Dalam penayangan seri anime Toonami: Pre-Flight pada 14 November kemarin, terdapat sebuah pengumuman yang cukup mengejutkan. Pihak Adult Swim mengumumkan bahwa seri anime SSSS.Gridman akan ditayangkan juga di platform tersebut pada Januari 2021 mendatang. Anime ini sebenarnya dirilis pada 2018 kemarin, dan sudah dirilis di berbagai penyedia jasa streaming. Sayangnya, respon yang didapatkan kurang begitu maksimal meskipun seri ini memiliki banyak penggemar.

SSSS.Gridman berakar pada sebuah acara Tokusatsu Denkoy Choujin Gridman yang dirilis pada 1993 silam. Acara tersebut merupakan acara live-action tokusatsu yang erfokus pada sosok karakter utamanya, Gridman, yang bersatu dengan seorang remaja pria bernama Naoto Sho. Hal ini membuatnya mampu menghadapi para monster di dunia digital.

Selain mampu mengeluarkan berbagai serangan sinar, Gridman juga bisa tumbuh menjadi besar, membuatnya menjadi sosok raksasa. Tapi, kekuatan dahsyat ini hanya bisa dilakukan dalam batas waktu tertentu. Sebagian Geeks mungkin familiar dengan konsep SSSS.Gridman, karena terdengar mirip dengan Ultraman, yang mana memang bukan hal mengejutkan karena SSSS.Gridman memang dibuat dibawah studio yang sama yaitu Tsuburaya Production, perusahaan dibalik franchise Ultraman.

Watch SSSS.GRIDMAN (Simuldub) | Prime VideoPada 2017 kemarin dalam acara Anime Expo, pihak Tsuburaya Production sempat mengumumkan bahwa mereka akan merilis sebuah franchise Gridman yang baru. Bukan live-action melainkan anime, yang kemudian diberi nama SSSS.Gridman. Pada momen tersebut juga pihak Tsuburaya mengumumkan bahwa anime ini akan dikerjakan oleh studio animasi TRIGGER.

Studio animasi tersebut terkenal karena berbagai proyek besar seperti Kill la Kill, Little Witch Academia, dan Darling in the Franxx. Ini bukan pertama kalinya kedua studio melakukan kerja sama. Di tahun 2015, mereka juga sempat bekerja sama untuk sebuah proyek film animasi singkat Denkou Choujin Gridman: boys invent great hero yang tayang di Japan Animator Expo.

SSSS.Gridman sendiri berkisah tentang seorang remaja pria bernama Yuuta Hibiki. Yuuta adalah seorang murid kelas 1 SMA di kota Tsutsujidai. Namun, Yuuta memiliki sebuah masalah besar. Dia memiliki amnesia dan tidak bisa mengingat apapun tentang dirinya. Dia hanya duduk termenung dan terdiam sambil menatap sebuah komputer tua yang selalu menyebutkan apa sebenarnya tujuan hidup Yuuta, dan awalnya, Yuuta merasa kebingungan dengan apa yang terjadi.

Tapi, ketika kaiju mulai menyerang kota tersebut, Yuuta kemudian tersadar bahwa dia sudah masuk ke  sebuah dunia digital dimana dia bersatu dengan sosok Gridman, membuatnya mampu untuk menjadi sosok Gridman dan muncul di dunia nyata untuk menghadapi para monster tersebut. Namun, ketika pertarungan tersebut selesai, Yuuta menyadari ada hal yang aneh.

Ketika sang kaiju dikalahkan, maka ingatan semua orang akan menghilang. Dan mereka yang tewas dalam serangan kaiju tersebut akan benar-benar dilupakan. Yuuta kemudian bergabung dengan beberapa teman sekelasnya untuk membentuk Gridman Alliance atau aliansi Gridman sehingga mereka bisa mencari tahu dari mana asal usul kaiju tersebut dan menolon Yuuta mengembalikan ingatannya.

SSSS.Gridman Episode 12 Discussion - Forums - MyAnimeList.netTapi, ternyata bukan mereka saja murid-murid yang tertarik dengan Gridman. Beberapa murid SMA tempat Yuuta berada ternyata merupakan bagian dari Neon Genesis Junior High Students. Para murid tersebut adalah Hyper Agents yang menyamar, dan mereka bergabung dengan Gridman untuk membantunya mendaptkan kekuatan dan senjata baru yang sangat kuat.

SSSS.Gridman diketahui memililki desain karakter yang sangat memorable dan juga bervariasi, terutama desain dari para kaijunya. Drama para karakter manusianya pun sangat erat dengan kehidupan sehari-hari, dan plot yang ditampilkan pun penuh dengan twist yang menarik sehingga membuat kita betah untuk menonton serinya.

Namun, tentu saja seperti dalam seri tokusatsu lainnya, SSSS.Gridman sangat mengedepankan adegan pertarungan antara Gridman melawan para kaiju. SSSS.Gridman ternyata bukanlah seri terakhir dari seri ini, karena pada 2019 kemarin dalam acara Tsubucon pihak Tsuburaya mengatakan bahwa mereka akan mengerjakan seri lainnya yaitu SSSS.DYNAZENON yang merupakan kelanjutan dari SSSS.Gridman.

Yang menarik adalah SSSS.DYNAZENON akan berada di universe yang sama dengan Gridman dan universe tersebut akan diberi nama “Gridman Universe.” Sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui kapan jadwal perilisannya. Namun, ada kemungkinan jika serinya akan mulai dirilis pada 2021 mendatang.