Edward Newgate alias Whitebeard merupakan orang yang dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia dan orang yang paling dekat dengan One Piece, setelah Gol D. Roger tewas. Namun, sayangnya titel sebagai manusia paling kuat di dunia ini sepertinya banyak diragukan oleh sebagian para fans. Mereka menganggap bahwa Whitebeard pada kenyataanya tidak sesuai dengan julukan tersebut.

Lalu, apakah Whitebeard benar adalah manusia paling kuat di dunia? Jawabannya adalah ya, Whitebeard adalah manusia paling kuat di dunia. Tapi, mengapa dia tidak sanggup menyelamatkan Ace dan tewas dalam pertarungan di Marineford? Perlu diingat bahwa seperti diperlihatkan dalam ceritanya, pada saat itu kondisi Whitebeard sudah sangat tua dan sakit-sakitan. Meskipun begitu, titel sebagai manusia paling kuat tetap berada di pihaknya.

Sengoku, Garp, dan para angkatan laut senior lainnya pun mengakui bahwa Whitebeard adalah sosok yang paling kuat di dunia. Bahkan, Whitebeard memiliki kekuatan untuk bisa menghancurkan dunia. Vivre Card Vol. 4 sendiri mengkonfirmasi bahwa Whitebeard mendapatkan julukan sebagai manusia paling kuat di dunia jauh sebelum Great Age of Pirates atau era besar bajak laut. Whitebeard memegang titel ini meskipun ada Roger pada saat itu.

Whitebeard dan Roger diketahui sudah sering bertarung satu sama lain, dan tidak ada dari mereka yang menang. Titel dari raja bajak laut yang disandang Roger sebenarnya bisa diartikan bahwa Roger adalah orang yang paling bebas selautan, dan tidak ada hubungannya dengan level kekuatan. Big Mom pun pada era tersebut masih aktif dan sangat muda. Namun, meskipun Big Mom kuat tetap saja namanya berada di bawah bayang-bayang Roger dan Whitebeard.

Shanks, Kaido, dan Big Mom sendiri menghormati sosok Whitebeard karena mereka memiliki ceritanya masing-masing bersama Whitebeard. Bahkan Big Mom sendiri memiliki penilaian yang sangat luar biasa terhadap sosok Whitebeard, dibandingkan Yonko lainnya. Untuk bisa mengalahkan Whitebeard, Big Mom bahkan membutuhkan bantuan dari para suku raksasa.

Shanks sendiri disebut-sebut memiliki kekuatan yang sama dengan Whitebeard, namun yang perlu menjadi catatan adalah Whitebeard yang dimaksud adalah Whitebeard di era sekarang dan bukan di era keemasannya. Jika Whitebeard mau, dia bisa saja pergi ke Laugh Tale dan menemukan One Piece setelah Roger tewas, namun dia memutuskan untuk tidak melakukannya karena dia tidak tertarik.

Sebenarnya, meskipun Whitebeard di era sekarang sudah sakit-sakitan dan tidak lagi berada di kondisi primanya namun Whitebeard tetaplah sangat kuat. Buktinya dia mampu membuat Sakazuki terluka parah, dia mampu membuat markas angkatan laut hancur, dan mampu bertahan dari berbagai serangan angkatan laut sampai dia tewas.

Dia tewas dengan ratusan tusukan pedang, ratusan peluru, dan juga bagian wajah yang hilang sebagaian. Jadi, pendapat mengenai Whitebeard adalah sosok yang lemah sebenarnya tidak valid, karena di dunia One Piece tidak ada lagi orang yang mampu melakukannya – sebelum kemudian Blackbeard mengambil buahnya. Jadi, rasanya memang pantas Whitebeard menyandang gelar manusia paling kuat di dunia.