannya dengan mudah dan sama sekali bukan masalah. Inilah pertama kalinya para fans diperlihatkan kemampuan dahsyat Zoro.

Ohm

Ohm adalah sosok musuh yang memiliki pedang luar biasa, yang bahkan memberikan Zoro sedikit masalah pada awalnya. Namun, tentunya di akhir cerita Zoro mampu menangani hal itu. Pertarungan ini tidak berlangsung lama, bahkan sepertinya dalam pertarungan ini Ohm sama sekali tidak mengeluarkan kemampuannya. Hanya pedangnya saja yang terlihat merepotkan Zoro.

Ohm sendiri memang bukanlah pengguna pedang yang baik. Namun, hal yang menarik dari pertarungan ini adalah kita melihat teknik 108-pund cannon milik Zoro untuk yang pertama kalinya. Ini merupakan sebuah pertarungan yang cukup menarik, namun dalam pertarungan ini kita bisa melihat dengan jelas seberapa jauh kemampuan dari Zoro dalam berpedang.

Hatchan

Pertarungan ini bisa dibilang menarik dibandingkan luar biasa. Mengapa begitu? Sampai sejauh ini, Zoro belum pernah menghadapi musuh yang mampu menandingi kemampuannya untuk menggunakan lebih dari dua pedang. Dialah satu-satunya orang yang melakukan hal tersebut, sampai kemudian Zoro bertemu dengan Hatchan, manusia ikan berbentuk gurita, yang memiliki enam tangan.

Itu artinya dia memiliki dan menggunakan pedang dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Zoro. Pada pertarungan ini, Zoro sendiri sebenarnya terluka parah akibat pertarungan sebelumnya melawan Mihawk, sehingga dia tidak bisa menggunakan seluruh kekuatannya. Meskipun Zoro kalah jumlah pedang, namun dia nyatanya tetap mampu mengalahkan Hatchan.

Mihawk

Pertarungan melawan Mihawk adalah pertarungan yang sangat berarti dalam hidup Zoro dan bahkan sampai merubah hidupnya. Pertarungan melawan Mihawk adalah kekalahan yang paling “mengerikan” dalam hidup Zoro. Sedari awal kemampuan Mihawk sudah sangat jauh di atas Zoro, namun Zoro masih tetap berusaha untuk menantang Mihawk dengan kemampuannya.

Pertarungan ini memang tidak terlalu epik seperti pertarungan lainnya, karena MIhawk sendiri hanya menggunakan sebuah pisau kecil yang dilapisi Haki untuk melawan Zoro. Sedangkan Zoro sendiri harus terluka parah akibat serangan Mihawk, terlepas dia sudah mengerahkan semua kekuatannya. Kekalahan inilah yang kemudian memotivasi Zoro untuk terus menjadi kuat, dan Zoro sendiri berjanji inilah kekalahan terakhir yang akan dia alami.

Hawkins

Hawkins dan Zoro merupakan bagian dari kelompok Worst Generation dan juga Supernova. Mereka adalah bajak laut pemula yang memiliki nilai buruan diatas 100 juta Belly, dan diperkenalkan di arc Sabaody. Pertarungan sempat terjadi diantara mereka saat arc Wanokuni. Hawkins sendiri belum pernah diperlihatkan bertarung secara serius, dan Zoro sendiri belum melakukan yang terbaik dalam pertarungan sejak time-skip terjadi.

Yang disayangkan dari pertarungan ini adalah kita tidak tahu siapa yang menjadi pemenangnya. Zoro dan Luffy kemudian pergi dari Hawkins, sehingga sebenarnya tujuan dari pertarungan tersebut adalah untuk kabur atau melarikan diri, dan bukan untuk mengalahkan musuhnya. Meskipun begitu, Zoro membuktikan bahwa dia lebih superior dari Hawkins.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2